Cara Menurunkan Birahi Lovebird Dengan Mudah dan Cepat

Sebagai pemelihara dan pecinta burung kicauan, kesehatan dan proporsi badan burung anda harus selalu anda cek.

Seharusnya bukan hanya hobby memelihara burung saja, akan tetapi anda juga harus memperhatikannya dari mulai penampilannya, kesehatannya serta bagian dalam burung yang lainnya.

Lovebird memang begiru sulit pada saat sudah terkena over birahi. Namun, bukan tidak mungkin dapat diturunkan birahinya, hanya perlu kesabaran dengna extra serta konsisten dalam perawatannya over birahi bisa diturunkan.

Over birahi yaitu merupakan kondisi yang mana lovebird tersebut punya libido yang begitu meningkat.

Cara Menurunkan Birahi Lovebird
Cara Menurunkan Birahi Lovebird

Dan pastinya akan sangat bermanfaat apabila memang burung lovebird tersebut dipersiapkan dalam perkawinan.

Akan tetapi hal itu justru akan begitu berdampak buruk apabila lovebird anda termasuk lovebird kontes ataupun lovebird untuk lomba.

Jadi pada dasarnya, apabila lovebird mengalami over birahi pada waktu masa kawin itu begitu bermanfaat. Akan tetapi ketika ingin lomba ini memiliki dampak yang buruk.

Gangguan hormonal pada lovebird ini bisa terjadi sewaktu waktu. Ini bisa terjadi pada lovebird rumahan, lovebird lomba, ataupun lovebird yang berada di penangkaran.

Pastinya anda harus berusaha menurunkannya birahinya sehingga menjadi lebih stabil.

Over Birahi Pada Love Bird

Cara menurunkan birahi lovebird yang tinggi ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Burung yang memiliki birahi tinggi dinamakan juga dengan sebutan over birahi.

Akan tetapi, ada juga beberapa burung yang memiliki masalah kurang birahinya.

Akan tetapi, sebelum anda mengetahui tentang bagaimana cara menurunkan birahi lovebird yang tinggi, ketahuilah terlebih dahulu beberapa faktor yang menjadikan birahi burung anda menjadi naik.

Faktor penyebab dari birahi yang tinggi yang terjadi pada lovebird tersebut bisa saja dikarenakan faktor lingkungan, factor perawatan dan juga faktor yang lainnya juga.

Over birahi serta turun birahi pastinya merupakan dua hal yang begitu bertolak belakang. Dan yang paling baik yaitu birahi yang proporsional, tidak terlalu loyo dan tidak juga berlebihan.

Permasalahan Loyo birahi adalah tidak terdapatnya gairah pada burung tersebut seperti halnya tampak lemas, loyo tidak ada gairah sedikitpun.

Salah satu ciri yang bisa dilihat yaitu bagi burung yang lemas birahi ini akan malas dalam berbunyi. Dan bahkan jarang sekali bersuara.

Langkah mengatasi birahi yang lemah ini begitu mudah sekali. Antara lain jangan terlalu sering memandikan burung tersebut.

Kemudian jangan lupa juga untuk menjemurnya namun jangan terlalu lama, berikanlah makanan yang sehat. Dan juga berikan juga vitamin yang baik yang mendukung untuk burung anda tersebut.

Jangan sampai lupa membersihkan kandang burungnya. Kemudian untuk menaikan birahi tersebut juga jangan lupa untuk memberinya jagung.

Yang tujuannya untuk menaikan birahinya lovebird tersebut. Untuk yang birahi tinggi tentunya bertolak belakang dengan birahi yang turun.

Tingkatkan Frekuensi Mandi

Apabila lovebird anda sudah positif Over Birahi, maka yang perlu anda lakukan adalah frekusensi mandinya ditingkatkan.

Sehingga, misalnya lovebird anda sehari mandi 1 kali, maka dapat ditambah menjadi 2 ataupun 3 kali. Selain itu, durasi dalam memandikan juga dapat ditingkatkan.

Apabila biasanya selama 15 menit, maka tingkatkan menjadi 20 menit ataupun 25 menit. Anda dapat memandikan lovebird pada pagi hari sebelum mata hari muncul.

Kemudian saat sore hari atau bahkan malam hari kurang lebih pukul 22.00-24.00. Yang harus diperhatikan dalam memandikan lovebird Over Birahi adalah jangan berlebihan saat memandikan.

Dalam hal ini feeling ataupun perasaan anda harus dapat bekerja untuk mengetahui waktu mana yang pas untuk lovebird anda.

Penjemuran dan Pengembunan yang Teratur

Dalam pengembunan sendiri bisa anda lakukan ketika waktu fajar ataupun setelah waktu subuh. Saat waktu itu, udara masih begitu alami dan belum terlalu bercampur dengan polusi.

Sehingga begitu baik untuk pernafasan lovebird kesayangan. Pada saat itu juga lovebird akan lebih rajin berkicau dengan suara yang sangat keras.

Sedangkan untuk penjemuran, anda dapat melakukannya pada saat matahari terbit hingga sekitar pukul 09.00. Jangan melakukan penjemuran setelah jam tersebut.

Sebab sinar matahari akan mengandung banyak ultraviolet yang bisa merusak bulu lovebird kesayangan anda .

Untuk hal tersebut memang begitu baik untuk dilakukan selama 2 bulan dengan konsisten meskipun lovebird anda sudah tidak lagi Over Birahi.

Hentikan Pemberian Pakan ini

Nah, apabila lovebird anda sedang Over Birahi, maka anda wajib menghentikan pemberian pakan yang berupa sayuran kangkung, kwaci dan juga jagung muda.

Karena ketiga dari jenis makanan tersebut adalah pemicu meningkatnya birahi pada lovebird peliharaan anda.

Dan sebagai gantinya makanan itu, anda dapat memberikan multivitamin Ebod Vit dengan takaran 3 tetes untuk 1 wadah air minum.

Usahakanlah untuk air minumnya sendiri supaya tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Kemudian gantilah air minum tersebut pada tiap harinya untuk menjaga supaya kualitas airnya tetap terjaga dengan baik.

Cara Menurunkan Birahi Lovebird dengan Ketimun

Cara menurunkan birahi lovebird bisa dilakukan dengan memberikan ketimun. Mentimun sering diterapkan pada burung kenari, cucak ijo dan juga burung lovebird.

Memang buah mentimun mampu menurunkan birahi burung. Akan tetapi tidak begitu efektif karena terkadang burung tidak mau. Biasanya hanya sedikit yang dimakan.

Kandungan air yang ada pada ketimun memang dapat menurunkan birahi lovebird. Maka dari itu, berilah mentimun pada saat pagi hari saja.

Dengan Daun Kemangi

Cara menurunkan birahi lovebird juga bisa dengan daun kemangi. Untuk ramunnya kita dapat membuat sendiri dan bahannya juga mudah untuk dicari.

Disini kita memakai daun kemangi untuk ramuan yang tujuannya menurukan over birahi serta menstabilkannya. Ambilah daun kemangi yang masih kondisi segar dan bersih.

Selanjutnya berikanlah pada lovebird yang sedang over birahi agar dimakannya sebagai pengganti dari sayuran.

Apabila burung tidak mau makan maka bisa dengan tidak memberikan makanan apa saja selain memberikan daun kemangi. Sebab, apabila kelaparan mau tidak mau akan dimakannya juga.

Atau bisa dengan cara yang ini. Dimana kita mengambil daun kemangi yang masih dalam kondisi segar.

Siapkanlah air hangat, lalu masukan daun itu dalam arti menyeduhnya. Selanjutnya kasihkan air itu sebagai pengganti minuman lovebird.

Seperti itulah cara dalam mengatasi lovebird over birahi dengan menggunakan bantuan daun kemangi yang memang termasuk ramuan khusus yang mujarab.

Cara menurunkan birahi selain dengan menggunakan dengan daun kemangi dapat juga dengan terapi memandikan lovebird.

Sebab salah satu manfaat memandikan lovebird yaitu menstabilkan birahinya termasuk memandikan lovebird dengan menggunakan air hangat.

Masukkan Lovebird ke Kandang Umbaran

Cara menurunkan birahi lovebird yang tinggi berikutnya adalah dengan memasukkan lovebird pada kandang polier atau biasa disebut kandang umbaran.

Dan dengan cara yang ini, lovebird kedepannya akan menjadi dalam lebih leluasa bergerak.

Jadi lovebird tersebut akan merasa lebih bebas. Namun, perlu diperhatikan juga jika misalnya lovebird yang Over Birahi malah menyerang lovebird lain yang terdapat di dalam kandang.

Tinggalkan Komentar