Ciri Khas Burung Perkutut Lomba Yang Bagus dan Berkualitas

Burung perkutut adalah burung kicauan yang mudah ditemukan dan gampang untuk dipelihara. Banyak juga yang melombakan jenis burung kicauan ini.

Akan tetapi dalam melombakan burung perkutut anda, sebelumnya harus mengetahui ciri dari burung perkutut lomba yang bagus.

Untuk bakalan burung perkutut atau piyikan burung perkutut memiliki ciri khas yang begitu bagus untuk di jadikan lomba.

Untuk karakteristik yang dapat kita amati tersebut meliputi ciri dari bentuk badan, paruh, kaki dan juga ciri pada bagian bulunya.

Burung Perkutut Lomba
Burung Perkutut Lomba

Bentuk Kepala

Yang pertama burung perkutut lomba memiliki ciri khas pada bentuk pada bagian kepala burung perkutut.

Pada bentuk kepala perkutut yang bakalan ataupun piyikan yang paling bagus kemudian untuk maju dalam lomba yaitu perkutut yang mempunyai bentuk kepala yang lonjong.

Dan bentuknya hampir mirip sama seperti bentuk buah pinang yang masih keadaan muda.

Untuk bagian matanya terlihat indah, jernih dan juga memiliki aura yang sangat cerah yang mengkilau. Untuk bagian mata dalam, terutama bagian titik mata berwarna hitam, tampak menonjol besar.

Tak hanya itu saja, pada bagian paruh burung itu tampak sangat tebal akan tetapi tidak terlalu panjang.

Terutama untuk bagian hidung, tampak menonjol ke depan serta lubang pada bagian hidung yang telah di tutupi oleh bulu.

Bagian Leher Perkutut

Pada bagian leher untuk burung perkutut yang bagus untuk maju dalam kontes punya ciri yang panjang dan juga tegak lurus ke depan. Kemudian dapat mengangkat bagian kepalnya.

Dan untuk bagian bawah leher, terutama di kantong suara yang tampak mengembung dengan sedikit menonjol.

Bagian Badan Perkutut

Perkutut lomba yang bagus punya bagian dada yang relatif bidang dan juga bentuk tubuh kurus akan tetapi atletis. Pada bagian belakang punggung terlihat sedikit membungkuk.

Khusus untuk bagian sayap burung perkutut, mempunyai bulu yang relatif panjang indah dan juga sedikit mengkilau.

Jika burung perkutut anda memiliki ciri seperti ini, maka burung perkutut anda layak dijadikan burung lomba.

Bagian Kaki Perkutut

Pada bagian kakinya tampak kuat dan juga kokoh, pada waktu berdiri atau pada saat melakukan kuda-kuda, kakinya akan tampak tegap.

Dan juga terlihat mantap dan pada bagian tulang paha yang relatif lebih rapat. Untuk bagian jarinya panjang, bentuk sisiknya kasar.

Akan tetapi semua sisik tersebut jika kita lihat akan tampak rapi dan juga bagian terahir sisik kaki akan tampak sedikit besar dari pada sisik yang lainya.

Tak hanya itu saja, burung perkutut lomba yang bagus punya warna sisik kaki yang dominan hitam sedikit kemerahan sedikit. Dan untuk bagian telapak kaki, ada sedikit warna putih.

Bagian Supit Dan Ekor Perkutut

Selain ciri di atas, pada bagian supit dan ekor perkutut cirinya juga menentukan dari kualitas burung itu. Burung perkutut lomba yang bagus, pada umumnya memiliki bentuk supit yang tidak begitu rapat.

Bagian supit sedikit renggang dan juga punya kelenturan tidak keras. Kemudian untuk bagian Ekor perkutut yang bagus dapat kita amati dengan tanda bulu ekor yang panjang serta menumpuk.

Dan bagian ujung perkutut tampak lebih kecil. Dan pada bagian brutu ataupun bagian pantat burung perkutut yang besar, dan sedikit runcing yang menonjol ke depan..

Ciri khas tersebut merupakan ciri bakalan atau piyikan burung perkutut yang begitu bagus nantinya apabila telah menjadi burung perkutut dewasa.

Biasanya para juragan perkutut yang sudah profesional telah mencatat serta menggolongkan jenis burung perkutut lomba yang bagus serta burung perkutut yang kurang baik sesuai dengan ciri serta bentuk badannya.

Untuk mengetahui burung perkutut lomba yang bagus, juga harus mengetahui dari suara kicauannya.

Suara Depan

Suara bagian depan dari burung perkutut banyak macamnya. Tapi yang penting yaitu harus narik, panjang serta bersih. Kalau bisa hindarilah suara depan yang pendek.

Misalnya seperti klau, kleoo, wauu. Dan anda harus menghindari suara depan yang kotor dan juga gembos.

Kemudian untuk burung perkutut yang usianya masih muda atau piyik, suara bagian depan memang pada umumnya belum bisa narik.

Kemudian jika narik pun hanya bisa sesekali saja. Sehingga untuk burung perkutut yang masih muda, dapat anda abaikan saja. Yang terpenting yaitu dengan dengarkan suaranya.

Apabila terdengar cukup kering dan juga tebal biasanya nanti akan dapat narik depannya. Hindarilah membeli perkutut anakan yang suaranya terlalu basah dan tipis.

Suara Tengah

Untuk suara tengahnya yang baik adalah yang lengkap, jelas kemudian juga bertekanan. Setiap ketukannya akan terdengar senggang dan juga berirama.

Hindarilah suara tengah yang terdengar seperti mengambang dan juga terdegar rapat.

Suara Ujung

Untuk suara kicauan ujung burung perkutut lomba yang sempurna adalah yang bulat, panjang dan juga mengalun dan terdengar seperti ada unsur ng.

Hindarilah suara kicauan ujung perkutut yang seperti ngerem mendadak kemudian juga pendek (kuk) dan hindarilah kicauan yang noklak (klaak). Suara atau kicauan ujung yang baik akan didengar seperti kuuung.

Nah, jika anda sudah memelihara burung perkutut lomba, agar semakin bagus maka rawatlah dengan sebaik mungkin. Misalnya saja dalam memandikan, menjemur, memberi makan dan lain sebagainya.

Mandikan Secara Teratur

Tips untuk merawat burung perkutut lomba agar semakin berkualitas yaitu dengan memandikan burung Perkutut dengan cara teratur dan juga rutin.

Pakailah semprotan dengan menggunakan spray yang lembut ataupun yang halus. Agar hasil yang diperoleh memuaskan, Anda bisa memanfaatkan air beras dan menggunakan daun sirih.

Langkahnya antara lain yaitu campur air beras dan juga campur dengan daun sirih. Pakailah untuk memandikan burung Perkutut dengan cara rutin.

Jemur Setiap Hari

Penjemuran Burung Perkutut Lomba
Penjemuran Burung Perkutut Lomba

Tips supaya suara burung perkutut perkutut lomba bisa juara selanjutnya yaitu dengan cara menjemur burung Perkutut di setiap hari.

Jangan menjemur burung perkututnya dengan terlalu lama, cukup jemur dari pukul 7 sampai dengan pukul 9 pagi. Hal ini bisa menjadikan burung Perkutut tahan dengan panas.

Berikan Makan Yang Cukup

Dalam perawatan burung Perkutut lomba, hal yang begitu penting untuk Anda lakukan yaitu memberi makanan.

Makanan untuk burung Perkutut antara lain yaitu rumput, biji-bijian dan juga padi-padian. Anda bisa memberikan makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi.

Beberapa makanan yang bisa Anda berikan untuk burung Perkutut peliharaan atau lomba ini yaitu jagung, beras merah dan juga produk makanan burung Perkutut buatan dari pabrik.

Sehari sebelum dilombakan burung bisa diberikan jamu, Katuk, Saga, Vit E, Vit C, Minyak Ikan, Kacang Hijau supaya burung Vit keadaannya.

Berikanlah makanan extra fooding, misalnya seperti Godem, Ketan Hitam, Ketan Hitam, dan juga Jewawut Bali supaya burung keesokan hari akan merasa hangat dan juga mau kerja.

Setelah pemberian jamu burung sebaiknya dijemur selama tiga Jam kemudian air minum dikosongkan.

Setelah penjemuaran burung di istirahatkan dan setelah 1 jam kemudian baru burung diberi minum.

Tinggalkan Komentar