Fakta Menarik Mengenai Burung Raksasa Zaman Purba Thunderbird

Kerap kita mendengar kabar mengenai hewan-hewan purba yang masih eksis. Misalnya saja si Nessie atau sang Loch Ness, hingga deretan jenis dinosaurus yang dikatakan masih ada di dalamnya hutan-hutan Afrika.

Ada juga yang tak kalah heboh mengenai hewan purba yang bernama Thunderbird, si burung raksasa yang namanya sangat melegenda.

Burung raksasa zaman purba jenis ini dipercaya masih eksis karena ada banyak saksi mata yang menyaksikannya terbang di angkasa.

Bahkan, ada juga beberapa foto masa lalu mengenai penangkapan Thunderbird yang sepertinya belum bisa menjadikan banyak orang yakin meskipun terlihat sangat asli.

Thunderbird merupakan istilah yang dipakai dalam cryptozoology dalam menggambarkan makhluk berwujud burung raksasa yang dipercaya masyarakat amerika utara serta suku indian. Makhluk kriptid serupa yang dibicarakan di Dunia Lama kerap disebut Rocs.

Thunderbird diperkirakan dengan sejumlah kecil peneliti punya wujud mirip pterosaurus yang sudah punah, sejenis dengan Pteranodon.

Rekaman fosil telah menunjukkan jika burung raksasa Thunderbird yang diperkirakan punya ukuran bentang sayap 3,7 sampai dengan 5,5 meter ini sezaman dengan manusia purba. Walaupun banyak yang menganggapnya sebagai mitos. Tapi, banyak juga laporan tentang penampakannya.

Pertama Terlihat Di Tahun 1890

Burung Raksasa Zaman Purba
Burung Raksasa Zaman Purba

Kabar tentang keberadaan thunderbird atau burung raksasa ini pertama kali muncul saat bulan April 1890.

Waktu itu terdapat 2 orang pria yang mengatakan jika mereka berhasil menembak jatuh seekor burung berukuran raksasa. Cirinya dengan sayap tanpa bulu dan memiliki wajah mirip buaya.

Tapi ada yang tidak sepenuhnya percaya bahwa apa yang telah ditembak oleh 2 pria itu adalah thunderbird, akan tetapi sejenis burung raksasa zaman purba pra-sejarah yaitu Pterodactyl.

Ciri Fisik Thunderbird

Ciri Fisik Thunderbird
Ciri Fisik Thunderbird

Sebenarnya Thunderbird digambarkan dengan wujud seperti burung kebanyakan. Tapi, yang membedakannya dengan burung era modern seperti saat ini yaitu soal ukuran.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, diyakini Thunderbird ini punya bentang sayap sepanjang sekitar lima meter serta tubuh yang sebesar anak kuda. Mengenai eksistensi, banyak yang mengira apabil burung ini sezaman dengan manusia purba.

Dan sebab suatu hal akhirnya mereka punah bersama bertambahnya waktu. Namun Tapi beberapa dari mereka diyakini berhasil menyelamatkan diri hingga hari ini dengan cara bersembunyi di tempat-tempat aman.

Sebenarnya soal bentuk Thunderbird, khususnya yang dilihat oleh para saksi, masih jadi hal yang belum dapat dipastikan. Ada saksi melihat Thunderbird dalam kemasan burung biasa dengan ukuran yang sangat besar.

Ada juga yangmelihat Thunderbird berwujud kurang lebih sama seperti Pterodactyl dengan bentuknya yang khas. Tak hanya sering disamakan dengan Pterodactyl, Thunderbird juga kerap disamakan dengan Ahool.

Ahool ini bentuknya mirip seperti kelelawar. Tapi, pastinya dengan bentuk yang jauh lebih besar. Misteri mengenai bentuk Thunderbird ini sepertinya akan masih sangat membingungkan.

Analisa Burung Thunderbird

Beberapa orang skeptis menilai burung besar seperti thunderbird adalah burung yang tidak bisa terbang. Salah satu hal yaitu karena dengan besar tubuh seperti itu dirasa Thunderbird tidak bisa terbang bebas. Atau justru tidak bisa terbang sama sekali.

Padahal bila melihat tentang hewan prasejarah seperti Pterosaurus atau Pterodactyl , mungkin bisa jadi jika seekor Thunderbird bisa terbang sebagaimana burung pada umumnya.

Burung zaman prasejarah, Argentavis magnificens yang punya lebar sayap sekitar 7 m (23 kaki) juga bisa untuk terbang.

Apabila melihat dari kesaksian orang yang sudah menyaksikan Thunderbird ada 2 pertentangan mendasar. Misalnya ada yang mengatakan berbulu dan tidak.

Ada yang mengatakan tidak berbulu menjelaskan Thunderbird mempunyai sayap tipis seperti membran yang mirip dengan sayap kelelawar.

Maka bisa dimungkinkan jika itu Pterodactyl atau sejenisnya. Namun, identitas Thunderbird sebagai pterosaurus adalah hal yang tidak mungkin karena pterosaurus sudah punah.

Tinggalkan Komentar