Tips Merawat Burung Perkutut

Yuk, rawat burung perkutut kesayanganmu dengan mengikuti tips berikut ini!

Perkutut merupakan salah satu jenis burung yang memiliki penggemar tersendiri. Tidak banyak orang yang memelihara burung jenis ini sebagai burung kicau karena suara kicauannya yang monoton. Meskipun demikian, burung perkutut lokal dipercaya dapat memberikan kesuksesan, kedamaian, dan ketenangan hidup bagi pemiliknya. Hal inilah yang membuat perkutut tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi para penggemar burung.

Burung perkutut memiliki lama latin Geopelia sriata. Meskipun sebenarnya burung perkutut terdiri dari beragam jenis spesies, tetapi di kalangan para pencinta burung terdapat dua kelas besar yaitu burung perkutut lokal dan burung perkutut bangkok. Burung perkutut lokal banyak diminati karena dipercaya memiliki “kekuatan lebih” untuk pemiliknya seperti dijelaskan di atas, sedangkan burung perkutut bangkok lebih disukai karena kicauannya.

Burung perkutut yang rajin berkicau adalah burung perkutut jantan. Bagaimanakah cara membedakan burung perkutut jantan dan betina? Berikut cara mudah membedakannya:

1. Meraba Tulang Sumpit

Perkutut -id.wikipedia.org

Tulang sumpit merupakan tulang yang berada di area dubur. Burung perkutut jantan memiliki tulang sumpit yang keras dan sempit, sedangkan burung perkutut betina memiliki tulang sumpit yang lembek dan lebih renggang.

2. Memperhatikan Ukuran Kepala

Burung perkutut jantan memiliki ukuran kepala yang lebih besar, sedangkan burung perkutut betina memiliki ukuran burung yang lebih kecil

3. Memperhatikan Bola Mata

Ternyata antara burung perkutut jantan dan betina juga terdapat perbedaan di bagian bola mata. Bola mata burung perkutut jantung terlihat lebih menonjol dan memiliki pandangan yang tajam. Sebaliknya burung perkutut betina memiliki bola mata yang tidak menonjol bahkan cenderung masuk ke dalam dan memiliki tatapan mata yang sayu.

4. Melihat Ukuran Tubuh

Perkutut – bebeja.com

Dari segi ukuran, burung perkutut jantan dan burung perkutut betina juga memiliki perbedaan yang jelas. Burung perkutut jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, sedangkan burung perkutut betina berukuran lebih mungil.

5. Mendengarkan Suara

Burung perkutut jantan memiliki suara yang lebih besar daripada burung perkutut betina.

Jadi, jika Anda ingin memelihara burung perkutut karena kicauannya, sebaiknya Anda memiliki burung perkutut berjenis kelamin jantan. Setelah Anda memiliki burung perkutut, Anda harus merawatnya dengan baik agar kicauannya tetap merdu dan bulunya tetap bagus. Bagaimana cara merawat burung perkutut dengan baik dan benar? Berikut tipsnya:

1. Dimandikan secara Rutin

Burung perkutut harus dimandikan secara rutin agar bulunya mengilat dan tidak berkutu. Cara memandikannya yaitu menggunakan semprotan atau spray dengan lubang yang paling halus.

Burung perkutut memiliki lama latin Geopelia sriata. Meskipun sebenarnya burung perkutut terdiri dari beragam jenis spesies, tetapi di kalangan para pencinta burung terdapat dua kelas besar yaitu burung perkutut lokal dan burung perkutut bangkok. Burung perkutut lokal banyak diminati karena dipercaya memiliki “kekuatan lebih” untuk pemiliknya seperti dijelaskan di atas, sedangkan burung perkutut bangkok lebih disukai karena kicauannya.

2. Dijemur di Pagi Hari

Burung Perkutut – fotoburungkicau.com

Burung perkutut juga perlu dijemur secara teratur pada jam 7 hingga 10 pagi agar sehat dan tidak mudah sakit.

3. Berikan Makanan yang Bergizi

Burung perkutut bisa diberikan makanan burung berprotein tinggi dari pabrik maupun makanan yang diracik sendiri. Makanan racikan biasanya terdiri dari campuran jewawut, milet, dan biji godem. Selain itu, campuran lain yang sering digunakan yaitu tumbukan beras merah, ketan hitam, dan jagung.

4. Berikan Vitamin

Berikan multivitamin kepada burung perkutut agar hormon testosteronnya meningkat. Jika hormon testosteronnya meningkat, burung akan semakin gacor, memiliki daya tahan tubuh yang kuat, dan tahan mental saat dipertandingkan.

5. Berikan Jamu Khusus atau Makanan Tambahan

TM FOOD, Pakan burung Perkutut (Plus Ramuan Asli Khas Madura) – tokopedia.com

Agar kualitas burung perkutut semakin prima, burung perkutut perlu diberikan jamu khusus atau makanan tambahan. Jamu khusus ada yang dibuat oleh pabrik, sedangkan makanan tambahan dapat berupa kroto atau ulat hongkong.

6. Buat Suasana Ramah dan Nyaman di Sekitar Sangkar

Suasana sekitar sangkar yang ramah dan nyaman dapat memengaruhi kualitas fisik dan suara burung perkutut.

Demikian ulasan tentang cara merawat burung perkutut. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar