Inilah Cara Merawat Burung Kacer Petarung Terlengkap

Burung kacer yaitu burung yang memiliki sifat fighter atau burung petarung. Jadi hingga sekarang ini kelas kontes burung kacer pasti ramai. Burung kacer ada beberapa keunikan pada waktu diadu atau dilombakan.

Cara Merawat Burung Kacer Petarung
Cara Merawat Burung Kacer Petarung

Suara lantang serta ekornya terbuka sperti kipas, yang kerap dinamakan dengan istilah ngobra. Burung kacer bagian badannya dapat meliuk – liuk saat lomba atau beradu. Untuk bagian badannya yang tegap, kaki mencengkram kuat serta berdiri kokoh dan leher hingga kepalanya meliuk.

Cara Merawat Burung Kacer Petarung

Bukan hal yang mudah untuk mencetak atau menjadikan burung kacer menjadi petarung sejati, yang dirumah selalu berkicau tidak terkalahkan, di arena kontes belum tentu tetap stabil.

Harus dengan ketekunan, keuletan, kesabaran serta konsisten dalam merawat burung kacer ini. Pemilik burung sebaiknya terlebih dahulu mengenali karakter dari burung jagoannya.

Keunikan lain dari burung kacer yaitu mbagong. Mbagong merupakan sifat bawaan burung kacer. Keadaan mbagong yaitu keadaan dimana bagian tubuh kacer mengembung seperti balon. Dan tampak unik pastinya. Berikut cara merawat burung kacer petarung.

Pemilihan Pakan Yang Pas

Pakan Kacer Petarung
Pakan Kacer Petarung

Pilih pakan burung yang cocok untuk kacer petarung anda. Banyaknya merek pakan burung mulai dari yang lokal hingga yang impor menjadikan paburung tidak tidak dapat merekomendasikan anda harus memakai pakan jenis serta merek apa.

Akan tetapi disarankan sesuaikan saja pakan untuk burung petarung ini dengan anggaran anda serta kesukaan burung. Sebab pakan yang impor dengan harga mahal pun belum tentu cocok dengan burung kacer peliharaan anda.

Rutin Memandikan

Burung kacer tidak termasuk tipe burung yang gemar mandi sendiri didalam sangkar. Maka dari itu, anda harus dengan rutin memandikan burung, yaitu pada pagi hari dan sore hari.

Bisa anda lakukan dengan disemprot, atau dimandikan di keramba lebih bagus. Pemandian yang rutin tujuannya supaya burung selalu sehat serta segar bugar.

Untuk air mandinya lebih baik ditambahkan shampo atau obat husus untuk burung supaya burung kesayangan anda terbebas dari kutu. Burung yang rutin dimandikan akan punya bulu yang sehat serta mengkilap.

Lakukan Penjemuran

Lakukan penjemuran setelah dimandikan, jemur burung 1 sampai dengan 3 jam. Selanjutnya anda angin – anginkan. Penjemuran tujuannya supaya burung lebih segar, lebih lincah dan lebih sehat.

Lakukan penjemuran secara rutin, dan jangan sampai burung anda dijemur sampai nganga karena kepanasan. Pada umumnya burung akan mengoceh dan mengeluarkan suara isiannya saat dijemur.

Terlebih lagi jika mendengar suara burung lain khususnya yang sejenis. Penjemuran juga bermanfaat untuk pembakaran lemak pada tubuh kacer khususnya untuk kacer yang mengalami kegemukan.

Lakukan Pengembunan

Cara merawat burung kacer petarung juga dilakukan dengan cara pengembunan. Pengembunan juga dilakukan mulai dari subuh hari, pada mulanya mungkin burung tidak bersuara pada waktu di embunkan.

Akan tetapi sesudah biasa anda dapat memantau perkembangannya. Sebab pengembunan ini tujuannya supaya volume suara burung naik lebih keras ( nyaring ).

Biasanya dinamakan dengan istilah ngeplong. Suasana yang dingin juga akan menimbulkan hasrat bunyi pada burung yang diembunkan.

Sebab dengan dia berbunyi, suhu tubuh nya juga akan terus naik. Suhu dingin dan juga udara yang sangat segar akan memancing burung lebih rajin berkicau ngeplong.

Dengan melakukan cara perawatan yang tepat pada burung kacer petarung anda, burung kacer anda akan tetap menjadi jawara. Selain itu juga akan gacor serta sehat.

Tinggalkan Komentar