Cara Mencetak Lovebird Blorok Pied Paling Mudah

Jenis burung lovebird blorok adalah salah satu unggulan dalam dunia breeding lovebird. Sebab dilihat dari warnanya yang begitu eksotis. Pada kalangan pembudidaya yang mempunyai inovatif tinggi, cara mencetak lovebird blorok tidak harus memakai induk blorok tetapi dapat memakai lovebird albino atau lutino.

Dalam dunia burung lovebird, khususnya untuk jenis klep atau kacamata, lovebird blorok bukan menjadi sebuah warna dasar. Tetapi hasil rekayasa dari perkawinan silang antar warna.

Lovebird blorok bisa dibilang kelainan gen yang ada pada warna bulu sayap. Yang mengakibatkan pola tidak teratur dan perbedaan warna di bagian punggung atau sayap. Membentuk pola unik atau motif yang tidak biasa. Untuk lebih jelasnya kita akan bahas lengkapnya mengenai cara mencetak lovebird blorok.

Langkah dan Cara Mencetak Lovebird Blorok

Cara Mencetak Lovebird Blorok Pied Paling Mudah
Poskotanews.com

Sekarang ini sudah banyak penghobi burung kicau yang mencari burung lovebird blorok untuk dibeli dan diternak agar bisa memperoleh anakan yang dapat dijual kembali.

Banyaknya penghobi burung yang mencari lovebird blorok karena harga burung tersebut cukup tinggi jika dibandingkan dengan lovebird sayur lainnya. Di samping warnanya yang cantik, lovebird blorok juga mempunyai suara ngekek yang panjang.

Ada beberapa macam jenis lovebird blorok yakni blorok paruh putih, blorok paruh merah dan blorok mutasi atau mottle. Agar dapat menghasilkan anakan lovebird blorok hanya perlu satu gen blorok dari salah satu induk. Baik dari lovebird jantan ataupun betina yang mempunyai gen blorok.

Sebagai bahan pertimbangan, sebaiknya anda menggunakan pejantan yang mempunyai gen blorok. Sebab dalam burung lovebird, gen pejantan mempunyai pengaruh lebih kuat dalam menduplikasi gen untuk anakan burung nantinya.

Agar mendapatkan gen blorok, kawin silang antar warna harus dilakukan berkali-kali. Mulanya kawinkan lovebird lutino dengan hijau, mereka bisa mempunyai keturunan mayoritas warna hijau.

Turunan ini kemudian dikawinkan lagi dengan lovebird lutino. Anaknya yang memiliki warna hijau atau lutino dikawinkan lagi dengan lutino. Sehingga turunan dari lovebird tersebut memiliki potensi melahirkan anak blorok.

Cara Mendapat Blorok Blue Series

Lovebird blorok blue series
sobkicaumania.blogspot.com

Supaya anda bisa menghasilkan blorok seri biru, master induknya yaitu lovebird albino dengan hijau atau pastel biru. Untuk prosesnya juga sama, yakni dilakukan kawin silang hingga beberapa kali.

Sebenarnya untuk menunggu proses beberapa kali perkawinan silang memang terkesan lama. Sebab untuk menunggu lovebird hingga siap produksi, usianya minimal 8 bulan. Mungkin itu yang membuat orang tidak sabar.

Agar mendapatkan anakan lovebird blorok yang berkualitas tinggi dengan cara yang mudah ada beberapa tips yang perlu dilakukan. Pertama sebaiknya anda pilih calon indukan yang mempunyai postur tubuh bagus, besar dan memiliki motif blorok yang bagus.

Selanjutnya anda pilih burung lovebird yang mempunyai motif sama. Contohnya personata disilangkan dengan personata atau fischeri disilangkan dengan fischeri. Yang perlu diperhatikan, hindari persilangan dengan beda motif pada burung lovebird. Sebab ini bisa membuat anakannya menjadi hybrid.

Anda harus berusaha untuk menghilangkan paruh merah dengan paruh merah. Juga paruh putih dengan paruh putih yang sejenis. Hal ini bertujuan supaya anaknya mempunyai galur murni atau gamenya semakin kuat.

Jika kita melihat ilustrasi persilangan perkawinan burung lovebird di atas, maka kita bisa mendapatkan hasil anakan lovebird blorok blue series yang sangat berkualitas.

Bila anda sudah mengetahui cara mencetak lovebird blorok yang memiliki kualitas tinggi, maka anda bisa mencobanya. Agar dapat meningkatkan harga dari anakan lovebird blorok ini, anda bisa menyilangkan pied green series dengan euwing green. Mudah bukan?

Tinggalkan Komentar