Mengenal Burung Serindit Paruh Merah atau Serindit Sulawesi

Burung serindit merupakan jenis burung yang berukuran kecil dan memiliki ukuran tubuh yang panjangnya kurang lebih sekitar 10 cm. banyak orang yang memelihara jenis burung ini, sebab suara kicauannya yang lantang dan juga khas.

Serindit juga merupakan burung yang memiliki tubuh yang kecil akan tetapi terlihat imut. Burung serindit juga mempunyai warna yang dominan antara lain yaitu warna hijau dengan punggung yang memiliki warna merah.

Kebiasaan yang disa dikatakan unik dan juga menarik dari burung ini yaitu serindit selalu beristirahat dengan bergantungan pada kawat ataupun pada ranting pohon, dengan posisi kaki di atas dan bagian kepala berada di bawah.

Karakteristik Burung Serindit Paruh Merah

Burung Serindit Paruh Merah
Burung Serindit Paruh Merah

Burung Serindit Paruh Merah memiliki nama latin yaitu Loriculus flosculus. Di dunia ini salah satu spesies burung beo yang memiliki badan kecil ini dikenal dengan sebutan atau nama Pygmy hanging-Parrot.

Burung serindit Paruh Merah memiliki panjang tubuh kurang lebih sekitar 10,5 cm. Penampakan dari burung ini memang terlihat mirip dengan Serindit Sulawesi yang berjenis kelamin betina.

Akan tetapi dengan ukuran tubuh yang tampak lebih kecil dan paruhnya berwarna merah, dan juga tidak mempunyai bercak pada tepian sayapnya yang bagian depan.

Serindit Paruh Merah yang berjenis kelamin jantan mempunyai bintik-bintik merah yang ada pada bagian tenggorokan yang dikelilingi oleh warna biru kehijauan.

Kemudian untuk penutup ekor serta bagian tunggirnya berwarna merah, bagian pangkalnya berwarna semu kuning.

Kemudian untuk bagian ekornya berwarna hijau dengan tepi hijau kekuning-kuningan, dan juga mempunyai mata berwarna kuning.

Burung Serindit Paruh Merah yang berjenis kelamin betina mempunyai penampilan yang menyerupai jantan. Akan tetapi tidak mempunyai bintik pada tenggorokan atau apabila ada jumlahnya memang hanya sedikit. Tak hanya itu saja, mata Serindit Paruh-Merah betina memiliki warna cokelat. Sedangkan untuk burung serindit yang memiliki paruh merah yang masih remaja, tidak memiliki bintik merah yang ada pada bagian tenggorokan. Kemudian pada bagian paruhnya berwarna kuning atau coklat, dan untuk bagian matanya berwarna coklat pucat.

Habitat Serindit Paruh Merah

Habitat Serindit Paruh Merah
Habitat Serindit Paruh Merah

Burung Serindit jenis Paruh Merah termasuk jenis burung endemik dari Sulawesi yang mirip dengan burung betet.

Habitat dari burung Serindit Paruh Merah ini antara lain berada di hutan primer, hutan mangrove, dan juga berada di pepohonan di dekat perkampungan.

Dan secara geografis mereka hidup sampai dengan ketinggian 1000 m di atas permukaan laut.

Populasi Serindit Paruh Merah

Penyebaran dari jenis burung serindit ini hanya terdapat di Pulau Sulawesi. Kemudian untuk status populasi pada alam liar populasinya diperkirakan lebih dari 10.000 ekor.

Dan semua species ini yang menghuni daerah hutan, hutan bakau pesisir, kemudian di sekitar kampung dan ada pada daerah terbuka.

Burung ini dapat hidup dari dataran rendah sampai dengan ketinggian 1.000 m dpl.

Spesies dari burung ini cenderung bergabung pada sebuah kelompok kecil yang terdiri atas sekitar 5 ekor. Kemudian mencari makan di atas pohon.

Pada saat bulan Mei, burung ini sering terlihat ada kelompok besar burung ini pada hutan mangrove. Kemungkinan pada saat bulan-bulan itu adalah masa setelah burung tersebut berkembangbiak.

Menurut beberapa data, populasi dari jenis burung Serindit Paruh Merah ini berada pada status yang sudah hampir terancam punah.

Burung jenis ini juga boleh untuk diperdagangkan asalkan mengikuti peraturan tertentu. Sebab untuk status perdagangan internasionalnya yaitu Appendix II.

Tinggalkan Komentar