Inilah 4 Jenis Burung Langka Endemik Kalimantan

Di alam ini banyak sekali jenis burung dengan keunikan dan ciri khas tersendiri. Akan tetapi banyak juga burung yang saat ini populasinya sudah menurun dan sudah dikatakan sangat langka.

Burung Langka Endemik Kalimantan
Burung Langka Endemik Kalimantan

Banyak sekali burung endemik dari berbagai macam pulau di Indonesia yang sudah punah atau sangat langka. Diantaranya adalah burung endemik pulau Kalimantan. Untuk mengetahui lebih lanjut berikut ini jenis burung langka endemik kalimantan yang harus anda ketahui.

Burung Peladuk Kalimantan

Hanya ada satu yang diketahui, didapatkan pada waktu abad ke-19. Habitat alaminya yaitu berada di hutan lembap dataran rendah tropis ataupun subtropis. Status dari burung ini juga kurang dikenal, walaupun kemungkinan belum punah.

Sebelumnya IUCN telah mengklasifikasikan bahwa burung ini sudah punah. Akan tetapi penelitian baru akan menunjukkan kurangnya informasi yang bisa dipercaya.

Sementara di sisi lain beberapa penapat dan dugaan juga sudah dikumpulkan dari spesimen yang ada, membuka jalur-jalur baru penelitian. Dengan begitu, statusnya berubah menjadi Kurang Data pada saat tahun 2008.

Burung Beleang Bulwor

Sempidan Kalimantan atau yang biasa disebut Beleang Bulwor merupakan jenis burung langka endemik Kalimantan. Sedangkan untuk spesies ini secara lokal biasa ditemui pada kawasan terlindung.

Misalnya saja di Taman Nasional Kayan Mentarang, Kalimantan Timur, mereka juga jarang dijumpai di tempat lain. Burung ini mendiami bukit serta wilayah bawah hutan pegunungan tropis.

Burung unik ini juga cenderung memilih hutan hujan dataran tinggi dan juga jarang mengunjungi dataran rendah di bawah ketinggian 300 meter (980 kaki). Makanan dari burung ini terutama terdiri dari buah-buahan, cacing, dan juga suka makan serangga.

Burung ini juga sudah terdaftar sebagai Rentan dalam daftar IUCN sebab populasi menurun drastis. Alasan utama dari penurunan ini yaitu kehilangan habitat fragmentasi akibat kebakaran dan penebangan hutan komersial.

Perburuan lokal juga termasuk faktor yang merusak populasi burung ini. Kemudian, program penangkaran yang bertujuan untuk melestarikan spesies ini bahkan tidak banyak berhasil.

Burung Kasumba Kalimantan

Kasumba Kalimantan
Kasumba Kalimantan

Kasumba kalimantan atau juga sering disebut Luntur kalimantan adalah salah satu jenis burung langka endemik kalimantan. Dan spesies burung di dalam keluarga Trogonidae yang bisa kita jumpai di Indonesia serta Malaysia.

Habitat alaminya yaitu berada pegunungan berhutan lembap subtropis atau tropis. Burung ini juga sudah terancam oleh hilangnya habitat mereka. Burung jenis ini tersebar di hutan dataran rendah tropis Sunda Besar.

Antara lain yaitu Sumatera, Jawa, dan juga Kalimantan pada ketinggian kurang dari 600 meter dari permukaan laut. Akan tetapi, sekarang ini luntur kasumba sudah jarang ditemui pada daerah-daerah tersebut.

Ancaman terhadap populasi ini terjadi sebab habitat mereka kerap mengalami penebangan serta dikonversi menjadi lahan pertanian.

Tak hanya itu saja, kebakaran hutan yang sering terjadi baik disengaja ataupun tidak disengaja memberikan dampak negatif pada keberadaan populasi burung jenis ini.

Luntur kasumba memiliki ukuran besar dengan panjang kurang lebih 33 cm dan kepalanya berwarna hitam. Terdapat beberapa perbedaan antara burung jantan dan juga burung betina.

Secara fisik, burung jantan punya kalung merah khas yang lebar serta bentuk bulan sabit putih di dada. Kemudian burung betina juga punya tenggorokan dan dada yang berwarna abu-abu kecokelatan dan perut cokelat muda.

Akan tetapi, keduanya sama-sama beriris cokelat, kulit sekitar mata berwarna biru, paruh kebiruan, dan bagian kaki berwarna jingga.

Burung Paruh Kodok Kalimantan

Burung Paruh-kodok Kalimantan yang memiliki nama latin Batrachostomus mixtus merupakan salah satu spesies burung di dalam keluarga Podargidae. Burung ini bisa ditemukan di Indonesia dan Malaysia.

Habitat alaminya yaitu di hutan dataran rendah lembap subtropis atau tropis dan pegunungan lembap subtropis dan tropis. Jenis burung ini juga sudah terancam karena hilangnya habitat mereka yang disebabkan beberapa faktor.

Tinggalkan Komentar