Cara Budidaya Bebek yang Baik dengan Hasil Menguntungkan

Cara budidaya Bebek dapat anda tekuni mulai dari sekarang. Peluang usaha ini jelas memberikan keuntungan yang besar.

Mengingat, minat masyarakat sendiri yang cukup tinggi untuk mengkonsumsi Bebek. Selain dagingnya yang gurih dan empuk, telurnya pun memiliki cita rasa yang lezat.

Tak heran bila setiap tahunnya, permintaan Bebek baik daging maupun telurnya selalu mengalami peningkatan. Tak ada salahnya bila anda mencoba usaha ini.

Cara Budidaya Bebek yang Baik dengan Hasil Menguntungkan
paktanidigital.com

Cara Budidaya Bebek yang Baik dengan Hasil Menguntungkan

Sebelum mengulas lebih dalam lagi bagaimana cara membudidayakan Bebek agar berhasil dan mendapatkan keuntungan yang tinggi, maka sangat penting untuk mengetahui perbedaan Bebek jantan dan betina. Hal ini dilakukan dengan tujuan, supaya proses budidaya yang dilakukan semakin berhasil.

Untuk dapat membedakan Bebek jantan dan betina, dapat dilihat dari karakteristiknya, mulai dari warna bulu, suara, hingga bentuk ekornya. Ketika musim kawin, Bebek jantan memiliki warna bulu tampak mengkilap, sedangkan warna bulu Bebek betina terlihat lebih kusam.

Jika diperhatikan secara seksama, Bebek jantan memiliki suara yang lebih lembut dan tidak terlalu keras, sedangkan untuk Bebek betina, cenderung memiliki suara lebih keras.

Untuk bagian ekornya, Bebek betina, bentuk ekornya tidak melengkung, sedangkan Bebek jantan ujung ekornya terlihat melengkung ke atas. Setelah mengetahui perbedaannya dengan pasti, mulailah kita dapat melakukan tahapan budidayanya. Berikut ini cara budidaya bebek yang dapat anda lakukan di rumah.

Persiapan Wadah Budidaya

Mempersiapkan wadah untuk budidaya Bebek merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Wadah ini berupa kandang yang sesuai dengan kenyamanan Bebek.

Pastikan kandang tidak terlalu sempit, jaga kondisi kadang agar tetap kering dan sesuaikan kelembabannya. Selain itu, kadang juga harus memiliki kondisi yang bersih terutama dari kotoran.

Usahakan kandang memiliki pencahayaan yang cukup. Perlu diperhatikan juga, kandang harus terhindar dari hewan pengganggu lainnya.

Persiapan Bibit

Proses pembibitan merupakan salah satu cara budidaya bebek yang tak kalah pentingnya. Pada proses ini justru yang harus lebih diperhatikan.

Untuk membuat proses budidaya semakin lancar dan berhasil, maka pilih Bebek dengan bibit berkualitas, sehat, tidak cacat, dan tidak berpenyakit. Dari bibit Bebek yang baik, maka akan menghasilkan telur maupun anakan yang baik pula.

Selain itu, tentukan jenis Bebek yang akan dibudidayakan. Terdapat dua pilihan, ingin membudidayakan Bebek petelur atau Bebek pedaging.

Jika budidaya Bebek petelur, maka cukup telurnya saja yang akan dipanen. Namun, jika memilih budidaya Bebek pedaging, maka setelah telur menetas, anda harus melakukan perawatan lagi, hingga Bebek tumbuh dewasa dan baru melakukan pemanenan.

Tak lupa juga, pastikan Bebek yang hendak dikawinkan sudah cukup umur. Dengan kata lain, Bebek sudah matang dan siap untuk dikawinkan. Agar lebih mudah lagi, pisahkan Bebek kecil dengan Bebek dewasa.

Cara Budidaya Bebek
beternak.net

Perawatan Induk Bebek

Cara budidaya Bebek selanjutnya adalah melakukan perawatan Bebek yang siap untuk jadi indukan. Dalam tahapan perawatan ini berkaitan dengan cara pemberian pakan yang tepat.

Terdapat dua macam pakan yang dapat diberikan, yaitu pakan alami seperti keong sawah, dan pakan buatan, semacam konsentrat atau pakan pabrikan. Untuk pakan sendiri, pastikan pakan yang anda berikan mengandung nutrisi yang  lengkap dan sesuai dengan kebutuhan induk Bebek.

Hal ini dilakukan agar induk selalu dalam keadaan sehat dari proses perkawinan hingga mengeluarkan telur. Selain itu, induk juga dapat menghasilkan telur dalam jumlah yang banyak.

Demikianlah cara budidaya bebek yang bisa kita lakukan. Jika segala persiapan budidaya sudah terpenuhi dengan baik, saat musim kawin tiba, Bebek akan mulai melakukan proses perkawinan. Setelah proses perkawinan selesai, dan Bebek menghasilkan telur, maka anda dapat melakukan pemanenan.