Cara Merawat Burung Flamboyan Agar Cepat Gacor

Salah satu burung kicauan yang perlu anda ketahui yaitu burung flamboyan. Flamboyan atau burung wergan jawa merupakan jenis burung yang mempunyai ukuran tubuh kecil. Pada umumnya, ukuran tubuh burung kecil ini tidak lebih dari 14 cm. Ketika anda menoba memeliharanya, maka anda harus tahu bagaimana cara merawat burung flamboyan ini.

Burung ini termasuk salah satu jenis burung kecil yang berasal dari keluarga burung Pellorneidae. Habitat asli dari burung ini yaitu ada di daerah Indonesia saja. Khususnya di Pulau Jawa bagian barat serta bagian tengah. Burung ini hanya ada di negara Indonesia, maka jagalah kelestariannya.

pbase.com

Jangan sampai anda melakukan pemburuan liar pada burung ini. Sebab, perilaku yang seperti ini merupakan suatu sikap yang tidak disarankan. Sebab, dapat merusak ekositem alam yang ada. Tapi, jika anda memang ingin memeliharanya maka rawatlah dengan sebaik mungkin.

Cara Merawat Burung Flamboyan

Memelihara burung flamboyan jika tidak disertai dengan perawatan yang baik dan benar, maka hanya akan menjadikan burung tersebut mati. Untuk anda semuanya yang memang belum tahu bagaimanakah cara merawat burung flamboyan, ketahui bagaimana cara merawat burung flamboyan yang baik dan benar seperti berikut ini.

1. Rawatlah Burung Flamboyan Sejak Bayi

Sebaiknya anda semuanya mencoba untuk merawat burung flamboyan dari sejak masih usia bayi. Tujuannya supaya ada kedekatan diantara pemilik serta burung falmboyan peliharaan anda juga bisa lebih intens.

Sebab, jika anda semua memeliharanya pada saat usianya sudah dewasa maka tidak akan menutup kemungkinan burung itu justru kabur dari sangkarnya. Sebab, dirinya merasa terjebak dalam sangkar. Selain itu juga akan sulit beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

2. Persiapkan Sangkar

Anda semuanya bisa menempatkan burung flamboyan pada satu sangkar dan tidak digabung dengan jenis burung lainnya. Tujuannya tak lain supaya tidak terjadi perkelahian antara burung satu dengan yang lainnya.

3. Rutin Mengganti Air Minum

Biasanya air minum yang hendak diminum oleh burung flamboyan merupakan air yang biasa. Disini, paling penting anda harus bisa menjaga dan memperhatikan kebersihan dari air minum tersebut. Burung falmboyan juga termasuk salah satu jenis burung yang bersih.

Oleh sebab itu, pada saat memeliharanya, anda semua bisa melakukan penggantian air minum burung flamboyan anda dengan rutin untuk setiap harinya. Jika air minumnya selalu bersih, maka juga bisa jauh dari penyakit.

4. Mengganti Pakan Secara Rutin

Tak hanya perlu mengganti air minum secara rutin, pakan yang anda berikan pada burung flamboyan sebaiknya jga rutin untuk diganti. Meskipin masih ada sisa makanan yang terdapat dalam wadah tempat makan burung peliharaan anda.

Sebaiknya usahakan anda semuanya untuk menggantinya dengan pakan yang baru. Hal ini perlu dilakukan supaya kesehatan burung flamboyan yang anda sayangi itu tetap bisa terjaga dengan baik.

5. Menjaga Kebersihan Sangkar

Seperti yang telah disinggung tadi, jika burung flamboyan merupakan salah satu species burung yang bersih. Maka dari nitu untuk mencegah burung flamboyan anda terserang berbagai macam penyakit, maka sebaiknya sangkar burng flamboyan dan semua peralatan burung anda tetap terjaga kebersihannya.

6. Melakukan Pemandian Burung Flamboyan dengan Rutin

Cara merawat burung flamboyan selanjutnya yaitu dengan cara memandikannya secara rutin. Supaya bulu dari burung flmboyan anda bisa memiliki warna yang cerah berwarna coklat cenderung kemerahan, sebaiknya anda selalu memandikan dengan rutin.
Selain menjadikan bulunya terlihat vbersih dan berkilau, burung peliharaan anda juga akan merasa segar dengan dimandikan secara rutin ini.

hewanpedia.com

7. Gantungkanlah Sangkar Burung Pada Teras Rumah

Penggantangan di teras rumah untuk nburung flamboyan peliharaan anda ini yaitu agar burung flamboyan lebih sehat. Sebab, akan terkena langusng dengan angin yang asalnya dari luar.

Selanjutnya, pada habitat aslinya dari jenis burung ini selalu hidup di alam bebas dan memiliki udara bebas dan segar. Maka dari itu, anda semuanya dianjurkan untuk memberikan udara bebas terhadapnya supaya burung yang anda pelihara ini tidak stress.

8. Berikan Jangkrik

Cara merawat burung flamboyan atau burung wergan jawa selanjutnya yaitu dengan memberikan makanan. Salah satu makanan yang pada umumnya sangat disukai oleh sebagian besar unggas terutama burung adalah serangga seperti jangkrik.

Untuk burung flamboyan yang anda pelihara supaya tidak jenuh jikasebab hanya anda berikan makan pellet, sebaiknya anda mencoba untuk memberikan jenis makanan seperti jangkrik kepada burung anda.

9. Memberikan Vaksin

Tak hanya cukup dengan memberikan berbagai macam jenis makanan dan minuman secara teratur untuk burung flamboyan peliharaan anda. Akan tetapi, sebaiknya anda juga mencoba untuk memberikan vaksin pada burung anda supaya kesehatannya bisa tetap terjaga.

Tujuannya dari pemberian vaksin ini tak lain juga untuk mengantisipasi burung flamboyan anda terjangkit penyakit unggas yang juga kerap enyerang pada jenis unggas pada umumnya.

10. Memberikan Vitamin

Perawatan selanjutnya yaitu tak hanya dengan memberikan vaksin. Akan tetapi, anda semuanya juga harus memberikan vitamin pada burung flamboyan yang anda pelihara di rumah.

Tujuannya juga untuk merangsang pertumbuhan bulu yang berwarna coklat cenderung kemerahan yang mengkilap yang terdapat pada burung anda. Karena jika dipelihara di rmah, pastinya jenis makanan yang akan dimakan oleh burung tersebut jumlah variasinya juga terbatas.

Lain halnya pada saat burung flamboyan hidup di alam liar. Pasti setiap harinya akan memakan berbagai acam jenis makanan yang berbeda-beda. Dan mungkin jenisnya juga sangat banyak. Maka diperlukan vitamin untuk mengimbangi gizinya.

11. Memberikan Obat Kutu

Perlu anda ketahui juga jika burung flamboyan ini juga dapat terserang atau terkena kutu jika anda semuanya tidak merawatnya dengan sebaik mungkin. Salah satu cara yang harus anda lakukan yaitu dengan cara memberikan obat anti kutu untuk burung peliharaan anda.

Harus anda tahu juga, jika kutu ini merpakan jenis serangga kcil yang hinggap dan akan menggerogoti tubuh atau menghisap darah burung flamboyan anda. Sebelum terserang kutu sebaiknya anda memberikan obat kutu untuk mencegahnya.

12. Proses Pengecekan

Saat memelihara burung flamboyan sebaiknya anda juga mengecek secara rutin serta berkala pada seluruh bagian tubuh burung flamboyan anda. Untuk banyak kasus burung peliharaan yang mati sebagian besar juga disebabkan oleh tidak peka atau tidak pedulinya para pemilik dengan burung yang dipeliharanya.

Terkadang burung peliharaan mati mendadak tanpa ada penyakit yang tampak oleh mata kita. Namun, jika kita mau rutin untuk mengeceknya setidaknya kita bisa tahu keadaan burung ini disetiap harinya.

13. Ajak Burung Berkomunikasi

Cara merawat burung flamboyan selanjutnya yaitu anda harus mengajak berkomunikasi. Anda perlu melakukan komunikasi pada burung flamboyan yang anda pelihara dirumah.

Caranya yaitu anda perlu mengajaknya bersiul, mengusap-usap bulunya ataupun bagian parunya. Hal ini perlu dilakukan supaya burung flamboyan anda merasakan kedekatan emosi dengan anda. Burung famboyan yang anda pelihara pastinya bisa cepat gacor dan juga jinak.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar