Cara Membedakan Kelamin Dan Merawat Burung Jalak Kebo

Burung jalak sampai dengan saat ini memang masih menjadi favorit dari sebagian besar masyarakat sebagai burung peliharaan ataupun burung kicauan. Burung jalak juga terdiri dari berbagai  macam jenis, salah satunya adalah burung jalak kebo.  Jalak kebo sendiri merupakan suatu jenis burung jalak yang mana banyak dicari oleh masyarakat, khususnya para pecinta burung ataupun kicau mania, ada banyak sekali hal yang mana menyebabkan jenis dari burung jalak tersebut banyak dicari oleh para pecinta burung jalak karena jalak kebo ini sendiri memiliki suara kicauan yang memang lebih keras dan juga merdu.

Di kalangan pecinta burung, jalak kebo ini juga sering kali disebut dengan jalak kerak ataupun jalak hitam. Dulunya sebelum jalak tersebut dijadikan sebagai suatu burung peliharaan, burung tersebut sering kali dijadikan sebagai salah satu menu makanan yang ada di restoran karena burung tersebut memiliki daging yang bisa dibilang enak dan juga empuk untuk disantap, seperti burung puyuh. Namun seiring dengan perkembangan zaman, sekarang ini jalak kebo ini sudah tidak lagi dijadikan sebagai salah satu menu masakan karena burung ini juga memiliki kepintaran dalam menirukan suara manusia.

Dan karena kepintaran yang dimiliki tersebut, sekarang ini jalak kebo ini banyak dijadikan sebagai burung peliharaan ataupun burung kicauan yang ada di beberapa rumah. Tetapi tidak sedikit pula pecinta burung yang mana menjadikan burung ini sebagai burung masteran untuk melatih beberapa jenis burung kicau yang lainnya seperti burung cucak ijo salah satunya. Dan untuk Anda yang memang sekarang ini ingin memelihara burung dengan jenis jalak kebo ini sebagai burung pelatih ataupun burung kicau, maka Anda perlu untuk mengetahui lebih dulu jika burung yang mana bagus digunakan sebagai burung pelatih adalah jalak kebo yang jantan.

Untuk mereka yang memang sudah lama bermain dalam dunia burung, tentu saja sudah sangat mudah dalam membedakan burung jalak jantan dan juga burung betina. Tetapi untuk Anda yang memang masih pemula dan masih bingung dalam menentukan jenis kelaminnya, maka tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya lebih mendalam.

Cara Membedakan Kelamin Burung Jalak Kebo

Pada dasarnya untuk membedakan jenis kelamin dari burung jalak kebo sendiri cukup sederhana, dan berikut ini adalah cara membedakannya:

  1. Untuk burung jenis jalak kebo yang jantan cenderung memiliki fisik dan juga badan yang lebih besar dibandingkan jalak kebo betina. Kemudian juga memiliki bentuk kepala yang mana cenderung kotak dan paruh dari jalak kebo jantan lebih kokoh serta besar. Lalu jalak kebo jantan sendiri memiliki ekor yang mengumpul di tengah serta kicauan dari jalak kebo jantan sendiri lebih cerewet dan juga plong dan juga lebih merdu.
  2. Kemudian untuk jalak kebo betina sendiri cenderung memiliki fisik tubuh yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jalak kebo jantan. Kemudian memiliki bentuk kepala yang cenderung bulat atau bunder. Lalu jalak kebo betina ini memiliki paruh yang mana lebih tipis serta pendek serta ekornya cenderung menyebar ataupun mengipas.

Cara Merawat Burung Jalak Kebo

Jika Anda sudah mengerti dan paham tentang bagaimana cara untuk membedakan burung jalak kebo jantan dan betina, maka Anda juga perlu untuk mengetahui bagaimana cara merawat burung jalak tersebut agar nantinya burung jalak tersebut lebih berkualitas dan juga sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Dan berikut ini adalah cara perawatannya:

  1. Yang pertama adalah burung jalak tersebut perlu dimandikan di setiap pagi dengan menggunakan cara disemprot menggunakan spray ataupun jika memang memungkinkan, Anda bisa memberinya sebuah cepuk agar nantinya burung tersebut bisa lebih leluasa dalam mandinya. Anda bisa memandikannya di setiap jam 7 ataupun 8 pagi, ataupun bisa juga tergantung dari situasi dan jika memang kondisi cuaca sedang hujan, maka Anda bisa memandikannya sedikit lebih siang. Biasanya jenis jalak kebo ini jika sudah disesiakan tempat untuk mandi atau sebuah cepuk, burung tersebut akan langsung masuk dan mandi dengan sendirinya lebih puas. Jika memang Anda ingin burung tersebut puas dalam mandinya, maka Anda bisa meniapkan sebuah tempat yang memiliki diameter 20 sampai dengan 25 cm dan tinggi volume air 8 sampai dengan 9 cm. Dan jangan lupa jika Anda meletakkan cepuk tersebut ke dalam sangkar, maka setelah jalak tersebut selesai mandi, Anda harus mengampil cepuk tersebut kembali.
  2. Kemudian yang kedua adalah Anda bisa melakukan penjemuran kurang lebih selama 1 jam jika memang matahari benar – benar cerah, dan jika memang matahari tidak begitu cerah, maka bisa menjemurnya lebih dari 1 jam. Pada dasarnya jalak kebo tersebut termasuk ke dalam jenis burung yang mana siap dan juga tahan pada panas matahari, dan jika memang sudah selesai dijemur, maka Anda bisa mengangin – anginkannya sebentar di teras.
  3. Lalu yang ketiga adalah Anda bisa menyediakan makanan yang cukup seperti buah – buahan segar, kemudian voer yang berkualitas ataupun makanan tambahan yang lainnya. Namun yang perlu diingat adalah Anda harus konsekuensi dalam memberikan makanan tersebut serta disesuaikan dengan porsinya.
  4. Anda juga bisa memberikan makanan tambahan untuk burung tersebut dengan jangkrik di setiap paginya dengan jumlah 2 sampai dengan 3 ekor, kemudian pada sore hari bisa diberikan 2 sampai 3 ekor kembali. Seain itu juga bisa menambahkan makanan tambahan lain seperti ulat hongkong cukup satu sendok makan saja untuk 2 sampai dengan 3 hari. selain itu Anda juga perlu memberikan kroto sebagai variasinya.
  5. Lalu Anda juga perlu melakukan pemasteran suara, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan suara burung asli yang mana didekatkan dengan jalak kebo tersebut dengan beberapa jenis burung yang memiliki suara unik dan juga sudah gacor. Selain itu Anda juga bisa menggunakan suara burung yang mana sudah berbentuk mp3, jika memang tidak punya, maka Anda bisa mendownloadnya dari internet. Anda juga bisa menyeting suara tersebut agar nantinya burung jalak tersebut agar dapat berlatih dan juga terbiasa dengan suara tersebut.
  6. Dan yang tidak kalah penting, Anda bisa membuat suasana pada sekitar rumah menjadi lebih ramah pada burung tersebut, dalam artian usahakan untuk membuat burung jalak jenis kebo tersebut merasa tidak terganggu dan merasa tidak nyaman dengan berbagai penggoda yang bisa saja sengaja untuk menggoda ataupun karena tidak tahu dan juga hanya sekedar iseng saja. Jadi untuk kenyamanan burung tersebut, maka sebaiknya hal tersebut harus dihindari karena nantinya juga bisa berpengaruh pada kondisi fisik dan juga psikis dari jalak kebo itu sendiri. Selain itu juga secara tidak langsung bisa mempengaruhi seni dan juga kualitas suara serta ocegan dari jalak kebo itu sendiri.

Tinggalkan Komentar