Top 6 Cara Membuat Jebakan Burung Sederhana dan Mudah

Cara membuat jebakan burung bisa anda pelajari untuk menangkap burung liar yang ada di alam bebas secara mudah. Bagi anda para penghobi burung pastinya ingin memelihara burung liar setelah mendengar kicaunya yang merdu ataupun penampilannya yang menarik.

Jebakan untuk menangkap burung tak sesulit yang anda bayangkan. Anda bisa membuat jebakan burung dengan alat dan bahan yang mudah ditemukan. Tak hanya itu, prosesnya juga sederhana sehingga bisa dibuat secara cepat. Meski pemula, anda tak perlu ragu untuk membuatnya.

youtube.com

Cara Membuat Jebakan Burung

Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan beberapa cara membuat jebakan burung selengkapnya untuk anda. Pastikan anda mencoba membuatnya dan praktekkan untuk menangkap burung yang berkeliaran bebas di sekitar tempat tinggal anda.

1. Batang Pohon

Salah satu cara membuat jebakan burung sederhana dan mudah yang bisa anda coba yaitu memanfaatkan batang pohon. Caranya cukup simpel. Anda hanya perlu memilih batang pohon yang lentur. Kemudian ikan dengan tali dan bengkokkan. Setelah itu, kaitkan dengan umpan.

2. Tangkringan

Selain batang pohon yang lentur, anda juga bisa membuat jebakan burung dengan tangkringan. Langkahnya sebenarnya sama seperti cara yang pertama. Hanya saja, anda harus menambahkan tangkringan dan memasangnya di batang pohon.

Saat nantinya burung hinggap di tangkringan tersebut, burung akan langsung terperangkap. Cara yang satu ini sudah banyak dibuktikan oleh para penghobi burung. Anda pun tak perlu ragu untuk ikut mempraktekkan cara membuat jebakan ini.

3. Botol Bekas

Tak hanya cara membuat jebakan burung di pohon yang perlu anda coba, akan tetapi juga perangkap dengan botol bekas. Cara membuat jebakan burung dari botol cukup sederhana. Hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu menyiapkan alat dan bahannya.

Adapun alat yang perlu anda siapkan meliputi satu botol plastik bekas bening yang ukurannya sedang, dua baut, satu gantungan baju berbahan besi, satu solder, satu gergaji kecil, kawat pengikat dan pakan untuk burung pemakan biji-bijian.

Mengenai cara membuatnya, anda harus memotong gantungan baju besi terlebih dahulu. Setelah itu, bentuklah sesuai dengan pola ukuran botol bekas yang anda gunakan. Selain itu, sesuaikan juga dengan pola engsel pintu.

Langkah selanjutnya, anda bisa membuat dua lubang kecil di bagian botol plastik bekas. Lubang ini digunakan untuk baut dan engsel pintu. Kemudian potong bagian bawah botol bekas tersebut untuk nantinya digunakan sebagai pintu masuk burung.

Bagian bawah tersebut bisa anda ikat dengan potongan gatungan baju besi. Anda bisa mengikatnya dengan kawat. Beralih ke bagian leher botol, anda bisa menggergajinya sedikit agar bisa mengunci perangkap secara baik. Tambahkan juga pakan berupa biji-bijian di bagian tersebut.

Supaya posisinya bisa seimbang, anda bisa menambahkan batang kayu kecil di bagian alasnya. Setelah itu, anda bisa menaburkan biji-bijian di sekitar jebakan yang anda buat untuk mengundang lebih banyak burung liar sehingga mendekat.

4. Jaring

Cara membuat jebakan burung yang bisa anda coba lainnya yaitu menggunakan jaring atau net. Selain jaring, anda juga perlu menyiapkan paku, lempengan alumunium atau seng, kawat tali yang tebal dan meja kayu. Penggunaan meja kayu ini juga bisa digantikan dengan multipleks ataupun plywood.

Setelah anda menyiapkan semua alat dan bahannya, anda bisa memasang pin di bagian tengahnya. Dimana pin tersebut dibuat dengan kawat yang potongannya kecil-kecil. Kemudian dibengkokkan hingga bentuknya menjadi kurva.

Langkah selanjutnya, ambil kawat. Bagian ujungnya bisa dimasukkan lewat lubang pin yang sudah anda pasang tadi. Lakukan hal tersebut sampai ke semua ujung kawat sampai berbentuk lingkaran. Pastikan lebar diameternya tak lebih dari lebar papannya.

Untuk membuat pegas, anda bisa membuat bengkokan pada salah satu ujung kawat. Kemudian lakukan hal tersebut pada ujung satunya. Cobalah untuk mengangkat kawatnya. Apabila kawat kembali ke posisinya, maka anda bisa pasang pin untuk menahan jeratan.

Cara membuat jebakan burung selanjutnya yaitu membuat pemicu dengan memanfaatkan alumunium. Kemudian buat pin dengan bentuk kotak dan pasang di tengah jeratan. Tempatkan flat alumunium tadi ke lubang pin tersebut.

Potong kawat dan masukkan pada bagian belakang pin untuk menahan jaring. Sementara ujung lainnya diposisikan ke lubang yang ada pada flat alumunium. Kemudian pasang jaring pada kawat yang dibentuk melingkar tadi. Ikat dengan tali kabel.

Jika sudah, pasang dua paku. Jebakan sudah bisa digunakan. Anda bisa meletakkan jebakan ini di atas pelatuk alumunium tadi. Saat burung mengambil pakan, pelatuk akan melepas kawat. Jaring pun akan langsung menutup tubuh burung. Jebakan ini cocok untuk menangkap burung yang lepas dari sangkarnya.

5. Tali

youtube.com

Cara membuat jebakan burung dari tali juga tak kalah menarik untuk dibahas. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan tali bersimpul dan diikat di tiang kayu. Anda bisa memasang jebakan ini di tempat yang sering dipijak burung.

Setelah itu, tancapkan ujung kayu yang runcing ke tanah. Kemudian potong tongkat dengan ukuran 6 inci untuk dimasukan ke dalam lubang dengan fungsi sebagai pengganjal dari tali. Bagian ini juga berperan penting sebagai pijakan burung.

Langkah selanjutnya, anda bisa mengikat batu pada bagian ujung tali yang telah melalui lubang. Sedangkan bagian ujung tali lainnya bisa dibuat simpul jebakan. Anda bisa meletakkannya di bagian tangkringan. Dimana tangkringan ini sendiri memiliki fungsi untuk menahan batu agar tak jatuh.

Agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya, anda bisa memasukan sedikit saja bagian kayu tangkringan ke lubang. Saat ada burung yang menginjaknya, maka batu secara otomatis akan langsung menarik simpul jerat. Tali pun akan mengikat kedua kaki burung. Anda pun bisa langsung mendekat dan menangkapnya. Jangan terlalu lama karena akan menyakiti burung tersebut.

6. Getah

Getah juga bisa anda gunakan untuk membuat jebakan burung. Adapun getah yang bisa anda manfaatkan diantaranya yaitu getah sawo, getah nangka, getah karet dan lain sebagainya. Getah digunakan sebagai pulut untuk mengelem kaki burung yang hinggap di jebakan.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu memasang sangkar burung di pohon yang rindang. Di sangkar tersebut, anda bisa tempatkan satu atau dua burung lengkap dengan pakannya. Selain itu, anda juga perlu memasang mp3 yang isinya beragam kicau burung. Pastikan burung yang ada di dalam sangkar sama jenisnya dengan suara burung yang diputar pada mp3.

Mp3 kicau burung ini akan mengundang burung liar untuk mendekat. Jangan lupa untuk mengoleskan getah pulut di sekitar sangkar burungnya. Saat ada burung liar yang hinggap, maka otomatis kakinya akan kena lem sehingga tak akan bisa terbang.

Cara membuat jebakan burung memang mudah. Apalagi alat dan bahannya juga sederhana. Meski belum berpengalaman sebelumnya, anda tetap bisa membuatnya. Dengan mengikuti beberapa cara membuat perangkap burung di atas, anda bisa menangkap burung liar secara mudah.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar