Jenis Burung Paruh Bengkok Paling Mudah Dalam Perawatannya

Burung paruh bengkok, saat ini memang banyak digemarioleh para kicau mania. Baik itu karena mudah di dalam perawatannya ataupun karena suara kicauannya yang indah dan juga merdu.

Burung dengan paruh bengkok ini merupakan peliharaan yang sangat eksotis dan juga mempesona. Biasanya burung paruh bengkok bisa memiliki kecerdasan yang tidak dimiliki oleh jenis burung yang lainnya.

Bahkan, ada jenis burung yang bisa menirukan suara manusia. Burung paruh bengkok terdiri dari puluhan jenis, mulai dari burung nuri, betet, kakatua, cockatiel / palek, ring-neck, parkit, sampai dengan lovebird.

Setiap spesies memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, meski burung paruh bengkok umumnya membutuhkan asupan pakan yang bervariasi.

Perawatan yang tidak semestinya akan menjadikan burung mengalami kekurangan gizi, yang dampaknya bisa terlihat dari penampilannya. Nah berikut ini akan diulas mengenai jenis burung paruh bengkok yang mudah perawatannya.

1. Burung Parkit

Burung Paruh Bengkok
Burung Paruh Bengkok

Banyak orang yang menyebut urung parkit ini dengan sebutan burung bayan atau betet. Hal ini disebabkan memang burung parkit masih termasuk kedalam jenis burung bayan ataupun burung betet.

Parkit warnanya yang sangat beragam ada warna kuning ,hijau dan ada juga warna biru ke hijauan dengan banyaknya pilihan warna pada burung parkit.

Maka dari itu, banyak sekali yang membeli burung parkit untuk dibuat sebagai peliharaan khususnya hiasan taman rumah. Pada umumnya anak anak kecil juga senang sekali dengan burung parkit sebab ukuran badan burung yang mungil serta lucu.

Burung parkit termasuk burung lucu dan tampak cantik sekali. Akan tetapi untuk kicauan burung parkit ini berbeda seperti jenis burung kicauan lainya.

Kemudian untuk cara merawatnya juga begitu mudah sekali, oleh penggemar burung kicauan burung parkit sekarang ini banyak di kembangbiakan caranya dengan ditangkarkan.

Untuk anda yang sekiranya mungkin gemar dengan burung berkicau dengan jenis yang satu ini, maka tidak ada salahnya jika terlebih dahulu mengetahui tentang makanan burung parkit yang tepat.

Sebab dengan jenis makanan yang bagus burung ini akan gemar berkicau dengan gacornya.
Sebenarnya untuk makanan Burung Parkit tidaklah begitu sulit ditemukan. Sebab burung parkit ini adalah penggemar dari biji-bijian, sayuran dan juga makanan berupa buah-buahan.

2. Burung Nuri

Burung Nuri
Burung Nuri

Burung paruh bengkok ini merupakan salah satu burung yang kicauannya banyak digemari para pecinta burung kicauan.

Selain suaranya yang merdu, Nuri bahkan bisa menirukan suara yang pernah ia dengar dan berbicara selayaknya manusia jika dilatih secara khusus. Keunikan burung cantik ini terletak pada warna bulunya yang terang, beragam dan kontras.

Burung Nuri juga dikenal sebagai burung yang cerdas dengan daya ingat tinggi. Daya ingat tinggi inilah yang membuat Nuri mampu menirukan suara yang pernah ia dengar.

Karena daya ingat ini pula, Nuri dianggap sebagai burung paling pintar seperti Burung Beo yang mampu menirukan ucapan dan berbicara selayaknya manusia.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, keunikan Nuri terletak pada warna tubuhnya yang berwarna-warni.

Burung nuri tidak suka diletakkan pada sangkar tertutup. Caranya mudah, cukup letakkan Nuri di kandang terbuka yang terdiri dari pipa panjang dari besi atau plastik dan rantai untuk mengikat kaki Nuri agar tidak terbang.

Guna memandikan Nuri, Anda hanya perlu menyemprotkan air secara rutin setiap hari. Usahakan saat menyemprot tidak mengenai bagian dalam telinga burung.

Saat mengeringkan, daripada menggunakan hairdryer lebih baik Anda menjemur Nuri agar terkena sinar matahari langsung.

Jemur Nuri saat matahari pagi sedang bersinar agar bulu burung tersebut tetap indah dan cemerlang. Memang cukup mudah perawatannya, tapi butuh ketelitian.

Tinggalkan Komentar