Cara Merawat Cucak Cungkok Lengkap Dengan Jenisnya

Cara merawat cucak cungkok perlu untuk anda terapkan sebaik mungkin supaya kicauanya terdengar lebih indah. Tak bisa dipungkiri bahwa perawatan cucak cungkok yang tepat bisa membuat burung ini rajin gacor. Kicauanya terdengar lebih lantang dan tajam sehingga menarik untuk didengar.

Cucak cungkok yang mempunyai habitat asli di Pegunungan Himalaya sampai Semenanjung Malaka ini semakin banyak diminati penghobi burung. Bukan hanya karena suaranya yang memikat hati, akan tetapi juga tampilannya yang menarik.

omkicau.com

Karakteristik Cucak Cungkok

Untuk lebih mengenal cucak cungkok, ada baiknya jika anda mengetahui karakteristiknya. Dimana karakteristik cucak cungkok jantan dan betina memiliki perbedaan. Pastikan anda ketahui bedanya agar lebih mudah dalam memberikan perawatan nantinya.

Jika cucak cungkok jantan, bulunya didominasi warna hijau dan kuning. Dada sampai pangkal ekornya berwarna kuning cerah. Sementara ekornya berwarna biru tua kehitaman. Sementara di bagian sayapnya berwarna hitam dan biru tua yang mengkilap. Benar-benar menarik.

Untuk ukurannya, cucak cungkok jantan lebih besar daripada cucak cungkok betina. Cucak cungkok jantan juga mempunyai topeng dari muka sampai dada dengan warna biru tua yang bercampur dengan hitam. Sedangkan dagunya berwarna biru metalik.

Lain halnya dengan cucak cungkok betina. Tubuhnya didominasi warna hijau. Lalu dada sampai pangkal ekornya berwarna kuning pudar dengan ekor hijau. Burung cucak cungkok ini tak memiliki topeng. Sementara untuk dagunya berwarna biru metalik yang pucat.

Cara Merawat Cucak Cungkok

Setelah anda tahu karakteristik cucak cungkok, baik itu jantan maupun betina, maka anda bisa membuktikan sendiri bahwa cucak cungkok memang memiliki tampilan yang istimewa. Maka dari itu, jangan ragu untuk memeliharanya.

Bagi anda yang ingin memelihara cucak cungkok untuk didengarkan atau diperlombakan suara, anda bisa pilih cucak cungkok jantan. Hal ini dikarenakan kicauan cucak cungkok jantan lebih tajam atau mbeset-mbeset jika dibandingkan cucak cungkok betina.

Suara khas dari cucak cungkok jantan ini bisa anda gunakan untuk memaster burung lainnya. Misalnya saja, cucak jenggot, murai batu, kacer, lovebird dan masih banyak lainnya. Sementara untuk cara merawat cucak cungkok, anda bisa ketahui dari ulasan berikut.

Memandikan

Salah satu cara merawat cucak cungkok yang tepat yaitu memandikannya dengan baik. Adapun caranya ialah dengan mengangin-anginkan cucak cungkok terlebih dahulu jam 7 pagi. Setelah itu, mandikan cucak cungkok jam setengah 8.

Untuk memandikannya, anda bisa gunakan karamba (sangkar untuk mandi). Jika tidak punya, anda bisa menyemprotnya sampai basah kuyup menggunakan sprayer. Agar hasilnya optimal, anda bisa menambahkan shampoo khusus.

Penjemuran

Selain pemandian, cucak cungkok juga harus melewati proses penjemuran. Cara merawat cucak cungkok yang satu ini bisa anda lakukan dengan mengangin-anginkannya dulu hingga bulunya kering. Jika sudah, anda bisa menjemurnya maksimal selama 2 jam.

Supaya cucak cungkok tak mengalami dehidrasi, anda bisa memberikan jangkrik dan air minum. Perlu untuk anda ketahui, selama proses penjemuran, cucak cungkok memang sering mencari minum karena merasa lemas.

Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang penting untuk anda perhatikan guna menjaga kesehatan cucak cungkok. Maka dari itu, pastikan anda membersihkan sangkarnya setiap hari. Mulai dari membersihkan sisa makanan hingga kotorannya.

Pemasteran

Cara merawat cucak cungkok akan memberikan hasil yang optimal apabila anda melakukan pemasteran. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan MP3. Supaya hasil memaster berjalan secara efektif, anda bisa mengerodong cucak cungkok.

Pakan Cucak Cungkok

Cara merawat cucak cungkok di atas juga perlu dilakukan dengan memperhatikan pakannya. Pastikan anda memberi pakan yang sesuai untuk cucak cungkok. Adapun pakan untuk cucak cungkok diantaranya yaitu:

duniakicau.net

Voer

Salah satu pakan yang bisa anda berikan untuk cucak cungkok yaitu voer. Pakan yang satu ini semakin penting untuk diberikan apabila anda membersihkan sangkar dan mengganti pakanya. Pastikan juga anda memberikan voer lengkap dengan air minum untuk mendampinginya.

Buah Segar

Dalam memberikan voer, anda juga bisa mengimbanginya dengan buah segar. Dengan demikian, cucak cungkok tak akan merasa bosan. Adanya buah segar juga bisa menambah nafsu makan cucak cungkok.

Adapun buah segar yang cocok untuk cucak cungkok diantaranya yaitu pisang kepok, pepaya, apel, jambu biji dan sawo. Tak hanya menambah nafsu makan, buah segar juga membuat cucak cungkok lebih cepat gacor.

Jangkrik

Jangkrik termasuk salah satu pakan tambahan yang disarankan untuk cucak cungkok. Setidaknya anda bisa memberikan 2 jangkrik setiap harinya.

Kroto

Selain jangkrik, anda juga bisa memberi pakan berupa kroto untuk cucak cungkok. Dalam hal ini, anda bisa memberikan kroto segar 2 kali dalam seminggu. Porsinya sekitar 1 sendok teh saja.

Ulat Hongkong

Anda juga bisa memberikan ulat hongkong untuk cucak cungkok kesayangan anda. Sama halnya kroto segar, anda bisa memberikan ulat hongkong 2 kali dalam seminggu.

Mengenai porsinya, anda bisa memberikan ulat hongkong sebanyak 3-5 ekor saja. Dalam memberikan pakan berupa ulat hongkong, ada baiknya anda memilih ulat hongkong yang warnanya putih.

Jenis Burung Cucak Cungkok

Tak hanya segi perawatannya, kami juga akan bagikan info lengkap mengenai jenis-jenis cucak cungkok. Adapun jenis cucak cungkok ialah sebagai berikut.

Chloropsis hardwickii malayana

Jenis cucak cungkok yang satu ini bisa anda temukan di wilayah selatan Myanmar. Tak hanya itu, cucak cungkok juga ada di wilayah Semenanjung Malaysia. Perlu diketahui bahwa subspesies ini memang hanya bisa anda jumpai di dataran tinggi.

Chloropsis hardwickii melliana

Selain Chloropsis hardwickii malayana, jenis cucak cungkok lainnya yaitu Chloropsis hardwickii melliana. Sama halnya Chloropsis hardwickii malayana, Chloropsis hardwickii melliana juga hidup di dataran tinggi.

Hanya saja, Chloropsis hardwickii melliana ada di wilayah selatan China, yakni Guizhou, Guangxi timur, hingga Fujian. Lalu ditemukan juga di daerah utara, tengah, dan selatan negara Vietnam.

Chloropsis hardwickii lazulina

Chloropsis hardwickii lazulina juga termasuk jenis cucak cungkok lainnya yang penting untuk anda ketahui. Jenis burung cucak cungkok yang satu ini habitatnya hanya di wilayah dataran tinggi Kepulauan Hainan. Perlu diketahui bahwa Kepulauan Hainan adalah provinsi kecil yang ada di China.

Chloropsis hardwickii hardwickii

Habitat jenis cucak cungkok yang satu ini ada di wilayah utara India. Selain itu, anda juga bisa menemukannya di wilayah timur dari kawasan lereng Pegunungan Himalaya dan wilayah selatan China, tak terkecuali dengan Tibet dan Yunan.

Habitat Chloropsis hardwickii hardwickii cukup luas karena juga bisa dijumpai sampai Myanmar, wilayah barat laut Thailand, dan bahkan wilayah utara Laos. Chloropsis hardwickii hardwickii memang lebih mudah ditemukan daripada jenis cucak cungkok lainnya.

Bagi anda para penghobi burung dan ingin memelihara cucak cungkok, pastikan anda ketahui cara merawat cucak cungkok di atas. Selain itu, ada baiknya jika anda juga mengetahui apa saja jenis cucak cungkok untuk menambah wawasan anda.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar