Mengenal Ciri Khas Burung Layang-layang Api (Hirundo rustica)

Burung Layang-layang Api (Hirundo rustica) adalah salah satu jenis burung yang hampir ada di berbagai penjuru dunia. Jenis burung Layang-layang juga banyak sekali yang bisa kita jumpai.

Namun, ciri khas antara burung layang-layang satu dengan yang lainnya memiliki kemiripan. Tak heran jika banyak orang yang sulit membedakan antara jenis satu dengan yang lainya.

Burung Layang-layang Api
freepik.com

Ciri Khas Burung Layang-Layang Api

Nah, supaya bisa membedakannya, sebaiknya Anda harus memahami ciri-ciri di setiap jenisnya. Termasuk Layang-layang Api ini. Ciri khas burung Layang-layang Api (Hirundo rustica) yaitu memiliki tubuh yang berukuran sedang.

Panjang tubuhnya sekitar 20 cm termasuk juga bagian bulu ekor burung Layang-layang yang memanjang. Warna burung ini yaitu didominasi dengan warna biru mengkilap dan putih.

Ciri khas burung Layang-layang ini selanjutnya yaitu pada tubuh bagian atas berwarna biru baja. Sedangkan untuk bagian pinggir tenggorokan burung ini tampak berwarna kemerahan.

Bagian perut burung ini tampak berwarna putih dan terdapat garis berwarna biru yang ada pada bagian dada atasnya.

Perlu Anda ketahui, jika bagian ekor burung ini sangat panjang. Bagian ekornya juga ditandai dengan bintik berwarna putih yang berada pada dekat ujung bulu.

Hal yang membedakan burung Layang-layang Api dengan Layang-layang Batu yaitu bagian perut berwarna putih bersih dan ekornya yang lebih memanjang. Adanya garis dada biru juga menjadi pembeda burung ini dengan Layang-layang Batu.

Pada saat berusia remaja, bulu burung ini warnanya terlihat lebih suram. Lalu, di bagian ekornya juga tidak terdapat pita panjang. Sehingga, di usianya yang remaja ini lebih sulit dibedakan dengan burung Layang-layang Batu.

Iris mata burung ini juga berwarna coklat. Kemudian, untuk bagian paruh dan kakinya berwarna hitam. Selain dijuluki dengan Layang-layang Api, Hirundo rustica juga disebut juga burung Layang-layang Asia.

Habitat

Layang-layang api (Hirundo rustica) termasuk jenis burung yang termasuk anggota Hirundinidae. Burung ini bisa dijumpai pada berbagai macam ketinggian dataran.

Pada waktu musim migrasi, burung ini biasanya mencari makan dalam kelompok yang cukup besar. Bahkan kelompok burung ini bisa dalam jumlah ratusan bahkan juga ribuan. Layang-layang Api (Hirundo rustica) adalah jenis burung pemakan serangga yang berukuran kecil.

Bburung ini akan berkembangbiak di belahan utara. Dan ketika memasuki musim dingin, burung Layang-layang ini akan bermigrasi ke arah selatan lewat Afrika, Asia, Asia tenggara, Filipina, Australia, dan tak ketinggalan juga Indonesia.

Perilaku

Burung Layang-layang ini memiliki kebiasaan yang sama dengan burung layang-layang pada umumnya. Sehari-harinya burung ini suka berjemur di atas kabel-kabel listrik dengan berkelompok dengan jumlah yang banyak.

Ketika berjemur di atas kabel, bahkan tak jarang burung ini bergabung dengan jenis burung Layang-layang Batu. Bentuknya sangat mirip sehingga tidak terlihat perbedaanya saat sedang bertengger.

Burung ini biasanya banyak dijumpai di Taman Nasional Lore Lindu pada saat musim migran burung-burung yang dari utara. Biasanya pada saat akhir Agustus hingga akhir Mei.

Burung Layang-layang ini juga kerap terlihat mengunjungi wilayah pedesaan yang terbuka. Terutama di wilayah sekitar perairan, danau, rawa, di hutan pamah dan daerah pesisir, serta kawasan mangrove.

Populasi

Perlu Anda ketahui, jika burung Layang-layang Api (Hirundo rustica) merupakan salah satu jenis burung yang dalam status konservasi dengan resiko rendah. Bahkan, di dalam daftar merah IUCN telah dikatakan jika populasinya saat ini cenderung menurun.

Update Info Terbaru