Cara Membedakan Burung Parkit Jantan Dan Betina Paling Mudah

Parkit termasuk salah satu dari jenis hewan rumahan favorit dari keluarga. Burung parkit ini memiliki warna warni bulunya yang tampak sangat indah.

Kemudian burung yang sudah termasuk pada kategori paruh bengkok atau istilahnya parrot ini juga begitu cocok untuk dipelihara di rumah menjadi hewan kesayangan anda.

Di negara Amerika khususnya, banyak orang yang ingin memelihara burung parkit sebagai hewan rumahan. Sebab selain dapat dijinakkan, burung ini pun juga cukup pintar dan rajin dalam berkicau.

Harus kita ketahui bersama, jika burung paruh bengkok atau burung jenis parrot ini, termasuk jenis burung yang lincah.

Tidak bisa dipungkiri jika banyak pemelihara burung gemar sekali dalam menjinakkan burung parkit, burung beo, kakak tua, cockatiel, love bird dan juga berbagai macam jenis burung paruh bengkok yang lainnya.

Kemudian tidak banyak orang mengetahui jika pada dasarnya, burung parkit dengan jenis kelamin jantan jauh lebih mudah untuk dilatih jika dibandingkan dengan burung parkit betinanya.

Maka dari itu, sebelum anda membeli burung parkit untuk dilatih, pastikan jika anda membawa pulang burung yang pejantan.

Perbedaan Burung Parkit Jantan dan Betina yang Masih Muda

Burung Parkit Jantan Dan Betina
Burung Parkit Jantan Dan Betina

Dan apabila anda ingin ternak burung parkit, sebaiknya anda bisa memprediksi umur parkit dan membedakan jenis kelamin parkit jantan dan betina.

Karena masih banyak juga yang menanyakan mengapa parkitnya tidak juga mau bertelur, padahal telah lama berpasangan. Dan sesudah diselidiki, ternyata burung itu masih begitu muda.

Kenyataannya, sebagian besar dari pemula yang mencoba ingin beternak parkit masih belum mengetahui bagaimana cara membedakan burung parkit masih muda yang belum siap untuk diternakkan. Dan parkit yang seperti apa yang sudah siap untuk reproduksi. Berikut ini perbedaan burung parkit jantan dan betina yang anakan.

Tengara Garis Di Kepala

Dalam beberapa jenis burung parkit, burung parkit yang masih berumur di bawah 4 bulan punya garis-garis di bagian bulu di depan kepala.

Garis-garis yang tampak indah ini ini berjajar sampai dengan pangkal paru. Bertempat pada dekat cere ataupun dekat pada lubang hidungnya.

Pada saat berusia 5 bulan, garis-garis itu akan hilang, sebab burung parkit akan mengalami proses yaitu rontok bulu atau mengalami fase mabung untuk yang pertama kali.

Sebulan berikutnya, atau saat usia 6 bulan ke atas, warna bulu pada bagian depan kepala yang awal mulanya terdapat garis-garis akan berubah menjadi lebih terang dan garis-garis sudah hilang dengan permanen.

Nah, pada saat bulu pada bagian depan kepala sudah mulai terlihat jelas terang, keadaan ini merupakan pertanda parkit telah siap untuk dikembangbiakkan.

Yang harus anda ingat, dalam beberapa jenis parkit yang lainnya, terkadang garis-garis bulu ini juga tidak kelihatan jelas atau malah terlihat samar-samar walaupun usianya masih begitu muda.

Tengara Iris Mata

Iris mata yaitu bagian seperti halnya cincin yang mengelilingi pada bagian bola mata, atau dapat juga dinmakan cincin mata. Kita juga dapat memprediksi umur parkit jika dilihat dari warna iris matanya.

Hal ini sangat penting untuk mengkonfimasi dari prediksi awal berdasarkan dengan garis pada kepala.

Dalam jenis parkit tertentu yang pada saat muda hanya punya garis samar-samar, tengara bagian iris mata menjadi begitu membantu dalam memprediksi tentang umur.

Burung parkit yang berumur masih sangat muda, atau berusia yang kurang dari 4 bulan, punya iris mata dengan warna hitam, bahkan seluruhnya punya warna hitam.

Pada saat memasuki usia 4 sampai dengan 6 bulan, warna iris menjadi abu-abu yang gelap.

Selanjutnya pada saat usia 6 sampai dengan 8 bulan berwarna abu-abu, hingga pada akhirnya ketika sudah berusia 8 bulan atau bahkan lebih memiliki warna putih yang terang. Pada waktu inilah burung parkit telah siap untuk dikembangbiakkan.

Tengara iris mata yang seperti ini tidak berlaku untuk parkit jenis tertentu yang secara genetik memang sudah punya iris mata berwarna merah.

Dan burung parkit hasil mutasi warna seperti halnya burung parkit albino, lutino, lacewing, serta fallow yang pada umumnya memiliki iris mata yang berwarna pink.

Tengara Bintik Hitam Di Dagu dan Leher

Parkit yang memiliki usia yang masih muda terdapat bintik-bintik atau spot dengan warna hitam dan tidak beraturan. Yang terdapat pada bulu di bagian dagu dan juga bagian lehernya.

Bintik-bintik ini akan bisa menyatu serta menjadi spot atau tanda yang hitam dan juga besar sesudah burung parkit berusia dewasa.

Tengara Warna Hidung atau Cere

Melihat pada bagian hidung atau bagian cere juga dapat dijadikan tengara guna memperkirakan usia dari burung parkit. Jika warnanya semakin terlihat terang, maka semakin muda usianya.

Membedakan Burung Parkit Jantan dan Betina Dewasa

Perbedaan Burung Parkit Jantan dan Betina Dewasa
Perbedaan Burung Parkit Jantan dan Betina Dewasa

Sesudah mengetahui beberapa tengara untuk membedakan atau memprediksi umur dari burung parkit, hal selanjutnya yang tidak kalah pentingnya dalam konteks penangkaran atau peternakan adalah membedakan jenis kelamin burung parkit jantan dan betina tersebut.

Untuk jenis kelamin burung parkit jantan dan betina bisa kita amati antara lain dilihat pada bagian pangkal paruh. Yang mana kedua lubang hidung atau nostril atapunu cere terlihat berada.

Untuk burung yang jantan, warnanya terlihat biru tua mengkilat. Kemudian pada burung betina yang memiliki warna keputihan atau berwarna cokelat muda.

Langkah ini hanya berlaku untuk membedakan burung parkit yang sudah dewasa, atau sudah memiliki usia 6 bulan keatas.

Pada burung parkit yang masih muda, apalagi bila umurnya masih di bawah 4 bulan, untuk warna pada bagian pangkal paruh ini nyaris sama semua, putih atau berwarna cokelat muda.

Akan tetapi bila diamati secara cermat, maka untuk burung parkit yang muda dengan jenis kelamin jantan warnanya sedikit lebih kebiruan. Dan kemudian akan semakin terlihat jelas seiring dengan bertambahnya usia.

Lihat Bagian Cere atau Lubang Hidung

Ini termasuk cara paling mudah dan akurat untuk mengetahui ciri-ciri dari burung parkit dengan jenis kelamin jantan. Parkit dengan jenis kelamin jantan punya cere berwarna biru.

Kemudian untuk burung betina punya cere dengan warna putih. Itulah cara yang paling mudah untuk mengetahui perbedaan parkit jantan dan betina.

Akan tetapi, sayang sekali hal ini dapat dilakukan apabila burung parkit tersebut sudah berumur kurang lebih 1 tahun. Sebab semakin dewasa maka warna dari cere akan jadi semakin terlihat.

Berbeda sekali jika burung parkit masih dalam kategori anakan atau masih bakalan.

Dalam membedakan burung parkit jantan dan betina pada waktu usia masih muda, anda juga harus lebih teliti lagi dalam melihat bagian cere.

Pada umumnya, burung parkit jantan yang masih muda punya bagian cere berwarna putih kemerah-merahan atau berwarna pink. Dan untuk pigmen pada cere belum terbentuk sempurna jadi warna biru tersamar menjadi warna pink.

Sayang sekali, hal seperti ini tidak diketahui banyak orang, jadi banyak orang sering menganggap jika burung parkit yang punya cere berwarna pink akan dianggap sebagai parkit yang betina.

Faktanya, burung parkit betina yang masih muda punya cere dengan warna putih gading atau bahkan warnanya kusam.

Tinggalkan Komentar