Inilah Cara Menjodohkan Kenari Jantan dan Betina paling Mudah

Burung kenari memiliki kicauan yang terdengar merdu, memiliki warna bulu yang sangat indah, dan juga postur tubuh yang relatif kecil tapi begitu proporsional.

Para pecinta burung kicauan pastinya sudah mengerti tentang burung kicauan yang satu ini. Bahkan sampai sekarang ini burung kenari menjadi salah satu burung yang sering dicari oleh kicau mania, sehingga di pasaran di jual dengan harga yang tinggi.

Oleh sebab itu, membudidayakan burung kenari merupakan solusi bagi orang-orang yang hendak berbisnis. Khususnya bisnis jual beli burung.

Cara Menjodohkan Kenari
Cara Menjodohkan Kenari

Untuk para pemula dalam berbisnis jual beli burung kenari, pastinya harus mengetahui beberapa cara dalam membudidayakan burung ini.

Untuk hal yang paling penting di dalam beternak burung kenari salah satunya yaitu bagaimana cara menjodohkan kenari dan mengawinkan burung kenari agar cepat berkembangbiak.

Budidaya Burung Kenari

Membudidayakan burung kenari termasuk peluang usaha yang begitu bagus sekarang ini. Akan tetapi sebelumnya harus Kita tau terlebih dulu mengenai bagaimana cara mengawinkan kenari dengan benar.

Supaya memperoleh bibit yang unggul sebab hal ini memang langkah awal dari sebuah usaha budidaya burung Kenari yang harus di lakukan.

Burung Kenari termasuk salah satu jenis burung yang punya ukuran tubuh kecil dan juga memiliki warna yang bermacam macam. Untuk kelebihan lain kenari ini adalah termasuk salah satu jenis burung yang punya suara yang begitu nyaring.

Dengan kelebihan yang dipunyai Burung Kenari pastinya akan memikat para pecinta burung kicau sehingga menjadikannya sebagai burung peliharaannya.

Biasanya pada saat memulai beternak kenari dimulai dari cara memilih dari indukan burung kenari. Pastinya sebagai peternak kenari juga harus benar benar mengetahui seperti apa indukan yang tepat untuk diternak.

Namun, ini juga termasuk opsional atau pilihan untuk peternak kenari saat memilih indukan. Sesuai kemauan peternak kenari ingin memilih indukan dari jenis kenari yang mana.

Dianjurkan dalam memilih indukan kenari juga harus selalu memperhatikan kualitasnya. Dan yang banyak dicari dari para penggemar kenari.

Supaya bisa sukses dalam beternak kenari, maka harus ada tahap penjodohan kenari betina dengan kenari jantan. Untuk cara menjodohkan kenari terlebih dulu harus tau bagaimana ciri kenari yang sudah siap kawin.

Ciri Kenari Jantan dan Betina Siap Kawin

Sekarang ini untuk membudidayakan Kenari masih terkendala dengan sulitnya mengawinkan burung kenari. Sebab sebelumnya harus di persiapkan dahulu indukan yang telah siap untuk dikawinkan.

Sebelum kita memilih indukan yang unggulan, sebaiknya Kita sudah bisa membedakan antara Burung Kenari jantan serta brung kenari betina.

Untuk yang belum bisa membedakan jenis kelamin burung kecil dan cantik ini dapat mempelajari terlebih dulu pada yang lebih menguasai.

Apabila sudah memperoleh indukan untuk pejantan serta betina, kemudian perlu di persiapkan kondisi fisik serta mentalnya dengan baik. Fisik serta mental merupakan kunci utama keberhasilan mengawinkan Burung Kenari.

Kemudian untuk keduanya harus sempurna. Jika salah satu belum bisa terpenuhi maka perkawinan itu belum bisa di lakukan.

Berikut ini merupakan ciri-ciri kenari jantan dan betina yang telah siap untuk dikawinkan:

Kenari Jantan

Untuk burung jantan yang telah siap kawin pada umumnya indentik dengan kebiasannya antara lain rajin dalam berkicau atau kenari sudah gacor.

Pada umumnya bisa dilihat waktu burung kenari jantan berkicau sembari menurunkan kedua bagian sayapnya.

Biasanya pada burung kenari jantan yang telah siap kawin, maka suaranya akan semakin lantang dari pada biasanya. Kemudian juga diiringi dengan irama yang terdengar panjang, dan juga tidak terputus-putus.

Kenari yang jantan yang telah siap kawin pada umumnyajuga ditandai dengan gerakan naik turun sangkar jika didekatkan dengan burung kenari betina.

Kenari Betina

Pada burung kenari betina yang telah siap kawin pada umumnya terlihat galau atau gelisah pada saat mendengarkan suara kicauan dari burung kenari jantan.

Ketika mendegarkan suara burung kenari jantan berkicau pada umumnya kenari betina mengepakkan kedua sayapnya sambil berbunyi dengan suara kecil atu mencicit.

Kenari yang betina yang telah siap kawin pada umumnya juga sering kali mengangkut daun-daun yang telah kering, kertas, dan juga bulu yang rontok. Atau sejenis benda dengan tekstur lembut dan tipis guna dibawa ke atas.

Dan untuk bagian fisik kenari betina ditandai dengan cara mengamati kelaminnya. Jika kelamin pada burung kenari betina membengkak atau terlihat memerah, maka tandanya burung kenari itu sudah siap kawin.

Cara Menjodohkan Kenari

Cara menjodohkan kenari yang pertama kali yaitu harus mengetahui jenis kelamin dari masing-masing burung kenari tersebut. Setiap jenis burung kenari tentu punya ciri khas dari kelamin tertentu.

 

Cara menjodohkan kenari yang selanjutnya adalah menyiapkan kandang yang pas bagi kenari serta terlindung dari bahaya serangga ataupun binatang predator.

Dalam menjodohkan kenari jantan serta betina, sebelumnya anda dapat mengamati tanda-tanda yang diberikan oleh keduanya pada saat telah siap untuk proses perkawinan.

Bermacam cara menjodohkan kenari yakni mendekatkan sangkar burung burung jantan serta burung betina dengan waktu yang lama. Dan idealnya adalah 3 hari.

Pada saat proses perjodohan ini, dianjurkan juga menyiapkan makanan yang cocok untuk burung kenari anda.

Namun dengan takaran yang pas saja, sebab apabila kenari terlalu gemuk akan menghambat dalam proses perjodohan.

Cara Mengawinkan Burung Kenari

Tau mengenai usia burung kenari yang sudah siap untuk dikawinkan termasuk salah satu hal yang begitu penting dalam cara mengawinkan kenari.

Burung Kenari yang sudah siap untuk diternak umur yang ideal adalah 6 bulan untuk burung kenari yang betina. Sedangkan 8 bulan untuk burung kenari yang jantan.

Akan tetapi beberapa kenari yang ukuran tubuhnya besar seperti halnya yorkshire punya usia 10 bulan untuk siap dikawinkan.

Untuk ciri burung kenari yang sukses pada rangka perjodohan itu diantaranya yaitu kenari jantan akan kerap berkicau atau sudah gacor.

Dan pada saat sedang bertengger bagian kakinya akan kerap bergerak bergantian. Kemudian kenari betina akan mengepakkan bagian sayapnya dan terkadang bersikap menungging yang artinya pertanda minta kawin.

Sesudah melihat tanda-tandanya, langkah mengawinkan kenari untuk pemula antara lain adalah mengambul kenari jantan dan betina dengan meletakkannya pada kandang besar dengan sekat pada bagian tengahnya.

Langkahnya yakni dengan mengambil kenari jantan yang sudah ada dalam sangkar gantung. Kemudian memasukkannya ke dalam kandang box yang sudah berisi kenari betina namun jangan sampai burung tertukar.

Apabila kenari itu sudah berjodoh maka kenari jantan serta kenari betina akan saling meloloh. Selanjutnya akan terjadi perkawinan antara burung kenari jantan dan juga betina.

Proses ini dapat memakan waktu yang singkat sampai berhari-hari lamanya. Untuk burung kenari betina yang sudah bertelur sebelumnya, proses ini akan berjalan dengan cepat. Akan tetapi sebaliknya untuk burung kenari betina yang belum pernah bertelur.

 

 

Tinggalkan Komentar