Inilah Jenis Burung Pemakan Ikan dan Karakteristiknya

Jenis burung yang ada di dunia ini bermacam macam. Dari semua jenis burung yang ada di dunia semuanya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Dari jenis makanannya pun berbeda beda. Ada yang emakan serangga, ada yang memakan buah buahan dan ada juga yang memakan biji bijian.

Dari jenis makanannya itu, menjadikan jenis burung tersebut mempunyai bentuk paruh yang berbeda. Misalnya saja untuk burung pemakan ikan.

Burung pemakan ikan biasanya mempunyai bentuk paruh yang besar dan lebar. Apa saja jenis burung yang memakan ikan itu? Berikut ini akan dijelaskan beberapa burung yang suka makan ikan dan karakteristiknya.

Burung Raja Udang

Burung Pemakan Ikan
Burung Pemakan Ikan

Burung Raja Udang punya warna bulu biru kehijauan yang menjadikan burung ini tampak sangat mempesona. Apabila burung Tengkek Udang ini keadaan menukik pada aliran air maka akan tampak bayangan biru kehijauan dari bulunya.

Tak hanya warnanya yang cantik, Tengkek Udang ini juga punya suara yang bagus untuk digpakai sebagai burung masteran.

Burung Tengkek Udang ini termasuk burung pemburu yang cerdik. Hal ini disebabkan dari tempatnya bertengger, burung Tengkek Raja Udang bisa sabar dalam menunggu makanannya. Hal ini terbukti jika burung ini sangat lincah.

Tak hanya itu saja, kelihaian Tengkek Udang ini juga dapat kita saksikan jika ada ikan yang muncul pada permukaan air. Maka dari itu, burung Raja Udang ini akan melesat menggunakan kecepatan yang tinggi.

Kemudian menukik ke dalam air untuk menyambar ikan itu. Burung Tengkek Udang ini ibaratnya seperti anak panah. Sangat cermat dalam menangkap mangsa dengan begitu tepat.

Burung Kormoran

Burung Kormoran
Burung Kormoran

Seluruh dari spesies kormoran merupakan hewan yang pemakan ikan, belut kecil, bahkan juga bisa memakan ular laut. Mereka akan berusaha menyelam di dekat permukaan.

Mereka juga akan mendayung dengan kaki mereka untuk selanjutnya menyelam di laut guna mencari makanan kesukaan mereka. Beberapa spesies diketahui bisa menyelam hingga encapai 45 meter.

Kormoran termasuk burung air yang punya kaki berselaput dan pada bagian bawah paruhnya terdapat kantung seperti pelikan. Makanan utamanya memang berupa ikan.

Setelah kormoran dilepas dari perahu oleh para nelayan, mereka langsung menyelam dan langsung menangkap ikan dengan paruhnya.

Ikan yang telah ditangkap kormoran tentu tidak bisa langsung ditelan oleh burung. Sebab karena tertahan oleh ring yang dipasang pada bagian lehernya.

Dan pada saat itulah nelayan akan mengambil ikan yang tersangkut pada mulutnya. Setiap kali dilepas ke permukaan air, burung kormoran akan terus mencari ikan.

Namun, kemudian akan diambil lagi oleh nelayan. Begitu juga seterusnya, sehingga nelayan bisa mengumpulkan ikan dalam jumlah yang banyak.

Burung Grebe

Ukuran dari burung pemakan ikan dengan nama burung grebe bervariasi. Dari burung kecil hingga menengah ke atas. Untuk burung Grebe terkecil, Least Grebe,dengan ukuran 23,5 cm dengan berat 120 gram.

Kemudian untuk yang terbesar, Great Grebe, berukuran 71 cm dengan massa 1,7 kg. Grebe merupakan jenis burung perenang dan juga burung penyelam yang handal.

Mereka mempunyai kaki yang terletak jauh di belakang, bisa berlari diatas air untuk waktu yang singkat akan tetapi seringkali mngalami jatuh.

Burung Loon

Untuk jenis burung pemakan ikan selanjutnya adalah burung loon. Burung loon adalah kelompok burung akuatik yang ditemukan pada berbagai tempat yang ada di Amerika Utara dan juga selatan Eurasia.

Loon seukuran bebek besar atau angsa kecil, yang terkadang terlihat bentuknya mirip dengan kedua jenis binatang itu pada saat mereka berenang.

Bulu mereka terutama didominasi dengan warna putih dan hitam, dengan warna abu-abu pada kepala dan juga bagian leher pada beberapa spesies, dan bulu bagian perut yang pada umumnya berwarna putih. Seluruh spesies dari genus ini memiliki paruh berbentuk tombak.

Tinggalkan Komentar