Cara Memikat Burung Walet Agar Cepat Bersarang di Tempat Khusus

Bagi anda yang suka dengan burung walet, pastinya ingin rumah yang anda sediakan secara khusus untuk burung walet cepat diinapi. Hanya saja, tak semua penghobi burung bisa memikat hati walet. Apabila anda ingin mendapatkan walet yang mau menginap, pastikan anda mengetahui cara memikat burung walet agar cepat bersarang.

iyakan.com

Cara Memikat Burung Walet Agar Cepat Bersarang

Langsung saja, berikut kami bagikan beberapa cara memikat burung walet supaya cepat bersarang di tempat yang anda sediakan selengkapnya.

Menggunakan Teknik Aromatik

Salah satu cara memikat burung walet agar cepat bersarang ialah dengan menggunakan teknik aromatik. Untuk membuat aroma walet, anda bisa memanfaatkan kotoran burung walet. Caranya, anda siapkan 10 kg kotoran walet dan campur dengan 5 liter air hingga rata.

Setelah itu, endapkan larutan tersebut hingga 5 hari. Kemudian saring endapan tersebut guna memisahkan antara bahan dan cairan yang dihasilkan. Cairan yang dihasilkan bisa anda campur dengan minyak ikan yang perbandingannya sebanyak 3:1. Aduk sampai merata.

Jika sudah, anda semprotkan cairan yang telah jadi ke semua bagian dinding dan tembok rumah walet. Penyemprotan bisa anda lakukan setiap seminggu sekali. Walau aroma walet bisa menarik burung walet untuk hinggap di rumah, namun jangan menerapkannya secara berlebihan.

Perlu untuk anda ketahui, kotoran walet bisa menimbulkan gas amonia, asam belerang, dan karbondioksida. Dimana hal tersebut bisa membuat rumah walet menjadi tercemar. Dengan begitu, rumah walet justru akan menjadi tak sehat untuk digunakan bersarang.

Menggunakan Bunyi Khusus

BBC.com

Bunyi khusus berperan penting sebagai media promosi untuk memanggil burung walet agar masuk dan bersarang. Dalam memasang bunyi khusus ini, pastikan anda tak memanggilnya secara asal-asalan. Anda harus menyesuaikan bunyi panggil dengan lokasi pembudidaya.

Jika lokasi rumah burung walet pembudidaya ada di tengah pemukiman, maka bunyi panggil yang sesuai ialah bunyi panggil yang mempunyai karakter bunyi anakan. Jenis bunyi ini memiliki tujuan supaya menarik anakan ke area baru milik pembudidaya.

Lain halnya dengan lokasi rumah burung walet pembudidaya di tengah hutan, maka bunyi panggil yang sesuai ialah jenis bunyi yang mempunyai karakter bunyi walet remaja dan bunyi walet birahi. Hal ini tak lain memiliki tujuan supaya menarik walet remaja supaya datang ke area pembudidaya.

Menggunakan Telur Bebek

Anda juga bisa menggunakan telur bebek untuk memikat burung walet agar cepat bersarang di tempat yang disediakan. Caranya, anda siapkan telur bebek sebanyak 7 butir untuk diambil putihnya dan 4 sarang walet. Setelah itu, semua bahan dicampur dengan air sekitar 60 liter.

Endapkan campuran bahan tersebut pada tempat yang tertutup selama 2 minggu. Lakukan penyemprotan di bagian dinding rumah walet. Pastikan anda tak melakukan penyemprotan yang mengenai sirip. Hal ini dikarenakan bau yang dihasilkan akan sangat menyengat.

Supaya lebih aman, anda bisa memberi jarak sekitar setengah meter dari sirip. Untuk melakukan penyemprotan pun, anda harus mempertimbangkan kapan waktunya. Adapun waktu penyemprotan yang baik ialah saat di atas jam 10 pagi. Dalam hal ini, pastikan juga cuaca di luar ruangan tengah terik.

Menggunakan Hygrometer

Cara memikat burung walet agar cepat bersarang lainnya ialah dengan menggunakan hygrometer. Anda bisa tahu suhu dan kelembaban habitat asli burung walet dengan menggunakan hygrometer. Dengan begitu, anda bisa menyesuaikannya di tempat yang anda sediakan khusus untuk burung walet. Alat yang satu ini pun bisa anda beli dengan mudah di toko-toko.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.