Inilah 3 Jenis Burung Yang Berwajah Menyeramkan

Di dunia ini banyak sekali hewan yang hidup dengan berbagai macam keunikan. Beragam satwa yang pernah dan masih hidup di dunia bahkan kita tidak mengenalnya semua.

Peradaban manusia yang sangat modern saat ini sudah menjauhkan manusia dengan alam. Akan tetapi, beruntung masih banyak pihak yang masih memperhatikan pada keberlangsungan mahluk pada kehidupan liar.

Walaupun begitu, masih banyak juga yang memburu dengan sembarangan, membunuh dan kemudian juga menjadikannya untuk komoditas perdagangan.

Padahal seperti kedatangan burung-burung yang meramaikan serta menyejukan taman saat ini begitu dibutuhkan oleh manusia modern pada perkotaan yang tingkat stressnya tinggi.

Tak hanya kicauannya tapi wajah mereka juga bisa membuat kita tersenyum atau bahkan takut karena wajahnya seram. Berikut ini jenis burung yang berwajah menyeramkan.

Burung Condor Andes

Burung Yang Berwajah Menyeramkan
Burung Yang Berwajah Menyeramkan

Burung condor merupakan burung raksasa pemakan bangkai yang hidup pada benua Amerika. Dan terdapat beberapa subspesies, salah satu diantaranya yaitu condor andes atau andean condor.

Condor andes ialah burung yang begitu besar, mereka merupakan salah satu burung terbesar di dunia yang dapat terbang. Tubuh mereka berat sekali sampai dengan 33 pounds atau kurang lebih 15 kilogram.

Dan lebar sayap mereka mencapai 10 kaki atau kurang lebih 3 meter yang membantu menjaga mereka saat sedang terbang tinggi.

Oleh sebab itu burung-burung ini lebih gemar tinggal pada daerah berangin. Yang mana mereka bisa meluncur dengan mengikuti arus angin yang hanya memerlukan sedikit tenaga.

Condor andes sebagian besar warnanya hitam. Namun burung jantan punya “kerah” warna putih yang khas pada leher mereka dan ada beberapa tanda-tanda putih pada bagian sayap mereka.

Seperti dengan kerabat mereka condor california, condor andes punya kepala botak dan wajah menyeramkan. Burung condor merupakan burung pemangsa, jadi mereka punya paruh yang begitu tajam.

Untuk mereka pakai dalam mencincang bangkai menjadi sumber makanan mereka. Burung ini juga lebih suka berpesta hewan ukuran besar, satwa liar atapunu binatang ternak.

Pada saat sedang berpesta bangkai, mereka sudah melakukan fungsi penting menjadi penjaga kebersihan alami. Pada wilayah sepanjang pantai, burung condor akan memakan hewan laut yang mati misalnya anjing laut atau bangkai ikan.

Greater Adjustan

Burung yang berwajah menyeramkan ini masih satu keluarga dengan Stork. Akan tetapi hidupnya lebih jorok dari saudaranya. Sebab burung ini rela mencari makan sampai tubuhnya dipenuhi kotoran ataupun dipenuhi lumpur.

Walau demikian Adjustan termasuk burung paling aneh yang keberadaannya begitu mengkhawatirkan, bahkan sudah hampir punah. Adjustan punya tubuh yang tingginya dapat mencapai 1,45 – 1,50 m dengan rentangan sayap 2,5m.

Biasanya burung ini tampak sedang mencari makan pada kawasan perairan dangkal ataupun danau yang sudah hampir mengering.

Akan tetapi, pada saat ekologi mereka banyak diusik serta berubah karena campur tangan dari manusia. Burung ini mencari makanan di atas atau di bawah tumpukan sampah yang bau.

Burung Marabou

Burung Marabou
Burung Marabou

Pada umumnya, burung itu dipenuhi dengan bulu yang indah dan cantik. Akan tetapi, anggapan itu akan hilang pada saat melihat burung yang berwajah menyeramkan ini.

Marabou Stork termasuk burung khas benua Afrika pada bagian selatan khususnya di Gurun Sahara. Burung Marabou Stork punya sebutan yang begitu buruk.

Sebab reputasinya menjadi burung pemburu, yaitu “burung pencabut nyawa”. Burung Marabou punya ukuran tubuh yang besar, tingginya dapat mencapai 1,5m dengan rentangan sayap sejauh 2,6m.

Bahkan karena berat tubuhnya, supaya bisa terbang secara bebas mereka punya kaki yang terdapat lubang.

Tinggalkan Komentar