Cara Beternak Nuri Pelangi Paling Mudah Dilakukan

Burung nuri pelangi yang kerap dinamakan dengan perkici pelangi merupakan jenis burung paruh bengkok yang memiliki ciri khas yang cantik. Tak heran jika banyak orang yang saat ini memelihara dan menjadikan nuri pelangi ini untuk diternakkan. Cara beternak nuri pelangi juga cukup mudah.

Berbagai macam usaha dilakukan supaya burung nuri peliharaan anda bisa dilatih dan juga bisa menirukan aneka ragam jenis suara. Suara yang dikeluarkan burng ini banyak memukai para kicaumanis yang ada di berbagai wilayah.

Singing-Wings-Aviary.com

Cara Beternak Nuri Pelangi

Apabila anda semua ingin memulai ternak nuri pelangi terutama yang diperoleh dari liar, maka memerlukan waktu yang cukup lama untuk menjinakkan burung ini. Supaya bisa lebih jelas, anda bisa melihat cara beternak nuri pelangi sepeti berikut ini;

1. Mengenal Karakter Nuri Pelangi

Sebelum anda memutuskan untuk ternak burung ini, sebaiknya anda semuanya bisa mengenali lebih jauh karakteristik dari burung ini. Burung nuri pelangi mempunyai panjang tubuh kurang lebih 25 sampai dengan 30 cm.

Tubuhnya juga memiliki warna yang sangat cerah. Pada bagian kepalanya berwarna biru gelap, paruh jingga, leher kuning kehijauan, selain itu juga ada warna hijau dan merah yang ada di bagian tubuh lainnya.

2. Membedakan Jenis Kelamin

Harus anda ketahui jika nuri pelangi termasuk jenis burung monomorfik seksual. Jadi sedikit sulit untuk dilihat perbedaannya dari jenis kelamin. Sebab, untuk penampilan betina dan jantan bisa dikatakan mirip. Ketika anda semuanya ingin ternak nuri pelangi, anda harus bisa membedakan jenis kelamin. Tujuannya tak lain agar bisa menghasilkan keturunan yang banyak dan berkualitas.

Shutterstock.com

3. Pakan Anakan Nuri Pelangi

Burung nuri pelangi termasuk salah satu jenis burung pemakan buah dan juga pemakan biji bijian. Buah yang paling disukai oleh burung nuri pelangi yaitu berupa pepaya, apel serta buah jeruk.

Lalu, untuk jenis pakan biji bijian anda dapat memberikannya biji millet merah dan biji kuaci. Tapi, untuk anakan burung nuri pelangi terlebih yang disapih saat umur 12 hingga 14 hari,berikan pakan lolohan yang halus.

Untuk pakannya, anda juga dapat menambahkan tulang sotong yang telah dihaluskan. Setelah itu anda bisa letakkan pada sendok kecil setelah itu dilolohkan pada burung agar tidak mudah terserang penyakit.

Kemudian, untuk anak burung nuri pelangi yang usianya 3 sampai dengan 4 minggu, maka anda semuanya bisa mulai untuk memberikan pakan buah atau biji bijian. Kemudian, apabila sudah masuk usia 1 bulan, maka burng nuri pelangi bisa makan sendiri dan anda tak perlu melolohnya.

4. Pakan Nuri Pelangi Dewasa

Untuk pakan nuri pelangi yang dewasa, anda dapat memadukannya. Tujuannya agar kebutuhan gizi burung dapat terpenuhi. Untuk beragam campuran pakan dan cara yang dapat anda berikan untuk nuri pelangi diantaranya yaitu seperti berikut ini.

Berikan campuran buah dan sayuran segar. Nuri pelangi dapat anda berikan buah seperti apel, pisang, wortel, anggur, sayuran hijau serta labu yang telah dimasak. Namun, sebaiknya anda tidak terlalu banyak memberikan buah yang kandungan gulanya tinggi. Sebab ini merupakan penyebab bulu rontok pada burung nuri.

Anda juga jangan memberikan coklat, kudapan asin atau yang terlalu manis. Jangan juga memberikan makanan berminyak, kacang kering atau yang mentah. Hindari juga memberikan buah alpukat, kemangi serta bawang. Sebab, ini termasuk jenis makanan beracun untuk burung nuri pelangi. Yang mana dapat mengakibatkan serangan jantung dan bisa mengalami kematian.

5. Persiapan Kandang

Cara beternak nuri pelangi selanjutnya yaitu dengan mempersiapkan kandang. Untuk ukuran kandang yang paling tepat saat ternak burung ini yaitu 1 x 1.25 meter. Tingginya kurang lebih 1.9 meter.

Mungkin ukuran tersebut bisa dikatakan hampir sama dengan ukuran kandang yang digunakan untuk ternak lovebird koloni. Sebab, untuk ternak jenis burung ini membutuhkan tempat yang lebih luas.

Pada bagian dinding anda dapat membuatnya dari bahan strimin atau kawat baja dan kerangka yang terbuat dari kayu. Tak hanya itu saja, anda semuanya perlu menambahkan glodok untuk dijadikan sebagai tempat nuri pelangi bertelur. Biasanya dibuat dengan menggunakan kayu yang memiliki ukuran 35 x 20 x 20. Bagian dalamnya anda bisa menambahkan serabut kelapa.

6. Peletakkan Kandang

Nuri pelangi juga merupakan jenis burung yang suka bersosialisasi. Ketika berada di alam liar, burung ini biasanya akan tinggal bersama dengan sekelompoknya dan akan terus bersosialisasi dengan kawanan tersebut.

Maka dari itu, sebaiknya jangan mengasingkan peletakkan kandang. Karena ini justru bisa menimbulkan rasa cemas serta stres untuk burung nuri. Nuri pelangi justru akan lebih senang jika ada di area keramaian yang banyak manusia berlalu lalang. Tak hanya itu, jauhkan kandang burung ini dari hewan peliharaan lain. Sebab dapat mengakibatkan stress pada burung.

7. Siapkan Tempat Mandi

Burung nuri pelangi juga termasuk jenis burung yang suka berendam. Dengan demikian, anda semuanya harus menyiapkan tempat untuk mandi serta berendam. Selain itu, burung ini juga sangat gemar minum pada air yang dipakai untuk berendam. Maka,sebaiknya anda hindari memberikan suplemen di air. Karena bakteri bisa tumbuh dengan lebih cepat di dalamnya.

8. Bersihkan Sangkar

Sangkar atau kandang burung nuri pelangi sebaiknya juga dibersihkan dengan teratur pada bagian bawahnya kurang lebih 2 kali sehari. Anda semuanya juga bisa membuang alas kandang dan menggantinya dengan yang baru. Lalu bersihkan seluruh sisa pakan dan juga wadah pakan serta minumannya.

Tak hanya itu saja, bersihkan kemudian ganti tempat pakan dan juga wadah air setiap hari. Anda juga bisa menggantinya dengan air atau pakan yang baru dan bersih. Buang segera pakan yang mungkin dirasa mudah busuk. Supaya tidak menjadi sarang bakteri, setelah makanan tidak habis, maka anda bisa langsung menggantinya.

9. Proses Bertelur Nuri Pelangi

Induk betina dari burung nuri pelangi biasanya akan bertelur jumlahnya sekitar 1 sampai dengan 3 butir telur dalam tiap kali periode peneluran. Selanjutnya, untuk masa pengeraman yaitu antara 25 sampai dengan 26 hari.

Indukan betina selanjutnya akan mengeramkan telur. Kemudian, untuk yang jantan bertugas untuk menjaga sarang dan juga bisa memberi makan untuk pasangannya. Setelah telurnya menetas, indukan betina dan jantan akan saling merawat anaknya/ Burung nuri pelangi bisa bereproduksi sampai 5 kali dalam setahun jika diberikan perawatan yang baik dan benar.

10. Merawat Anakan Dalam Gelodok

Biasanya, anakan nuri pelangi saat umur 12 hingga 14 hari akan disapih. Sebab, di umur ini, mata anakan nuri pelangi mulai terbuka sepenuhnya. Akan tetapi, apbila masih belum bisa merawat anakan burung ini dengan baik, maka penyapihan dapat anda lakukan ketika berumur 8 minggu. Sebab, setelah itu anakan nuri pelangi mulai keluar dari sarang. Jadi sudah lebih mudah dirawat.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar