3 Jenis Burung Yang Mengeluarkan Bau Busuk Untuk Perlindungan

Sebagian hewan mempunyai aroma yang sangat tidak sedap. Akan tetapi bau tak sedap yang mereka keluarkan begitu berguna untuk kelangsungan hidup mereka.

Aroma tersebut dapat menjadi senjata mereka untuk menghadapi predator. Untuk anda yang tidak tahan, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan beberapa hewan yang memiliki bau tersebut.

Selain baunya sangat menyengat, juga ada juga beberapa yang bahaya jika aromanya tercium oleh manusia. Misalnya saja dari jenis burung.

Banyak sekali burung yang mengeluarkan bau busuk yang tujuannya untuk melindungi dirinya dari serangan hewan predator.

Mungkin jenis jenis burung yang bau ini juga jarang dipelihara oleh pecinta burung kicauan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis burung yang mengeluarkan bau busuk.

Burung Hud Hud

Burung Yang Mengeluarkan Bau Busuk
Burung Yang Mengeluarkan Bau Busuk

Burung hud hud juga termasuk burung yang mengeluarkan bau pusuk. Terutama pada saat merasa terancam, burung paling aneh ini akan menyemprotkan kotorannya ke mata binatang yang akan mencoba untuk menyerangnya.

Inilah keunikan dari burung hud-hud yang akan membalikkan tubuhnya dan kemudian mengarahkan pantatnya pada hadapan musuhnyak yang mendekat.

Apabila strategi ini tak membuahkan hasil, atau tidak mengenai sasaran, maka burung ini akan membalut tubuhnya dengan bau yang teramat sangat busuk.

Burung Kayu Hijau

Burung kayu hijau adalah jenis burung yang mengeluarkan bau busuk. Burung yang mempunyai habitat asli pada kawasan hutan tropis Afrika biasanya akan mengarahkan ekornya pada hewan yang mengancam dengan mengeluarkan aroma yang sangat busuk.

Kandungan bahan kimia yang tedapat dalam cairan itu yaitu dimentil sulfida yang memberikan aroma seperti bau telur yang telah busuk.

Saat burung mengeluarkan bau juga dapat membantu burung untuk menjaga kebersihan bulu-bulu dan juga membersihkan kulit dari parasit dan juga mikroba.

Sebuah penelitian mengatakan jika 17 kandungan anti mikroba pada feses burung kayu hijau dapat melindungi mereka dari kutu, bakteri, dan juga jamur.

Burung Fulmar

Burung Fulmar
Burung Fulmar

Burung yang mengeluarkan bau busuk berikutnya namanya burung fulmar, burung ini termasuk jenis burung yang hidup di kawasan laut.

Kata Fulmar asalnya dari kara Norse yang artinya adalah burung camar busuk. Burung ini juga terkenal dengan bau busuknya. Dan tidak hanya pada seluruh anggota tubuhnya saja yang mengeluarkan bau yang busuk.

Bahkan pada telur burung fulmar juga baunya sangat busuk seperti yang dikeluarkan oleh tubuhnya. Telur burung fulmar memiliki bau busuk supaya bisa mempertahan diri dari para pemangsa atau predator.

Jadi, para predator akan berpikir jika telur dari burung fulmar itu adalah bangkai atau telurnnya sudah busuk.

Kenyataannya anak dari burung fulmar juga tidak bisa mengenali orang tua mereka pada saat baru keluar dari telurnya.

Kemudian anak dari burung fulmar ini akan mengenali orang tua mereka sesudah anak anak berusia kurang lebih 3 minggu.

Anak dari burung fulmar yang baru keluar dari telurnya dilengkapi mekanisme pertahanan yang begitu luar biasa.

Antara lain yaitu memuntahkan sejenis cairan minyak dengan warna jingga cerah yang berbau busuk dan bisa melekat pada bulu para predator.

Minyak ini akan menjadikan burung pemangsa kusut jadi akan tenggelam bila terendam air. Sebab anak burung fulmar tidak bisa mengenali orang tuanya pada waktu mereka menetas hingga berumur 3 minggu.

Kemudian mereka akan meludahi siapa saja yang dekat dengan mereka termasuk juga induknya sendiri. Untuk burung fulmar dewasa punya bulu yang begitu kebal terhadap minyak.

Tinggalkan Komentar