Habitat, Populasi, dan Cara Hidup Burung Merak Biru

Merak biru atau disebut juga Merak india, yang punya nama ilmiah Pavo cristatus merupakan salah satu burung dari tiga jenis burung merak.

Merak biru  memiliki bulu berwarna biru gelap mengkilap. Untuk ukuran burung jantan usia dewasa besar, panjangnya bisa mencapai 230 cm. Terdapat penutup ekor yang cukup panjang berwarna hijau metalik.

Bagian atas kepalanya ada jambul tegak biru membentuk seperti kipas. Burung betina ukurannya lebih kecil dari pada burung jantan.

Bulu-bulunya tidak tampak mengkilap, berwarna coklat kehijauan dan ada garis-garis hitam tidak dihiasi bulu penutup ekor. Burung muda sama seperti betina.

Hampir pada seluruh kebun binatang di Indonesia selalu menjadi primadona, dengan atraksi indah pada waktu memamerkan ekor kipasnya yang sangat besar.

Merak jantan akan mengembangkan bulu-bulu penutup ekornya yang begitu indah guna menarik perhatian betinanya. Seperti halnya jenis bangsa burung-burung lainnya yang punya ritual khusus berupa tarian atau keelokan bulu pejantan.

Tujuannya untuk mengawini betina di musim kawin. Burung merak biru, lebih familiar di Indonesia sebab dipelihara secara eksitu oleh kebun binatang serta taman satwa di nusantara.

Populasi Burung Merak Biru

Burung Merak Biru
Burung Merak Biru

Populasi Merak Biru ini berada di hutan terbuka dengan padang rumput  seperti di India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan juga Bhutan. Di Bangladesh dulunya species ini pernah dijumpai, namun sekarang kemungkinan besar sudah dikatakan punah.

Burung merak Biru jantan merupakan poligami spesies, memiliki pasangan yang lebih dari satu. Saat musim kawin, burung jantan pamer bulu ekornya di depan burung betina.

Bulu-bulu penutup ekor dibuka seperti kipas dengan bintik berbentuk mata berwarna biru. Burung betina umumnya menetaskan tiga hingga enam butir telur.

Pakan burung Merak Biru terdiri atas berbagai biji-bijian, pucuk rumput serta dedaunan, bermacam serangga, dan juga bermacam jenis hewan kecil seperti halnya cacing, laba-laba dan juga kadal kecil.

Keindahan Merak Biru

Keindahan Merak Biru
Keindahan Merak Biru

Sayap yang cantik pada merak ternyata hanya ada pada merak jantan, bukan betina.  Sayap yang cantik ini dipakai oleh merak jantan dalam menarik perhatian sang betina.

Sedangkan, Burung betina dari spesies ini tidak memiliki bulu ekor yang panjang, supaya dapat bersembunyi serta bertelur dengan aman di balik semak-semak.

Burung yang punya sayap berwarna cerah ini, memang terkenal tampilannya cantik dan mempesona.

Oleh sebab itu, banyak yang mempercayai burung merak menjadi simbol kecantikan, kesetiaan, keabadian serta ketentraman. Namun terdapat beberapa hal yang tidak kalah istimewa dari burung nasional negara India ini.

Habitat Merak Biru

Habitat burung merak Biru yaitu ada di hutan dan juga terdapat di hutan hujan yang banyak ditemukan di daerah India, Pakistan, Asia Tenggara, Sri Lanka dan juga ditemukan di daerah Afrika Tengah.

Merak sangat gemar memakan biji-bijian, buah berry,. Bahkan burung merak suka memakan daun, bagian bunga,. Burung merak juga mau memakan serangga serta makhluk kecil yang lainnya.

Cara hidup dari burung merak biru yaitu dengan berkelompok dan juga membentuk keluarga.

Pada waktu malam hari burung ini tinggal di atas pepohonan dan kemudian pada saat hari sudah menunjukan waktu siang, burung merak biru akan lebih senang berkeliaran di wilayah tanah. Dan juga suka sekali bertengger di atas dahan pohon yang sudah gundul.

Burung merak yang sedang bertengger akan terlihat sangat indah dan mempesona tampilannya. Terlebih lagi saat bulunya mekar, lebih indah lagi.

Tinggalkan Komentar