Tuntas dan Cepat Dalam Cara Merawat Kenari Mabung

Hampir semua pecinta burung kenari pasti telah melewati fase dimana burung tampak seperti merontokkan bulunya. Kejadian ini sering disebut dengan istilah mabung atau bahasa kerennya molting. Lalu bagaimana cara merawat kenari mabung?

Ini merupakan kondisi dimana semua burung atau burung kenari merasa tidak memiliki jati diri. Sebab tampak sekali mereka tak bergairah untuk bergerak dan jarang berbunyi. Padahal kebiasaan burung kenari adalah sering merapikan bulu mereka.

Dan ketika mabung, hal ini tidak dapat dilakukan. Pastinya ini akan menyiksa, untuk itu cara merawat kenari mabung harus anda ketahui supaya anda bisa merawat burung anda.

Begini Cara Merawat Kenari Mabung

Tuntas dan Cepat Dalam Cara Merawat Kenari Mabung
BudidayaKenari.com

Sebuah kesalahan besar bila saat kenari mabung tapi masih di kemas untuk tetap beraktifitas. Juga dipaksa untuk berbunyi atau malah diberi doping dan suplemen bunyi untuk ajang lomba. Ini malah akan semakin menurunkan kondisi mereka.

Cara cepat dalam merawat kenari mabung menjadi faktor terpenting agar bisa mempercepat proses pertumbuhan bulu baru. Supaya kenari dapat kembali ngoceh dan juga beraktifitas kembali. Ada beberapa tahapan perawatan kenari mabung yang harus diperhatikan.

1. Angin-anginkan burung kenari

Hal ini penting untuk dilakukan. Proses mengangin-anginkannya adalah di tempat yang tak langsung menerima cahaya matahari. Sebab, saat mabung kenari tak perlu asupan cahaya matahari untuk tubuhnya.

2. Jangan mandikan kenari

Saat sedang mabung, sebaiknya jangan mandikan burung kenari. Sebab, kalau kita memandikannya ini akan menghambat proses perontokan. Sebaiknya mulai mandikan kenari ketika proses penumbuhan bulu yang baru. Bukan pada waktu mereka sedang mabung.

3. Beri asupan makanan yang sesuai

Makanan Kenari
pinterest.co.uk

Untuk kenari yang sedang mabung, sebaiknya berikan asupan makanan yang di dalamnya mengandung protein keratin. Kadar protein jangan sampai lebih dari 30%. Hal ini karena ketika kadar protein terlalu tinggi bisa membuat kenari sering birahi dan bunyi.

Kondisi seperti ini tidak baik untuk kenari. Sebab saat mabung, kenari tak dianjurkan untuk berbunyi. Adapun makanan yang dianjurkan seperti: Eggs food, sayuran, flaxseed, juga canary seed.

4. Kerodong secukupnya saja

Ada yang bilang kalau kenari akan menjadi bagus dikerodong terus ketika sedang mabung. Ini memang benar, sebab tak akan ada sinar matahari yang masuk.

Tapi jikalau proses mengerodongnya berhari-hari tentu saja hal ini tidak akan baik bagi kenari itu. Sehingga, sebaiknya upayakan agar membuka kerodong selama 15-30 menit dalam sehari supaya kenari sehat.

Ciri Ciri Kenari Sedang Mabung

Ada beberapa hal yang menjadi ciri-ciri dari kenari yang sedang mabung. Seperti adanya bulu halus yang terdapat di bagian dasar ataupun di bawah sangkat.

Burung kenari akan cenderung lebih banyak diam dan bersikap pasif. Bulu pada bagian ekor burung kenari tampak kusut dan juga nyerit.

Umumnya burung kenari bisa mengalami fase mabung 1 sampai 3 bulan. Kondisi ini biasanya terjadi setiap dua bulan sekali. Meskipun demikian, setiap individu tentu akan mengalami kondisi yang berbeda-beda. Semunya akan tergantung pada kondisi fisik burung kenari dan juga perawatannya.

Dengan mengetahui perawatan kenari mabung yang benar, maka prosesnya bisa dilakukan dengan cepat. Karena anda tidak melakukan kesalahan dalam perawatan.

Saat bulu jarum pada burung kenari sudah muncul, itu berarti cara merawat kenari mabung yang anda lakukan telah berhasil. Dalam kondisi seperti ini anda sudah bisa melakukan pemasteran menggunakan suara mp3 ataupun langsung dari kicauan burung gereja tarung dan kenari.

Tinggalkan Komentar