Cara Memilih Bakalan Murai Batu Berkualitas dan Jawara

Murai batu pastinya sudah tidak asing lagi bagi pecinta burung kicauan. Murai batu termasuk burung yang punya suara terbaik ini tidak hanya di pelihara untuk dijadikan burung ocehan.

Akan tetapi murai batu sering sekali diikut sertakan pada perlombaan burung kicau. Pada setiap kontes burung kicau, murai batu juga selalu menjadi juara di dalam even lomba burung kicauan.

Memilih bakalan burung murai batu, anakan, rotolan ataupun bahan tidak perkara mudah serta susah. Yang penting kita mengerti cara memilihnya.

Bakalan Murai Batu yang diperoleh dari hasil ternak akan lebih mahal dari pada yang berasal dari perburuan atau penangkapan dari hutan.

Cara Memilih Bakalan Murai Batu

Cara Memilih Bakalan Murai Batu
Cara Memilih Bakalan Murai Batu

Burung Murai Batu bakalan dari hasil tangkapan hutan murah sebab masih giras, tidak jinak. Selain itu jugabelum terbiasa makan voer sebagai makanan utamanya.

Untuk anda yang pemula, sebaiknya apabila membeli Murai Batu bakalan harus teliti serta berhati-hati. Apabila mengetahui banyak sekali pedagang menawarkan Murai Batu bahan dengan harga yang murah itu kualitasnya

Suara

Murai Batu bakalan atau anakan yang bagus kicauan yang keras itu merupakan ciri yang bagus. Suara atau ketrekan pada Murai Batu bakalan yang bagus yaitu terdengar nyambung dan jedanya juga lama. Jadi anda bisa memilihnya.

Bentuk Fisik dan Ukuran

Bentuk Fisik dan Ukuran Murai Batu Anakan
Bentuk Fisik dan Ukuran Murai Batu Anakan

Memilih bakalan Murai Batu juga harus melihat bentuk fisik. Danyang ideal memiliki bentuk tubuh yang panjang serta besar. Sewaktu tumbuh dewasa burung yang punya ukuran tubuh panjang serta besar, akan kelihatan gagah jika mengeluarkan kicauan.

Dari faktor itulah nantinya bisa mempengaruhi mental burung lain apabila di ikut sertakan pada lomba burung berkicau.

Bagian Kepala

Kebanyakan Murai Batu mempunyai bentuk kepalanya agak bulat. Tetapi untuk burung Murai Batu bakalan yang bagus mempunyai postur kepala tidak bulat, atau berkepala agak gepeng. Kepala bakalan Murai Batu yang agak gepeng akan menambah gaya dan penampilan pada saat berkicau.

Bagian Mata

Anakan dari Murai Batu yang bagus memiliki mata yang sehat. Jadi jika anda ingin membeli bakalan, maka amatilah kondisi fisik mata burung tersebut. Jangan memilih burung Murai Batu bakalan yang mempunyai mata katarak atau terdapat selaput putih pada bola mata sang burung.

Bentuk Kaki

Pilihlah kaki burung Murai Batu anakan atau bakalan yang mepunyai warna hitam. Banyak orang yang berasumsi bahwa burung yang mempunyai kaki hitam memiliki mental kuat saat bertanding.

Selain itu lihat juga kuku kelingking bagian belakang, jika mempunyai warna kedua kuku tidak sama itu berarti burung bakalan Murai Batu tidak memiliki mental yang stabil saat bertanding.

Jangan memilih juga burung yang mempunyai kaki cacat, karena dapat mempengaruhi performa saat dalam perlombaan.

Paruh

Murai Batu anakan atau bakalan yang bagus memiliki paruh panjang dan tebal. Murai Batu yang mempunyai ciri paruh tersebut, nantinya akan mempunyai suara dan tajam dan keras. Pilih bakalan yang mempunyai lubang hidung dekat dengan mata.

Ekor Prospek

Burung Murai Batu Bakalan yang prospek mempunyai ekor yang rapat, tidak begitu tebal dan panjang. Kita akan bisa melihat bahwa burung Murai akan melentikkan ekornya saat berkicau.

Jadi sebaiknya anda menghindari memilih burung Murai Batu bakalan yang tidak memiliki ekor, karena anda tidak akan tahu burung yang anda beli memiliki ekor yang menawan atau tidak.

Leher

Ciri burung Murai Batu anakan atau bakalan yang bagus biasanya mempunyai leher yang besar dan panjang. Burung Murai yang mempunyai ciri tersebut nantinya akan mempunyai suara kicauan yang panjang serta keras.

Tinggalkan Komentar