Cara Membuat Trucukan Ropel Panjang dan Gacor Sepanjang Hari

Trucukan merupakan salah satu jenis burung kicauan yang populer dari dulu. Keistimewaan burung kicauan ini terletak pada suara ropelnya yang sangat khas. Agar burung Trucukan peliharaan Anda bisa menjadi istimewa, maka Anda harus tahu cara membuat Trucukan ropel panjang setiap harinya.

Cara Membuat Trucukan Ropel Panjang
freepik.com

Cara Membuat Trucukan Ropel Panjang dan Gacor

Burung Trucukan yang memiliki suara ngropel panjang sebenarnya sudah bisa dikenali sejak usia burung ini masih muda atau bakalan. Meski suara ngropel panjang sudah terlihat sejak burung masih bakalan, Anda masih perlu melatihnya.

Nah, berikut ini adalah cara membuat burung Trucukan ropel panjang dan gacor yang bisa Anda praktekkan di rumah dengan mudah.

1. Berikan Trucukan Pisang Kepok

Agar burung Trucukan yang Anda pelihara bisa ropel panjang, anda jangan lupa untuk selalu memberikan pakan utamanya, yaitu pisang kepok. Perlu Anda ketahui, jika di habitat aslinya Trucukan suka sekali memakan buah-buahan.

Maka dari itu, dalam kesehariannya Anda bisa memberikan pisang kepok yang matang. Meskipun sudah mau makan voer, pemberian buah-buahan ini sangat penting untuk kondisi kesehatan burung Trucukan.

2. Lakukan Pengembunan Trucukan

Cara membuat Trucukan ropel panjang selanjutnya yaitu dengan cara melakukan terapi pengembunan. Anda bisa mengembun-embunkan burung Trucukan pada saat waktu subuh. Pengembunan bisa Anda lakukan kira-kira pukul 4 sampai dengan 5 pagi.

Biasanya terapi pengembunan ini bisa menjadikan suara burung Trucukan cepat ngropel. Hal ini disebabkan karena burung Trucukan di habitat aslinya memang suka dengan embun pagi.

3. Rajin Memandikan Trucukan

Agar burung Trucukan bisa ngropel dengan durasi yang panjang, maka cara yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu dengan rajin memandikannya. Anda bisa memandikannya di setiap pagi hari.

Gunakanlah wadah atau cepuk mandi khusus ketika Anda akan memandikannya. Atau bisa juga Anda memandikannya dengan cara menyemprotkan bagian tubuhnya hingga basah kuyup.

4. Rutin Melakukan Penjemuran

Sesudah Anda selesai memandikan burung Trucukan, maka jangan lupa melakukan perawatan selanjutnya dengan melakukan penjemuran di bawah sinar matahari. Jangan sembarangan menjemur burung Trucukan. Karena tidak semua waktu baik untuk melakukan proses penjemuran ini.

Untuk penjemuran yang baik untuk burung Trucukan bisa Anda lakukan mulai jam 6 sampai jam 8 pagi. Ketika proses penjemuran tersebut sudah selesai, selanjutnya Anda bisa mengangin-anginkan Trucukan. Dengan demikian, burung Trucukan peliharaan Anda bisa mengeluarkan suara ropel durasi panjang.

5. Berikan Makanan Tambahan Untuk Burung Trucukan

Jangan lupa dalam perawatannya sehari-hari Anda harus bisa rutin memberikan pakan tambahan atau ekstra fooding (EF). Walaupun burung Trucukan termasuk salah satu jenis burung yang termasuk pemakan buah-buahan, jangan lupa juga untuk memberikan serangga untuk dijadikan sebagai pakan tambahannya.

Untuk jenis serangga yang bisa Anda berikan sebagai pakan tambahan burung Trucukan antara lain seperti jangkrik, ulat hongkong juga Kroto. Anda bisa memberikan 3 sampai 5 ekor jangkrik dalam setiap hari.

Nah, bila lingkungan sekitar Anda kondisinya sedang terasa dingin, maka Anda bisa coba memberikan ulat hongkong. Berikan juga kroto untuk mendongkrak birahinya. Pemberian kroto ini bisa Anda lakukan seminggu sekali saja.

Berbagai cara membuat Trucukan ropel panjang tersebut bisa Anda terapkan dalam perawatan harian burung peliharaan Anda di rumah. Dengan perawatan yang baik dan nutrisi yang cukup, maka Trucukan peliharaan Anda bisa menghasilkan kicauan yang berkualitas dan pastinya bisa ropel panjang.

Update Info Terbaru