Cara Mengatasi Kacer Takut Orang Dengan Langkah Tepat

Apakah anda saat ini memelihara burung kacer? jika iya, tentu anda ingin burung kacer yang anda pelihara menjadi jinak bukan? Untuk menjinakkan burung kacer tentu saja berbeda dengan menjinakkan burung pemangsa seperti burung elang.

Ketika burung kacer peliharaan anda masih merasa ketakutan bertemu orang. Namun ini bisa diatasi, sebab kini ada cara mengatasi kacer takut orang dengan mudah.

Burungnya.com

Cara ini bisa anda aplikasikan pada burung kacer peliharaan anda yang masih merasa ketakutan dan belum bisa dijinakkan. Memang untuk sebagian orang, ini menjadi hal yang terbilang susah susah gampang.

Bahkan ada juga pecinta burung kicau yang akhirnya putus asa karena kesulitan menjinakkan burung kacer miliknya. Sebab sering kali kacer menjadi terlalu giras dan sulit dikendalikan. Untuk itu, kami akan mencoba menjawab masalah yang anda alami dengan memberikan cara mengatasi kacer takut orang. Sehingga kacer tidak giras lagi dan menjadi jinak.

Cara Mengatasi Kacer Takut Orang Dengan Mudah

Sebagian besar kacer yang kondisinya terlalu giras adalah jenis kacer tangkapan liar. Atau kacer hasil bakalan yang belum jadi. Jadi burung kacer masih belum bisa untuk beradaptasi terhadap lingkungan dan juga orang-orang yang ada disekitarnya.

Walaupun jika dilihat dari segi harga, kacer yang dijual dipasar burung tradisional lebih murah. Tetapi kualitasnya memang asal-asalan. Berbeda bila anda membeli burung kacer dari penangkaran burung kacer. Karena kualitas burung yang ada di penangkaran akan jauh lebih baik.

Tahapan Menjinakkan Kacer Takut Orang

Langkah pertama yang harus anda lakukan agar kacer bisa tidak takut orang adalah dengan mengkondisikannya dengan setenang mungkin. Tempatkan kacer di lokasi yang tenang. Jika baru saja dibeli, maka bisa diberi kerodong atau tutup pada bagian sangkarnya.

Selanjutnya biarkan kacer tergantung pada tempatnya yang sangat tenang sampai keesokan harinya. Sebaiknya jangan sampai lupa untuk selalu diperhatikan masalah pakan dan juga minumnya.

Salah satu hal penting yang harus anda perhatikan, anda bisa memberikan BFA pada burung kacer yang baru dibeli dari pasar. Ini sudah terbukti bisa membuat kacer merasa lebih tenang dan mudah ditangani secara signifikan.

surakartautara.blogspot.com

Esok harinya, buka kerodong sangkar burung secara perlahan dan juga dengan hati-hati. Supaya jangan sampai pintu sangkar terangkat. Kalau sampai terangkat, kacer bisa lepas.

Tahapan selanjutnya anda bisa lakukan terapi yaitu terapi rasa lapar. Tetapi ini memang harus melalui perhitungan yang tepat. Sebab terapi lapar ini khusus bagi kacer yang sudah terbiasa konsumsi voer. Terapi ini tak dianjurkan bagi kacer yang belum makan voer. Sebab, bisa jadi kacer malah sakit bahkan mati.

Mandikan kacer, caranya disemprot. Semprotlah sampai kacer basah kuyup. Sebab proses ini sangat penting sebelum kacer mandi sendiri di keramba.

Anginkan kacer beberapa menit sampai bulu-bulunya kering. Namun posisi sangkar masih tetap di bawah dan terkena sinar matahari langsung.

Setelah bulu kacer mengering sempurna, kacer mulai lapar dan inilah saatnya memberi pakan. Berikan jangkrik dengan menjulurkan langsung tangan kita. Jika kacer masih ketakutan, cobalah pakailidi.

Bila kacer sudah mulai mengambil pakan dari tangan atau lidi, tahap selanjutnya menggantung kurungannya di tempat lebih teduh.

Latihan selanjutnya cara mengatasi kacer takut orang yaitu menutup kembali sangkar dengan kerodong lebih tipis. Sangkar yang sudah tertutup digantung di lokasi agak ramai untuk membiasakan kacer pada kondisi ramai.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar