Cara Memelihara Burung Kutilang Agar Bisa Gacor

Burung kutilang termasuk jenis burung kicau yang populer pada berbagai kalangan pecinta burung kicauan.

Namun, jenis kicauan dari burung ini ternyata penggemar burung kicau yang tidak menyukai dengan suara aslinya yang hanya monoton disebabkan bisa merusak suara dari jenis burung kicau lainnya.

Namun, pada dasarnya burung kutilang ini juga dapat menirukan suara burung kicau jenis lainnya. Misalnya Kenari, Lovebird Murai Batu dll.

Burung Kutilang umumnya begitu menyukai makanan buah – buahan dan juga serangga kecil misalnya jangkrik.

Cara Memelihara Burung Kutilang
Cara Memelihara Burung Kutilang

Jika anda memberikan jenis pakan itu pada waktu memelihara burung kutilang pastinya akan mendorongnya cepat gacor dan rajin berbunyi setiap hari. Jadi sebaiknya anda merawat dan memelihara burung kutilang saat masih anakan.

Lalu pada waktu bahan anakan itu pastinya pada saat dewasa akan jinak dan juga tidak giras. Selanjutnya dapat menirukan suara kicauan dari burung kicau lainnya.

Berikut ini merupakan cara memelihara burung kutilang yang bisa anda lakukan dengan mandiri.

Memulai Pemeliharaan Sejak Bayi

Cara yang penting untuk dilakukan dalam pemeliharaan kutilang supaya bisa punya suara yang indah yaitu dengan cara merawatnya sejak kecil.

Jika memerlukan, anda memeliharanya pada saat dia baru lahir dari induknya, masih tidak terdapat bulu dan lain-lain.

Hal itu harus dilakukan supaya kutilang anda tidak terlanjur menirukan suara master yang dikeluarkan dengan induknya.

Dengan memeliharanya sejak masih anda akan meningkatkan kemungkinan burung kutilang anda bisa menguasai suara master yang lain.

Dalam tahap berikutnya anda hanya harus membuatnya mendengar suara kicauan burung master lain yang punya suara bagus.

Mengasingkan Dari Burung Kutilang Liar

Cara memelihara burung kutilang yang selanjutnya dia bisa punya suara yang bagus yaitu dengan mengasingkannya dari burung kutilang yang liar.

Hal ini harus anda lakukan supaya burung kutilang kecil anda tidak menirukan suara kicauan dari burung kutilang yang liar yang terdapat pada habitat liar.

Burung kutilang kecil, atau burung yang masih kecil pada umumnya akan mencari contoh bagaimana cara berkicau dan suara kicauan seperti apa yang mereka perlu keluarkan.

Dengan cara menjauhkan dari burung kutilang liar, misalnya saja menaruh kandangnya di tempat yang jarang didatangi oleh kutilang liar, anda dapat menjamin kutilang kecil anda tidak akan memiliki suara master burung kutilang pada umumnya.

Mendengarkan Suara Masteran Untuk Burung Kutilang

Mendengarkan Suara Masteran Burung Kutilang
Mendengarkan Suara Masteran Burung Kutilang

Ini merupakan salah satu cara alternatif untuk menjadikan burung anda belajar bagaimana cara untuk berkicau.

Khususnya, jika anda sulit untuk mencarikan burung masteran, atau tidak ingin kesulitan sebab harus merawat burung master juga.

Anda dapat memperdengarkan rekaman atau MP3 masteran untuk burung kutilang anda pada saat pagi hari. Atau saat yang lain yang mana burung anda cenderung aktif dalam berkicau.

Anda bisa memutarnya dengan melalui hp, ataupun alat pemutar musik lainnya yang gampang untuk diubah dan dibawa ke mana saja.

Mengganti Air Minum Dengan Rutin

Air minum merupakan salah satu hal yang paling penting dalam hal perawatan burung, tak terkecuali untuk burung kutilang.

Menggunakan air minum yang sehat, burung kutilang anda bisa tumbuh secara baik. Sistem pencernaan serta peredaran darahnya akan menjadi lancar serta kuat.

Jadi, burung kutilang anda akan menjadi tahan terhadap serangan penyakit.

Dianjurkan anda rutin mengganti air minum burung kutilang anda setiap hari paling satu kali per hari.

Siapkan air baru dalam jumlah yang cukup supaya burung kutilang anda meminumnya dari tempat itu.

Pemberian air yang rutin ini juga bisa membantu kicauan burung kutilang anda semakin bertenaga.

Komentar Facebook

Komentar Blog