Cara Mudah Merawat Burung Nuri Agar Tidak Stress

Burung nuri adalah burung yang istimewa, sebab burung paruh bengkok ini memiliki kederdasan yang tidak dimiliki oleh jenis burung yang lainnya.

Untuk memperoleh burung nuri yang cerdas dan istimewa tentunya tidak dengan dibiarkan saja, akan tetapi juga harus dirawat dengan sebaik mungkin.

Burung Nuri Agar Tidak Stress
Burung Nuri Agar Tidak Stress

Selain itu juga harus menjaganya dengan baik agar burung nuri tidak menjadi stress. Burung nuri yang Anda pelihara juga bisa mengalami masalah seperti halnya stres.

Kondisi yang seperti ini pastinya tidak baik untuk kesehatan burung sebab bisa mempengaruhi mental dan juga mempengaruhi fisiknya.

Ciri Burung Nuri Yang Stress

Burung nuri peliharaan anda yang sedang dalam keadaan stres akan mengalami berbagai macam perubahan.

Khususnya perubahan pada fisik, emosional, dan juga metabolisme tubuh dari burung tersebut. Oleh sebab itu, burung nuri yang mengalami stres tidak boleh dibiarkan saja.

Untuk burung nuri yang mengalami strss biasanya akan mengalami perubahan dari yang semula jinak dan kemudian tiba-tiba akan berubah menjadi burung yang liar.

Selain itu burung yang semula mau makan makanannya sehari hari, mendadak menolak makan seperti yang diberikan tiap harinya.

Burung yang sebelumnya rajin berbunyi atau gacor, tiba-tiba bisa langsung berubah menjadi pendiam atau bahkan mengalami macet bunyi.

Tak hanya itu saja, burung nuri mulai sering mengembangkan bulu-bulunya atau bahkan mengembung meskipun dia aktif bergerak dan masih mau makan makanannya.

Dan untuk burung paruh bengkok, seperti burung Nuri ini, perubahan perilakunya ditandai dengan burung akan menyakiti dirinya sendiri.

Contohnya burung akan mencabuti bulu-bulunya atau menjadi galak Serta sering menggigit tangan yang memberinya pakan.

Yang harus kita sebagai pecinta burung yaitu harus merawatnya dengan baik burung nuri agar tidak Untuk cara merawat burung nuri agar tidak stress yaitu sebagai berikut ini.

Jaga Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang harus selalu diperhatikan. Anda setidaknya harus secara rutin membersihkan kotoran burung serta memberikan desinfektan.

Untuk mengembangbiakan burung ini, sebaiknya anda membuat kandang yang sedikit dalam dengan nuansa gelap. Biasanya Burung Nuri menyukai suasana yang tenang dan agak suram.

Hindari Penggunaan Rantai

Hindari Penggunaan Rantai Pada Burung Nuri
Hindari Penggunaan Rantai Pada Burung Nuri

Menggunakan sangkar atau kandang tanpa jeruji memang sangat ekonomis dan akan memudahkan kita memindahkannya.

Hanya saja kandang atau sangkar seperti ini tidak baik untuk burung itu sendiri karena, adanya rantai yang membelenggu akan membuat burung rawan.

Makanan

Agar burung nuri tidak stress dan bisa berumur panjang serta tetap sehat anda harus memberikannya beberapa makanan dengan rutin.

Berikanlah makanan buah-buahan seperti pisang, pepaya dan apel sebab sangat disukai oleh Nuri.

Selain memberikan buah-buahan ada juga dapat memberikan makanan pendamping misalnya seperti biji-bijian atau kacang-kacangan.

Tak hanya itu, burung ini juga gemar makan sayur-sayuran seperti hanya brokoli, wortel serta kangkung.

Burung nuri juga bisa diberikan susu. Selain itu, jangan lupa air putih juga sangat diperlukan oleh burung, jadi harus secara rutin diganti.

Apabila nuri masih anakan, berikanlah Burung Nuri makanan yang berupa cairan gula. Langkah pembuatannya, sediakan air kurang lebih sebanyak 1/3 gelas.

Selanjutnya masukkan 2 sendok makan gula pasir kemudian diaduk dan diberikan setiap 2-3 jam sekali.

Pemberian Suntikan Anti Stress

Merwat burung nuri agar tidak stress maka harus dilakukan penyuntikan anti stress. Atau jika burung nuri anda menjadi semakin liar, anda bisa memberikan suntikan anti stress burung ini.

Tinggalkan Komentar