Cara Melepas Ring Pada Kaki Burung yang Harus Anda Ketahui

Ring yang terpasang pada kaki burung peliharaan merupkan identitas seekor burung dari peternakan yang dipasang. Pemasangan biasanya ketika burung masih berusia 6 sampai dengan 12 hari. Karena pada usia teraebut kaki anakan burung ukurannya masih kecil dan elastis. Dengan demikian bisa lebih gampang dipasang ring untuk dijadikan sebagai tanda pengenalnya.

Saat usianya bertambah, kaki burung yang medang menimbulkan ring menjadi sempit dan usang kelamaan. Dan ini bisa membuat kaki burung menjadi sakit. Bahkan, jika ini dibiarkan burung tersebut bisa mengalami infeksi serta bisa sampai mengalami cacat fisik.

omkicau.com

Cara melepas ring pada kaki burung yang seperti itu yaitu ring nya harus dipotong. Karena rata-rata peternak dengan closed ring untuk dijadikan sebagai identitas peternakannya.

Untuk memotong ring pada kaki burung sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Tujuannya agar tidak melukai kaki burung serta bisa mengakibatkan masalah baru. Dengan demikian, sebaiknya ketelitian dan pengetahuan perihal cara memotong ring pada kaki burung yang benar.

Cara Melepas Ring Pada Kaki Burung

Sebelum anda memotong ring tersebut, sebaiknya kita periksa dulu jenis ring yang digunakan. Karena ada beberapa jenis ring yang biasa digunakan oleh para peternak guna memperlihatkan identitas pada burung hasil penangkarannya. Diantaranya closed ring (ring biasa) dan open ring (ring yang sanggup dibuka dan pada umumnya ini dipasang pada burung dewasa).

Pemotongan Dengan Ring Cutter

Dalam memotong ring pada kaki burung, biasanya memakai peralatan khusus yang memang dibentuk khusus untuk memotong ring burung. Khususnya untuk jenis closed ring (ring biasa). Alat ini disebut dengab Ring Cutter. Bentuknya seperti gunting/tang dengan belahan ujungnya tajam yang bisa untuk memotong ring yang terbuat dari materi alumunium.

Pemotongan Ring Dengan Kikir

Cara melepas ring pada kaki burung bisa dilakukan dengan menggunakan kikir. Apabila kita dengan memakai kikir atau gergaji besi untuk memotong ring. Sebaiknya kaki burung bisa dibalut dengan memakai plester atau solatip jika ring tersebut masih longgar.

Langkahnya bisa anda lakukan dengan menarik ring ke atas sampai pada lutut burung. Selanjutnya ditempel plester atau solatip untuk melindungi kakinya supaya tidak terkena kikir. Pemotongan ring dengan memakai kikir dilakukan dalam posisi vertikal, dan pegang badan burung. Selanjutnya gergaji dengan hati-hati dengan kikir yang tajam.

instazu.com

Lalukan pemotongan ring ini secara bertahap bertahap diselingi istirahat selama beberapa menit. Supaya ring tidak menjadi panas karena selalu bergesekan dengan kikir atau gergaji besi. Sesudah ring pada kaki burung sudah terpotong sebagian, pakailah peralatan khusus untuk mencongkel ring dari kaki burung.

Cara melepas kaki ring dengan menggunakan kikir atau gergaji besi sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan jangan tergesa-gesa. Karena, apabila sampai meleset sedikit saja maka kaki burung bisa tergores dan juga bisa terluka.

Dan sesudah ring terlepas, selanjutnya anda bisa plester dilepas dan kaki burung dicuci sampai higienis dengan memakai air hangat. Selanjutnya anda bisa mengoleseinya dengan minyak tawon sampai merata.

Dan sesudah itu, burung bia dimasukkan kembali ke dalam kandangnya. Selanjutnya burung tersebut bisa digantang di kawasan yang sepi. Tujuannya tak lain supaya burung bisa merasa nyaman dan tidak stres. Anda juga bisa memberikannya Ekstra fooding (EF) dalam jumlah yang banyak supaya burung merasa bahagia serta kondisinya cepat pulih.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar