Ciri Fisik Burung Sempur Hujan Rimba dan Daerah Persebarannya

Burung sempur-hujan rimba atau banded broadbill yang memiliki nama latin Eurylaimus javanicus merupakan salah satu anggota keluarga / famili Eurylaimidae.

Jenis burung ini gampang untuk dikenali dari bentuk kepala serta bagian paruhnya yang besar. Burung Sempur hujan Rimba termasuk mempunyai bentuk serta corak warna yang indah di bagian fisiknya. Tak hanya itu saja, suara kicauan burung ini pun juga cukup merdu serta lantang.

Daerah Persebaran dan Habitat Burung Sempur Hujan Rimba

Burung Sempur Hujan Rimba
Burung Sempur Hujan Rimba

Burung Sempur hujan Rimba termasuk dari jenis burung yang tempat persebarannya hanya berada pada beberapa negara yang ada di kawasan Asia Negara.

Negara-negara yang banyak ditempati oleh burung Sempur ini ada empat negara. Antara lain yaituThailand, Myanmar, Malaysia, dan juga di Indonesia.

Di kawasan Indonesia persebarannya pun juga hanya meliputi pada beberapa tempat. Misalnya saja seperti Pulau Sumatera, Bintan, Bangka serta Belitung, Kalimantan, Jawa, dan juga di Pulau Natuna utara.

Tak hanya itu, tipe hutan yang dijadikan tempat tinggalnya juga termasuk cukup luas. Antara lain berada di hutan primer, hutan sekunder, hutan kerangas, serta berada di area perkebunan.

Pada alam liar burung yang memiliki nama latin Eurylaimus javanicus ini pada umumnya bertempat pada area hutan yang terdapat di sekitaran dataran tinggi hingga mencapai 1500 meter di atas permukaan laut.

Pada saat berburu di hutan seringnya burung Sempur ini hanya diam saja di atas tenggeran ranting pohon sambil menunggu mangsanya yang termasuk serangga yang memiliki ukuran kecil serta sedang.

Biasanya musim berkembangbiak yang dijalaninya dimulai pada bulan April dengan membentuk sarang yang serupa dengan kantung.

Sarang yang dibentuknya tersebut bahan dasarnya adalah akar, rumput, ranting, yang selanjutnya dieratkan dengan lumut. Jumlah telur yang dapat dierami indukkan betinanya tidak begitu banyak yang hanya kurang lebih sekitar 3 butir saja.

Ciri Fisik Burung Sempur Hujan Rimba

Ciri Fisik Burung Sempur Hujan Rimba
Ciri Fisik Burung Sempur Hujan Rimba

Ciri fisik burung Sempur hujan Rimba yaitu dengan ukuran tubuh yang tidak begitu besar dengan panjang kurang lebih sekitar 21 cm. Warna tubuhnya cukup bervariasi yang terdiri dari ungu, biru, kuning, merah jambu, serta hitam.

Warna ungu yang menutupi sebagian besar dari tubuhnya. Misalnya seperti area seluruh kepala, dada, serta bagian perutnya. Warna kuning hitam terlihat berpadu pada bagian atas tubuhnya yang meliputi area punggung, sayap, serta bagian ekornya.

Warna merah jambu tampak hanya pada beberapa bagian antara lain pada sekitar kerongkongan serta kakinya. Kemudian untuk warna biru tampak jelas pada bagian paruh serta iris dekat matanya.

Harus anda diketahui juga jika burung Sempu hujan Rimba punya ukuran kepala yang besar dengan mata yang lingkaran pada sekitar pupil dengan warna biru cerah .

Bagian yang warna kebiruan ini juga ukurannya lebar dan tebal. Badannya juga ukuran sedikit besar mengikuti postur kepalanya. Bagian ekor berwarna kuning kehitaman dengan ukuran sedang serta cukup lebar.

Kicauan Burung Sempur Hujan Rimba

Ciri suara kicauan burung Sempur hujan Rimba terdengar cukup lantang dan volume yang tinggi. Bunyi kicauannya berupa siulan memiliki irama mengalun naik turun dengan ritme tempo yang lumayan rapat.

Pada saat burung unik ini berkicau, pada umumnya burung Sempur hujan Rimba dapat mengeluarkan bunyi dengan durasi waktu sampai mencapai lebih dari setengah menit tanpa ada hentinya.

Terlebih lagi dengan suara lantang dan volumenya yang tinggi tersebut biasanya kicauannya dapat terdengar sampai dengan radius cukup jauh.

Tinggalkan Komentar