Inilah Jenis Burung Paruh Bengkok yang Paling Memesona

Apa sih, burung paruh bengkok itu? Burung paruh bengkok adalah burung yang mempunyai bentuk paruh membengkok ke bawah. Burung jenis ini tergolong burung yang memiliki penampilan eksotis. Kini, burung paruh bengkok mulai langka. Itulah sebabnya, keberadaan suaka margasatwa sangat penting untuk melindungi spesies burung yang satu ini.

Burung paruh bengkok dikenal mudah dijinakkan. Burung ini memiliki keahlian khusus, yaitu bisa menirukan suara yang diucapkan manusia. Selain itu, burung paruh bengkok mampu mengenali majikannya dan menirukan perilakunya.

Berikut ini daftar burung paruh bengkok yang paling memesona di dunia.

  • Burung Macaw

Burung Macaw
Burung Macaw – trendburung.blogspot.com

Burung macaw, burung terindah yang sering muncul di film-film Hollywood. Burung macaw memiliki bulu-bulu indah yang dibalut aneka warna menawan. Burung ini tergolong pemakan semua jenis biji. Paruhnya cukup kuat untuk memotong jenis biji yang keras.

Burung macaw terdiri dari beberapa kategori, yaitu blue and gold macaw, buffon’s macaw, hyanchinth, dan scarlet macaw. Burung blue and gold macaw mempunyai bulu yang didominasi warna biru dan kuning. Sementara burung buffon’s macaw diselimuti bulu berwarna hijau dengan jambul berwarna merah.

Burung macaw yang paling sulit ditaklukkan, yaitu hyanchinth. Warna bulunya biru muda dengan sorot mata yang tajam. Panjang burung ini mencapai 1 meter sehingga agak sulit untuk mengurusnya.

Satu lagi jenis burung macaw yang indah, yaitu scarlet macaw. Burung yang satu ini berbulu lebat dan halus. Warna bulunya seperti warna pelangi, yaitu kombinasi warna hijau, merah, kuning, dan biru.

  • Burung Kakaktua
Kakatua
Kakatua – Wikimedia.org

Siapa yang tidak mengenal burung kakaktua? Burung kakaktua sangat populer sampai dijadikan judul lagu anak-anak. Tapi, tidak dimungkiri, burung ini memang memiliki banyak keistimewaan.

Burung kakaktua terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain kakaktua raja, kakaktua putih, dan kakaktua jambul kuning. Kakaktua raja mempunyai ciri khas berbulu hitam. Bagian kepalanya terdapat jambul lebat berwarna hitam pula. Sementara kakaktua putih tidak memiliki jambul. Tapi, bulu-bulunya sangat indah yang didominasi warna putih.

Burung kakaktua jambul kuning adalah kakaktua paling memesona. Burung yang satu ini memiliki bulu warna putih dan jambul berwarna kuning. Panjang tubuhnya sekitar 35 cm. Paruhnya yang bengkok didominasi warna abu-abu muda.

Pesona burung paruh bengkok memang tidak ada habisnya. Burung macaw dan kakaktua hanyalah dua contoh dari beberapa jenis burung paruh bengkok yang indah. Kelestarian burung paruh bengkok adalah tanggung jawab seluruh manusia.

Tinggalkan Komentar