Keunikan dan Cara Perawatan Burung Srindit Agar Gacor

Banyak sekali berbagai jenis burung yang terdapat di alam indonesia ,indonesia termasuk negara kepulauan yang pada tiap pulau punya jenis burung yang berbeda juga.

Salah satu jenis burung yang terdapat di indonesia adalah burung srindit. Burung serindit termasuk jenis burung paruh bengkok yang memiliki nama latin loriculus.

Jenis burung tersebut punya suara kicauan yang sangat khas. Maka burung serindit ini banyak dijadikan sebagai burung masteran.

Burung Srindit
Burung Srindit

Selain burung serindit, burung yang tersebar di Indonesia adalah murai batu, anis kembang dan juga lovebird. Untuk daerah perkembangbiakannya tersebar di kawasan hutan tropis di asia tenggara. Dan banyak kita jumpai di indonesia.

Nah, untuk kebiasaan burung serindit jika sedang membuat sarang akan membuat lubang pada pohon yang sangat tinggi. Antara lain pada ketinggian lebih dari 10 meter.

Sedangkan untuk burung serindit betina akan membuat sarang dengan cara membawa bahan bahan yang telah diperoleh dari alam sekitar.

Musim bertelur burung serindit ini dimulai saat bulan januari dan juli. Sedangkan untuk jumlah telur yang dihasilkan dari burung serindit dalam sekali bertelur hanya sebanyak 3 butir telur saja.

Ciri Ciri Burung Srindit

Ciri ciri burung serindit yakni untuk bagian paruhnya tampak sedikit bengkok. Pada saat ini burung serindit sangat di gemari oleh kalangan pecinta burung kicauan yang ada di indonesia.

Suara kicauan yang dihasilkan oleh burung serindit sangatlah bagus dan terdengar melengking dengan begitu khas.

Burung dengan jenis paruh bengkok ini punya daya tarik tersendiri serta banyak juga penggemar kicau mania yang membuat burung serindit menjadi burung kontes. Dan nantinya akan diikutkan dalam ajang perlombaan burung kicauan.

Burung serindit yang paling banyak ditemui saat ini yaitu jenis burung serindit jawa. Sebab, memang burung ini banyak kita jumpai di pulau jawa.

Untuk ciri ciri burung serindit ini tampak pada bagian bulu di bagian sayap dengan warna hijau. Selanjutnya ciri ciri lainya yaitu pada bagian bawah leher bulunya memiliki warna kuning.

Burung srindit melayu memiliki ciri yang berupa warna merah di bagian bawah lehernya. Lalu untuk ciri ciri burung serindit jantan punya mahkota berwarna biru.

Sedangkan di bawah lehernya dengan warna hijau serta dapat kita jumpai di sumatera, jawa dan bali. Untuk kebiasaan burung serindit yaitu mencari makan dengan cara berkelompok.

Keunikan Burung Srindit

Salah satu keunikan yang dimiliki burung ini yaitu gaya tidurnya yang mirip dengan kelelawar. Yakni serindit bergelantung dengan terbalik.

Pada saat makan pun burung ini sering bergelantungan. Saat berada di alam bebas, burung bergelantungan pada dahan / cabang pohon, baik pada waktu tidur maupun sewaktu menyantap buah-buahan.

Sedangkan sewaktu dalam pemeliharaan di sangkar ataupun di kandang, serindit pada umumnya bergelantungan pada bagian atas atau jeruji sangkar atau kandang.

Apabila di rumah anda banyak tikus, jeruji yang ada di bagian atas dan dinding kandang perlu anda buat rangkap dua. Tujuannya supaya kaki serindit pada saat bergelantungan tidak akan dimakan tikus.

Selanjutnya untuk pemeliharaan yang ada di dalam sangkar, selama sangkar digantungkan, rasanya susah sekali untuk tikus untuk mendekatinya.

Akan lebih baik apabila Anda menyiapkan satu tenggeran lagi. Yang bertepat di bawah atap sangkar, supaya burung dapat dengan leluasa bergelantungan di sana.

Perbedaan Jenis Kelamin Srindit

Dalam dunia burung, burung serindit melayu disebut juga sebagai blue-crowned hanging parrot. Hal ini disebabkan karna pada bagian atas kepalanya ada warna biru yang cukup besar dan sangat mudah untuk dilihat.

Akan tetapi ciri ini hanya dimiliki oleh burung jantan saja.  Ciri ini termasuk yang paling mudah untuk diamati saat membedakan jenis kelamin burung jenis serindit melayu.

Sedangkan yang kedua, burung jantan memiliki noktah merah yang cukup besar pada bagian tenggorokan (bisa juga disebut pada bagian dada).

Burung srindit betina tidak mempunyai kedua kekhasan yang dimiliki oleh burung jantan. Antara lain noktah biru di atas kepala dan juga noktah warna merah yang ada pada bagian tenggorokan.

Akan tetapi burung serindit muda, walaupun berjenis kelamin jantan, awalnya tidak akan menampakkan ciri tanda biru pada bagian atas kepalanya maupun warna merah pada bagian tenggorokan.

Warna itu baru akan muncul saat burung menjelang usia dewasa. Awalnya mulai dari samar-samar, sedikit agak jelas, dan pada akhirnya akan tampak dengan benar-benar jelas.

Perawatan Burung Srindit Agar Gacor

Tentu saja jika burung srindit akan kita ikutkan di dalam kejuaraan lomba burung kicauan. Maka yang harus kita kerjakan yaitu pola perawatan dan juga pemberian pakan yang tepat.

Dan tidak hanya itu saja, akan tetapi burung serindit dapat kita berikan suara suara masteran burung yang lainya.

Misalnya seperti burung cendet dan juga burung jenis jalak jalakan. Karena burung serindit sekarang ini merupakan jenis burung yang popule.

Untuk perawatan burung serindit ini sendiri memang tidaklah sulit. Sebab burung ini terkenal sangat mudah dalam beradaptasi dengan lingkungannya yang barun.

Tak hanya itu, kemudahan dalam pemberian makannya. Hal ini membuat burung ini begitu cocok dipelihara oleh pemula yang baru saja menekuni kegemarannya memelihara burung kicauan.

Misalnya, dengan cukup diberi makan nasi di tiap hari saja burung ini sudah selalu berkicau dengan sangat riangnya.

Terlebih lagi jika dibarengi dengan diberikan buah-buahan dan juga makanan yang lainnya. Salah satu hal yang sedikit susah saat merawat serindit muda hutan ataupun tangkapan hutan.

Karena harus mengajarinya makan millet ataupun makan biji-bijian. Karena pada habitat aslinya, mereka cenderung memakan buah-buahan yang rasanya manis.

Akan tetapi dengan berbagai macam cara dan pelatihan yang berlanjut, burung srindit ini lama-lama akan bisa mulai menyukai biji-bijian.

Sebenarnya untuk burung srindit ini jenis makananya yaitu berupa buah buahan. Akan tetapi kita dapat memberikan pakan tambahan berupa makanan voer dan juga serangga kecil seperti ulat hongkong, kroto dan juga jangkrik.

Yang dijadikan sebagai tambahan dari asupan gizinya. Tujuannya supaya burung serindit rajin mengoceh atau gacor pada setiap harinya. Sedangkan untuk perawatan burung serindit begitu mudah sekali.

Namun anda jangan lupa juga untuk memberikan pakan yang berupa nutrisi. Karena sebenarnya burung serindit ini suka sekali menghisap nektar.

Jika anda memelihara burung serindit untuk perlombaan, maka lebih baik pilihlah burung serindit yang dengan jenis kelamin jantan.

Jika di bandingkan dengan serindit yang berjenis kelamin betina burung jantan bisa lebih gacor. Hal ini karena semua jenis burung dengan jenis kelamin jantan dapat mengeluarkan suara yang sangat bagus dan juga gacor.

Untuk itu kita dapat memberikan perawatan harian seminggu sebelum burung peliharaan anda kita ikutkan pada ajang kontes kejuaraan untuk burung kicau.

Tinggalkan Komentar