Mengenal Burung Sikatan Belang dan Habitatnya

Di Indonesia ini banyak jenis burung yang memiliki ukuran kecil. Banyak dari burung kicauan yang memiliki tubuh mungil yang memiliki warna dan kicauan yang tidak kalah bagus dengan burung berukuran tubuh sedang atau besar.

Tak hanya itu saja, persebaran dari burung bertubuh mungil juga sangat banyak dijumpai yang tidak hanya ada di tanah air.

Akan tetapi juga sudah terdapat di berbagai negara lainnya. Salah satu burung bertubuh kecil yang memiliki ocehan yang bagus yaitu burung sikatan belang.

Burung Sikatan Belang ini termasuk salah satu jenis burung kicau di Indonesia yang punya kelebihan kicauan cukup merdu.

Burung Sikatan Belang
Burung Sikatan Belang

Selain itu juga bisa dijadikan menjadi bahan masteran burung kicau lainnya.  Misalnya seperti untuk masteran burung kicau Murai Batu, Burung Cucak Hijau serta Burung Kacer.

Akan tetapi banyak kalangan masyarakat pecinta burung kicau di Indonesia yang belum tau secara lebih dalam lagi tentang jenis burung kicau Sikatan Belang ini. Berikut ini akan dibahas mengenai kehidupan dan ciri dari sikatan belang.

Ciri Burung Sikatan Belang

Burung Sikatan Belang ini memiliki nama latin yaitu Ficedula Westermanni. Yang merupakan satu satu jenis burung kicauan yang mempunyai ukuran badan yang bisa terbilang kecil.

Ukuran badan dari burung Sikatan Belang maksimal hanya sepanjang 11cm saja. Itu terhitung dari pangkal paruh hingga pada bagian ujung ekornya.

Untuk warna bulunya sebagian besar juga didominasi oleh warna putih yang terdapat di bagian bawah tenggorokan hingga pada bagian perutnya.

Selain itu ada juga pada bagian garis sayapnya, dan garis panjang di bagian atas kepalanya. Tak hanya warna putih, akan tetapi terdapat pula warna hitam yang mewarnai bulu di bagian atas kepala, pipi, punggung, sayap, dan juga pada bagian ekornya.

Habitat Sikatan Belang

Habitat Sikatan Belang
Habitat Sikatan Belang

Habitat dari burung Sikatan Belang di Indonesia ini tersebar di Palu Nusa Tenggara, Pulau Sulawesi dan juga Pulau Maluku.

Jadi untuk kalian yang ada di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan juga Pulau Kalimantan sedikit susah jika ingin membeli dan merawat jenis burung bertubuh mungil ini.

Selanjutnya untuk populasi dari sikatan belang di beberapa pulau Indonesia ini masih cukup banyak dan belum termasuk kedalam jenis burung kicau yang dilindungi.

Sebab didaerah asalnya burung sikatan belang ini belum banyak diburu oleh para pemburu liar. Kemudian untuk hidup burung sikatan belang begitu menyukai daerah – daerah pegunungan yang punya ketinggian mencapai 1.000 – 2.600 Meter.

Selain itu juga hidup di hutan pegunungan, hutan lumut dan hutan cemara gunung. Makanan kesukaan burung ini adalah buah buahan dan juga serangga.

Perilaku di Alam Liar

Pada saat di alam liar pada umumnya burung ini makan berbagai jenis serangga kecil yang terdapat di tanah maupun pepohonan.

Serangga-serangga kecil itu seperti alat, kumbang, laba-laba, dan ulat. Adanya jenis burung ini di alam liar bisa dijumpai pada daerah dataran tinggi.

Dan sewaktu musim kawin tiba pada umumnya burung ini mampu mengerami telur sebanyak tiga butir yang ditaruh pada sarang yang dibentuk menyerupai cawan.

Kemudian untuk bahan dasarnya berasal dari lumut serta serat-serat rumput yang halus.

Suara Sikatan Belang

Kemudian untuk kualitas suara burung sikatan belang yang ada di hutan memang terdengar agak monoton. Meskipun nada suara yang elah tdibunyikan mampu dialunkan dengan tempo yang teratur misalnya mengeluarkan suara nada tinggi dan sesekali rendah.

Tinggalkan Komentar