Mengenal Burung Perkutut Kantong Semar dan Mitosnya

Burung Perkutut Kantong Semar adalah salah satu jenis burung yang baik untuk dipelihara. Karena merupakan salah satu jenis burung yang unik dan langka, jenis perkutut ini justru sudah banyak diburu oleh para kolektor burung.

Tak hanya dikenal unik dan juga langka, Perkutut ini bahkan dipercaya memiliki makna yang bagus. Sebab, adanya burung ini dipercaya mampu membawa pengaruh positif untuk kehidupan orang yang memeliharanya. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui berbagai informasi terkait burung perkutut ini.

Burung Perkutut Kantong Semar
kicaukicau.com

Ciri Perkutut Kantong Semar

Perkutut Katuranggan Kantong Semar ini termasuk salah satu jenis perkutut lokal yang mempunyai banyak keunikan. Ciri khas perkutut lokal ini memang terlihat berbeda dengan jenis perkutut pada umumnya. Karena, di bagian perut atau tembolok burung perkutut terlihat lebih menonjol ke depan atau terlihat lebih melembung.

Nah, dengan ciri khas temboloknya yang menonjol ke depan inilah, jenis perkutut lokal ini banyak dikait-kaitkan dengan tokoh pewayangan yang bernama Semar. Inilah yang menyebabkan burung ini dinamakan dengan kantong semar.

Pada kisah atau cerita pewayangan, Semar termasuk salah satu tokoh yang digambarkan memiliki tubuh yang terlihat gempal dengan perut yang besar. Meskipun demikian, Semar juga merupakan salah satu tokoh yang terlihat berwibawa, dengan karakter penuh karismatik, sabar, bijaksana, serta memiliki sifat yang arif.

Tak hanya itu saja, ciri khas burung Perkutut Kantong Semar yang selanjutnya adalah kaki dan jari jarinya yang cenderung pendek. Kemudian, bagian paruh burung ini juga berukuran yang cenderung pendek. Memang bentuknya berbeda dengan jenis burung perkutut yang biasa. Biasanya perkutut biasa ukurannya juga lebih kecil.

Uniknya, biasanya paruh burung kantong semar tidak bisa menutup secara rapat. Bentuk tubuh burung perkutut ini juga tidak begitu panjang. Lalu, bagian kepalanya juga terlihat bulat dengan bagian mata yang juga terlihat bulat seperti halnya koin.

Mitos Perkutut Kantong Semar

Salah satu keunikan burung perkutut ini yaitu mitos dan filosofi yang dimilikinya. Salah satunya Perkutut Katuranggan Kantong Semar mempunyai filosofi sebagai wadah untuk menyimpan hal-hal yang baik. Diantaranya seperti sifat baik yang dimiliki oleh Semar di cerita pewayangan.

Maka dari itu, pada saat memelihara jenis burung perkutut ini, pemelihara tersebut diingatkan supaya bisa memahami dan mencontoh sifat sifat baik yang dimiliki oleh Semar di tokoh pewayangan.

Selain itu, Perkutut Kantong Semar juga dipercaya memiliki tuah yang baik menurut mitos yang sudah menyebar luas di masyarakat. Menurut keyakinan sebagian besar masyarakat, memelihara jenis burung perkutut ini bisa membantu pemiliknya supaya bisa lebih disegani dan dihormati oleh banyak orang.

Hal ini disebabkan karena kantong semar yang dimiliki oleh perkutut ini akan membantu menambah kewibawaan hingga mengumpulkan kekayaan atau berkah untuk orang yang memeliharanya.

Cara Memelihara Perkutut Kantong Semar

Agar burung perkutut peliharaan Anda bisa mengeluarkan suaranya dengan merdu, maka harus disertai dengan perawatan yang tepat saat memeliharanya. Mulai dari pemberian pakan, penjemuran, hingga perawatan harian yang lainnya. Perkutut adalah jenis burung pemakan biji-bijian. Maka dari itu, dalam perawatannya Anda harus memberikan pakan yang tepat dan bernutrisi.

Jika burung peliharaan Anda bisa mendapatkan perawatan yang baik dan benar di setiap harinya, maka Burung Perkutut Kantong Semar Anda bisa menjadi jinak dan pastinya bisa mengeluarkan suara yang merdu setiap harinya.

Update Info Terbaru