Cara Merawat Pleci Bakalan Supaya Gacor

Burung pleci merupakan jenis burung yang berukuran hingga 12 cm. Tubuh burung pleci ini mempunyai warna hijau pada bagian atasnya seperti zaitun. Tunggrinya mempunyai perpaduan warna yaitu kuning serta hijau yang mencolok. Bagi anda yang baru memelihara jenis burung pleci ini, tentu harus mengetahui cara merawat pleci bakalan supaya cepat gacor.

news.detik.com

Pleci merupakan salah satu jenis burung yang gemar beraktivitas di dalam hutan, khususnya di daerah perbukitan. Adapun jenis makanan utama pleci ini yaitu serangga. Sedangkan untuk jenis makanan tambahannya yaitu berbagai jenis buah-buahan. Sebenarnya, untuk mempunyai pleci yang gacor ini anda dapat membeli jenis pleci yang sudah terlatih. Hanya saja akan membutuhkan biaya yang besar dalam membelinya.

Cara Merawat Pleci Bakalan

Bagi anda yang membeli pleci bakalan juga dapat melatihnya menjadi burung pleci yang gacor. Anda dapat melakukan berbagai cara merawat pleci bakalan dengan baik.

jenisburung.co

Pakan Untuk Pleci

Dalam tips cara merawat pleci bakalan ini, anda harus dapat mengetahui jenis makanan yang bagi bagi burung pelci anda. Untuk jenis pakan voer, sebaiknya anda menggunakan pakan voer khusus burung pleci. Pakan voer tersebut yaitu 220 volt.

Sedangkan untuk buah-buahan sendiri, anda dapat memberikan jenis buah apel, tomat, pepaya dan lainnya. Hal ini dilakukan dengan cara berseling-seling. Anda juga dapat memberikan jenis makanan berupa ulat atau kroto dalam seminggu 2 kali.

Tahap Pengembunan

Cara merawat pleci bakalan selanjutnya yaitu dengan tahan pengembunan. Anda dapat melakukan tahap pengembunan ini di saat pagi hari sekitar jam setengah 5 pagi sebelum matahari terbit. Caranya dengan mengeluarkan burung pleci anda kemudian digantung di halaman rumah. Lebih baik jika digantung pada pohon supaya pleci dapat menghirup udara yang segar.

Penjemuran dan Pemandian Burung

Tahap penjemuran ini anda dapat memulai saat matahari terbit dipagi hari. Hidari menjemurnya pada saat siang hari, sebab dapat membuat burung anda mengalami dehidrasi.

Tahap penjemuran ini sebaiknya anda lakukan selama 10 menit saja. Kemudian mandikan burung tersebut dengan cara menggunakan spray atau penyemprotan. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran burung pleci anda di sangkarnya dan angin-anginkan setelah dimandikan.

Pemasteran

Cara merawat pleci bakalan selanjutnya yaitu tahap pemasteran. Dalam tahan ini anda dapat melakukan pada saat siang hari setelah burung tersebut dimandikan. Selain itu, anda juga melakukan pada saat sore hari. Cara pemasteran ini dengan cara menggantungkan pleci pada sangkar.

Pancinglah pleci dengan menggunakan suara burung pleci lainnya. Sedangkan untuk sore hari, anda dapat menggantung burung tersebut dengan sangkar tertutup.

Gantangan

Dalam tahap gantangan ini yaitu mempertemukan pelci dengan burung pleci lainnya. Tujuannya yaitu untuk dapat mengetahui besar nyali burung pelci yang dimiliki.

Adapun untuk melakukan tahap ini anda dapat melakukan sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu.

Ajak Jalan-Jalan

Dengan mengajak jalan-jalan, maka burung pleci tersebut akan merasa lebih nyaman berada di alam bebas. Burung tesebut sangat gemar bekelana pada satu tempat ke tempat lain. Jika ada waktu, maka anda dapat mengikut sertakan burung pleci anda tersebut dalam kegiatan latber.

Selain beberapa point diatas, dalam pola harian perawatan pleci memang harus berhati-hati. Terutama pada saat memberikan pakan pleci bakalan berupa ekstra fooding.

Banyak yang mengatakan bahwa pemberian EF secara berlebihan akan menimbulkan dampak kurang baik bagi burung tersebut. Sebab pakan tersebut dapat mengakibatkan gizi tidak seimbang dan berimbas buruk bagi tubuhnya.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar