Mengenal Burung Merak Si Cantik Yang Mulai Langka

Burung Merak Si Cantik Yang Mulai Langka

Siapa yang tidak terpesona ketika melihatnya? Burung merak merupakan salah satu burung yang terindah di dunia yang memiliki bulu-bulu cantik.

Saat melebarkan sayapnya, tampaklah bulatan-bulatan aneka warna. Kalau diperhatikan lebih lama, bulatan itu mirip bola-bola mata. Cobalah dekati dan perhatikan setiap helai bulunya.

Sebenarnya, bulu-bulu cantik itu hanya sehelai bulu halus tanpa warna. Uniknya, saat bulu menyatu dan mekar, terlihatlah aneka warna. Apalagi, Anda melihatnya dari jauh, kecantikannya semakin mengagumkan.

Burung merak berhabitat di hutan. Kelompok satwa ini banyak ditemukan di daratan India, Pakistan, Nepal, Srilanka, dan Bhutan.

Tapi kini sudah nyaris punah. Burung merak hanya bisa Anda lihat di suaka margasatwa atau cagar alam. Itu pun tinggal beberapa jenis saja, seperti merak hijau, merak biru, dan merak kongo.

Rahasia Bulu Burung Merak

Burung Merak
Burung Merak / pixabay.com

Selama ini, bulunya dianggap sebagai simbol keindahan semata tanpa tahu makna yang tersembunyi di dalamnya. Tapi, sesungguhnya, bulu-bulu merak memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsinya, yaitu untuk melindunginya dari serangan musuh.

Ketika ada musuh, merak akan membuka bulunya. Lalu, muncul bulatan-bulatan menyerupai bola mata. Saat itu, musuh burung merak akan merasa berhadapan dengan ratusan mata burung merak. Padahal, hanya satu burung saja yang dihadapi sang musuh.

Fenomena bola mata ini terjadi karena adanya kemampuan rambut-rambut kecil yang memantulkan cahaya. Cahaya yang dipantulkan oleh rambut berubah menjadi gelombang panjang yang terdiri dari beberapa macam warna. Kemudian, warna itu membentuk bulatan kecil yang mirip mata.

Burung Merak Jantan Pemilik Keindahan Itu

Burung Merak Jantan
Burung Merak Jantan / pixabay.com

Tahukah Anda, hanya merak jantan yang gemar memekarkan bulu ekornya. Ekor merak jantan akan membuka lebar saat musim kawin. Burung merak jantan berlomba-lomba memamerkan keindahan ekornya untuk menarik perhatian lawan jenis. Saat mekar, bulu ekor merak membentuk kipas dengan serabut-serabut halus berwarna indah.

Fakta Menarik Burung Merak Betina

Burung Merak Betina
Burung Merak Betina / pixabay.com

Merak betina memiliki ukuran tubuh lebih kecil daripada merak jantan. Bulu-bulu merak betina berwarna cokelat kehijauan. Sama seperti merak jantan, merak betina juga mempunyai mahkota yang indah di kepalanya.

Burung merak betina tidak menyukai suasana ribut. Saat bertelur, burung merak akan membawa telurnya ke tempat yang tenang dan aman dari serangan predator. Namun, burung merak hanya bisa bertelur sekali dalam setahun.

Sampai detik ini, belum ada burung yang menyaingi keindahan burung merak. Meskipun jejaknya hampir hilang, burung ini tetap menjadi burung paling sempurna di dunia.

Tinggalkan Komentar