Karakteristik Burung Pelatuk Kundang dan Perilaku Di Habitatnya

Dari berbagai macam jenis burung yang ada di alam ini, ada satu jenis burung yang memiliki karakter atau ciri khas yang unik.

Burung yang memiliki karakteristik yang unik tersebut adalah burung pelatuk. Jenis burung ini sering terlihat di alam liar dan mempunyai kebiasaan mematuk matuk batang pohon dan membuat lubang di pohon tersebut.

Maka dari itu, burung ini disebut dengan burung pelatuk. Patukannya pada pohon tersebut ternyata burung tersebut sedang mencari rayap ataupun larva yang terdapat pada dalam kulit pohon.

Atau mencari serangga serangga yang terdapat di luar kulit pohon tersebut. Untuk burung pelatuk ,menciptakan sarangnya pun juga dengan cara mematukinya.

Dan setelah itu lama kelamaan menjadi sebuah lubang yang kemudian akan dijadikan sarang untuk beristirahat atau bertelur mereka.

Jenis Burung Pelatuk

Nah, burung pelatuk ini tidak hanya memiliki satu jenis saja, akan tetapi jenis burung pelatuk ini ada bermacam macam.

Dan dari jenis burung pelatuk tersebut, masing masing memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda beda.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut lagi, dibawah ini akan diulas mengenai salah satu jenis dari burung pelatuk yang terdapat di dunia ini yaitu pelatuk kundang.

Caladi Kundang atau Pelatuk Kundang

Burung Pelatuk Kundang
Burung Pelatuk Kundang

Jenis burung pelatuk kundang ini memiliki ukuran yang memang agak besar yaitu 30 cm. Kemudian memiliki bulu yang tampak lebih indah dan juga berwarna-warni.

Bagian tubuhnya juga terlihat semampai, kemudin untuk bagian lehernya terlihat panjang.

Kemudian untuk bagian sayap dan juga pada bagian ekor nya memiliki warna hitam, dan tampak kontras dengan tubuh yang terlihat lebih pucat.

Untuk burung jantan memiliki ciri khas pada bagian jambul dan kerongkongan berwarna merah.

Dan tersapu jingga pada bagian punggung serta di bagian tunggir. Sedangkan untuk tubuh bagian bawah berwarna kemerahan.

Dan untuk jenis burung pelatuk kundang yang berjenis kelamin betina memiliki ciri ciri yaitu pada bagian jambul berwarna coklat gelap.

Kemudian pada bagian punggung berwarna putih, tubuh bagian bawah berwarna abu-abu.

Untuk burung ini semuanya pada bagian bulu sayap primer dan juga sekunder bergaris-garis dengan warna coklat berangan. Kemudian untuk bagian iris memiliki warna kuning-jingga.

Lalu ciri selanjutnya pada bagian paruh berwarna kekuningan, sedangakan pada bagian kaki berwarna abu-abu kemerahan.

Habitat dan Perilaku Burung Pelatuk Kundang

Perilaku Burung Pelatuk
Perilaku Burung Pelatuk

Burung Pelatuk Kundang sering sekali dijumpai di kawasan Sumatera dan juga di wilayah Kalimantan. Di dataran rendah khususnya Jawa burung ini jarang dijumpai.

Namun kadang-kadang burung ini juga terdapat di hutan hujan primer atau terdapat di hutan hujan sekunder khususnya di pegunungan yang ada pada ketinggian sampai dengan 2200 m.

Dan khususnya terdapat pada wilayah di Jawa barat. Untuk burung pelatuk kundang ini sama pada jenis burung pelatuk pada umumnya.

Dan burung ini juga terlihat hidup berpasangan ataupun dalam kelompok yang kecil.

Burung ini suka ribut dan juga suka mematuk bergema pada saat mencari makan pada semua tingkatan yang ada di hutan.

Saat menemuka pohon yang diinginkan, burung ini mematu matuk pohon, dan setelah menemukan makanannya, burung pelatuk menjulurkan lidahnya keluar dan memakan serangganya yang telah ditemukan.

Selain memakan serangga, burung ini mau memakan biji bijian dan juga buah buahan yang ada di alam liar.

Jika dipelihara, burung ini bisa dijadikan sebagai burung masteran karena kicauannya yang unik.

Tinggalkan Komentar