Cara Merawat Pleci Bakalan Agar Cepat Bunyi Nyaring

Apakah anda ingin tahu bagaimana cara merawat pleci bakalan agar cepat bunyi? Sebelum kita jelaskan pembahasannya lebih lanjut, terlebih dahulu kita akan bahas tentang burung ini. Pleci adalah burung yang memiliki ukuran sekitar 12 cm.

Pleci memiliki tubuh bagian atas yang berwarna hijau seperti zaitun. Selain itu, tunggir nya mempunyai perpaduan warna antara hijau dan kuning yang mencolok.

Kalau anda baru saja memelihara burung pleci, pastinya ingin tahu kan cara merawat pleci bakalan agar cepat bunyi. Untuk itu, anda harus tahu seperti apa karakter pleci terlebih dahulu.

Inilah Cara Merawat Pleci Bakalan Agar Cepat Bunyi

Cara Merawat Pleci Bakalan Agar Cepat Bunyi Nyaring
manukgacor.com

Burung pleci adalah jenis burung yang gemar beraktivitas di bagian tengah dan atas kanopi hutan di hutan primer. Terutama pada daerah perbukitan. Pakan utama burung pleci adalah serangga sedangkan untuk pakan tambahan adalah aneka buah-buahan.

Sebenarnya jika anda ingin mempunyai pleci gacor atau cepat bunyi bisa saja anda beli pleci juara yang telah terlatih sebelumnya. Namun itu tentu akan memerlukan biaya besar.

Untuk anda yang ingin membeli pleci bakalan tentu dapat juga melatih burung pleci. Supaya cepat bunyi dengan mengikuti cara merawat pleci bakalan yang akan dijelaskan di bawah ini.

Berikan pakan yang sesuai untuk pleci

Dalam cara merawat pleci bakalan anda harus tahu seperti apa jenis pakan yang baik untuk pleci. Saat memilih pakan voer, sebaiknya pakailah voer khusus untuk burung pleci yakni voer 220 volt.

Sementara itu, untuk jenis buah-buahan anda dapat memberinya pepaya, tomat, apel merah dan lain sebagainya secara selang seling. Selain itu, bisa juga anda berikan kroto atau ulat sebanyak seminggu dua kali.

Pengembunan

Burung Pleci
Burungnya.com

Dalam merawat pleci bakalan harus melalui tahap pengembunan. Anda dapat melakukan proses pengembunan ini pada waktu pagi saat matahari belum terbit. Umumnya pemilik pleci dapat mengembunkan pleci ketika jam 05.00 pagi.

Caranya adalah dengan mengeluarkan pleci bakalan, kemudian digantung di halaman rumah. Akan lebih baik bila digantung di pohon supaya pleci bisa menghirup udara segar.

Pemandian dan penjemuran pleci

Anda bisa mulai menjemur pleci saat matahari terbit pagi hari. Hindari ketika sudah siang. Karena ini dapat membuat pleci dehidrasi. Tahap penjemuran cukup dilakukan 10 menit saja.

Setelah dijemur, lalu mandikan pleci bakalan lewat spray dengan semprotan yang halus. Jangan lupa bersihkan kotoran sangkar pleci sambil burung pleci diangin-anginkan. Setelah dimandikan, penjemuran atau angin-anginan burung pleci ini dapat memakan waktu 2 jam.

Pemasteran

Dalam tahap pemasteran dapat dilakukan saat siang hari setelah burung selesai dimandikan, atau dapat juga waktu sore. Cara pemasteran pertama ketika siang hari, pleci bakalan digantung dengan posisi sangkar terbuka. Kemudian pancing pleci menggunakan suara dari burung pleci lain.

Sedangkan untuk pemasteran pada sore hari, anda dapat menggantung burung dengan posisi sangkar tertutup. Supaya pleci bakalan kesayangan anda dapat lebih tenang dalam menangkap kicauan suara burung lain.

Gantangan

Gantangan adalah mempertemukan pleci bakalan dan pleci lain. Tujuannya untuk mengetahui besar nyali pleci bakalan yang anda punya. Tinggal anda lihat responnya, apakah pleci sudah berani berbunyi di hadapan pleci lain atau tidak.

Dengan melalui berbagai tahapan dalam cara merawat pleci bakalan agar cepat bunyi, anda harus sabar dan telaten. Sebab, semua itu butuh proses. Dengan kesabaran dn perawatan yang maksimal, anda bisa mendapatkan pleci yang cepat bunyi.

Tinggalkan Komentar