Karakteristik Burung Selendang Biru dan Daerah Persebarannya

Burung sulingan atau sikatan punya banyak jenis, salah satu jenisnya yaitu burung tledekan. Burung tledekan juga ada berbagai macam. Antara lain yaitu burung tledekan biru atau kerap disebut dengan nama selendang biru.

Burung selendang biru termasuk salah satu jenis burung kicau jenis petarung yang banyak tersebar di Asia tenggara, China, dan Semenanjung Malaysia.

Walaupun kurang begitu banyak digemari oleh para pecinta burung kicauan, suaranya yang merdu dan mengalun begitu cocok sekali sebagai mastering burung kicau. Misalnya seperti kenari, murai batu dsb.

Burung Selendang Biru
Burung Selendang Biru

Selendang biru juga tidak begitu atraktif walaupun disebut dengan burung petarung, akan tetapi hanya mengikuti mood saja. Burung ini mulai popular pada saat ramainya kontes burung yang memiliki suara yang lebih bervariatif.

Untuk jenis burung ini semakin banyak diminati untuk dijadikan sebagai burung masteran. Jenis perawatan yang bisa terbilang mudah dan sama seperti perawatan burung kicau lainnya seperti burung kenari atau burung kicau sulingan yang lainnya.

Ciri-Ciri Burung Selendang Biru

Burung selendang biru memiliki ukuran tubuh medium yaitu 16cm. Kemudian juga mempunyai warna dominan biru muda (jantan) dan kecoklatan untuk yang betina. Untuk jenis burung yang jantan punya perut putih keabuan serta penutup ekor bawah warna putih.

Kemudian pada burung betina, tubuh bagian atas coklat abu dan juga lingkar mata berwarna kuning kecoklatan.

Burung selendang biru juga mempunyai suara yang bagus dengan ciri khas kicau dari burung tledekan laut.

Antara lain yaitu nyanyian manis, nyaring, menurun lalu akan menaik lagi. Tak hanya itu saja, kadang terdengar suara parau dari kerongkongannya.

Selain dari segi suaranya yang mengalun merdu seperti suara suling yang mendayu-dayu, Selendang biru juga bisa menirukan suara burung lain.

Selendang biru juga dikaruniai warna bulu yang indah dan menarik perhatian saat kita melihatnya. Warna biru muda yang berpadu menjadi indah dengan warna putih keabu-abuan merupakan daya tarik burung selendang biru selain dari suaranya.

Wilayah Persebaran Burung Selendang Biru

Daerah Persebaran Selendang Biru
Daerah Persebaran Selendang Biru

Wilayah persebaran burung selendang biru yaitu berada di Pulau Jawa, Sumatra dan juga Kalimantan. Burung burung tersebut hidup berkelompok menempati hutan primer serta menempati hutan sekunder.

Burung selendang biru juga kerap terlihat menempati kawasan yang dekat dengan sumber air. Sarang juga terbuat dari rumput serta dedaunan kering pada umumnya tidak terlalu tinggi akan tetapi tersembunyi.

Dalam menjadikan burung selendang biru gacor, pastinya tidak hanya dibiarkan saja. Namun perlu banyak usaha serta pengorbanan pada saat merawatnya.

Apabila burung selendang biru dirawat dengan konsisten, maka burung tersebut akan lebih sehat serta akan rajin berkicau.

Makanan Burung Selendang Biru

Pada habitat liarnya, burung selendang biru akan memakan serangga kecil dan juga larva yang akan dijadikan sebagai pakan hariannya.

Burung ini juga memakan buah-buahan yang ukurannya kecil serta memiliki tekstur lembut. Berbeda dengan yang telah dipelihara di dalam sangkar.

Supaya semakin memudahkan pemiliknya saat merawat serta memberi pakan, burung selendang biru lebih baik diberi pakan voer seperti halnya kebanyakan burung lainnya.

Jika burung selendang biru (tledekan biru) sudah mau makan voer, serangga kecil yang diberikan seperti jangkrik kecil, ulat hongkong dan kroto.

Dan itu diberikan sebagai makanan tambahan atau istilahnya extra fooding (EF). Buah-buahan yang sering diberikan sobat kicau berupa pisang, pepaya, apel dsb.

Tinggalkan Komentar