Burung Tercepat di Dunia Kecepatan Terbang Maximum

Masing-masing hewan tentunya punya keunikan serta keunggulan masing-masing. Burung merupakan hewan tercepat yang ada di bumi.

Hewan darat lainnya yang memiliki kecepatan berbeda dengan burung tercepat di dunia. Di darat hewan cheetah termasuk hewan tercepat dengan kecepatan 105 km/jam.

Dan burung tercepat di dunia yaitu tidak kurang dari 389 km/jam! Burung juga bisa memakai kecepatan sempurna dari angin dan juga dari grafitasi.

Dan burung termasuk salah satu spesies hewan yang bisa bergerak lincah di udara sebab memiliki sayap. Nah, berikut ini adalah jenis burung tercepat yang ada di dunia ini.

Frigate Bird kecepatan maksimum 153 km/jam

Burung Tercepat di Dunia
Burung Tercepat di Dunia

Burung dari kepulaun Galapagos, Equador ini punya ciri khas yang begitu unik. Mereka punya suatu pundi-pundi tenggorokan yang bisa menggembung seperti balon.

Pundi-pundi tenggorokan yang warnanya merah ini hanya dipunyai oleh burung jantan saja. Kemudian untuk betina tidak memilikinya.

Kerja dari pundi-pundi itu untuk mencari pasangan, mereka akan menggelembungkannya dalam waktu 20 menit. Selanjutnya mengibas-ibaskan kepalanya pada sisi ke sisi dan menggoyangkan sayapnya.

Kemudian memanggil sang burung Frigate betina supaya tertarik padanya. Seekor burung Frigate akan kawin dengan sang jantan jika punya gelembung balon yang besar serta unik.

Saat masa kawin, sang jantan akan meletakkan sayapnya dengan manis dibalik mata sang betina. Supaya memastikan jika dia tidak tertarik dengan burung Frigate jantan lainnya yang punya gelembung balon lebih bagus.

Peregrine Falcon 320 km/jam

Peregrine Falcon
Peregrine Falcon

Burung tercepat di dunia ini hidup di bagian utara dari Amerika. Kemudian digolongkan pada ‘birds of prey‘ atau burung pemangsa.

Spesies ini pertama kalinya dijelaskan oleh Marmaduke Tunstall pada tahun 1771 . Studi ‘flight physics’ dengan teori pada burung ini, memberikan hasil kecepatan maksimum antara 400 km/jam.

Pada saat terbang pada ‘ketinggian’ rendah atau low altitude flight serta 625 km/jam 390 mph. Pada waktu terbang pada ‘ketinggian’ yang tinggi atau high altitude flight.

Dengan experimental, rekor yang pernah tercatat oleh jenis burung ini, pada saat diteliti oleh Ken Franklin di tahun 2005. Antara lain mencapai 389 km/jam atau 242 mph.

Saat keadaan normal pada waktu berburu, burung ini dapat mencapai kecepatan 320 km/jam. Ini yang membuat salah satu hewan ini dinamakan tercepat didunia.

Ukuran untuk betinanya, pada umumnya 30% lebih besar dari pada burung jantan. Paragrine Falcon mempunyai panjang tubuh yang kurang lebih antara 34 sampai 58 cm atau 13-23 in.

Yang mempunyai lebar sayap 80 hingga 120 cm . Burung jantannya punya berat 440 sampai dengan 750 gram, kemudian betinanya hingga mencapai 910 – 1500 gram.

Spine Tailed Swift kecepatan maksimum 171 km/jam

Spine Tailed Swift
Spine Tailed Swift

Spine-tailed swift atau yang nama latinnya Hirundapus caudacutus bisa terbang dengan kecepatan kurang lebih 171 km/jam (106 mph). Ini menglahkan pesaingnya, burung frigate yang hanya bisa terbang dengan kecepatan 153 km/jam (95 mph).

Burung ini memiliki kaki yang dapat dikatakan pendek. Yang mereka pakai hanya untuk menempel pada permukaan vertikal. Mereka membangun sarang pada celah-celah batu karang pada tebing atau lubang pohon.

Mereka jarang sekali, bahkan tidak pernah berada di tanah serta menghabiskan sebagian besar hidup mereka pada udara.

Burung Swifts ini berkembang biak pada bukit-bukit yang berbatu pada Asia Tengah serta Siberia selatan. Jenis burung ini bermigrasi, musim dingin beradadi selatan menuju ke Australia.

Spur Winged Goose kecepatan maksimum 142 km/jam

Spur Winged Goose
Spur Winged Goose

Salah satu jenis burung tercepat di dunia dalam family Anatidae, yang masih berkaitan dengan angsa dan juga bebek. Jenis burung ini hidup di area lahan basah pada seluruh sub-Sahara Afrika.

Ukuran Spur dewasa kurang lebih sekitar 75 sampai dengan 115 cm (30-45). Kemudian panjang dan juga berat rata-rata 4 sampai dengan 6,8 kg.

Mereka termasuk jenis unggas air yang terbesar Afrika bahkan yang ada di dunia.

Tinggalkan Komentar