Ciri Khas Burung Kolibri Sepah Raja dan Perawatan Hariannya

Burung Kolibri sepah raja merupakan jenis burung kolibri yang mempunyai karakteristik suaranya yang sangat khas. Jenis burung pemakan madu ini memiliki kekebalan tubuh yang bisa dikatakan kuat.

Meskipun jika diamati dari ukuran badan yang hanya kurang lebih sekitar 3 cm saja. Dengan ukuran yang kecil maka burung ini terlihat lemah.

Burung kolibri sepah raja atau kolibri merah pada umumnya tinggal pada kawasan hutan tropis dan juga terkadang sering dijumpai di pohon cerry ketika sedang mengambil sari bunganya.

Burung ini termasuk jenis burung pemakan nektar dan juga pemakan serangga. Kemudian mempunyai habitat di semak, perkebunan, hutan dan tersebar hingga ketinggian 800 – 900 m dpl.

Ciri Burung Kolibri Sepah Raja

Burung Kolibri Sepah Raja
Burung Kolibri Sepah Raja

Burung sepah raja ini mempunyai tubuh berukuran sedang (13 cm). Burung jantan memiliki ciri khas yaitu Warna merah terang. Pada bagian dahi serta bagian ekor pendek berwarna ungu.

Perut juga tampak lebih abu-abu gelap. Sedangkan burung kolibri sepah raja betina warnanya Hijau tua zaitun tua buram. Tanpa ada sapuan merah pada bagian sayap atau pada bagian ekor.

Untuk bagian iris gelap, paruh berwarna kehitaman, dan untuk kaki warnanya kebiruan. Sepah raja terkadang hidup sendirian atau berpasangan.

Burung ini juga sering mendatangi semak atau pohon yang berbunga kemudian membangun sarang berbentuk kantung.

Sarangnya yang menggantung berada dekat permukaan tanah, pada tepi hutan atau pada belukar sekunder. Telur berwarna merah jambu, berbintik, jumlah kurang lebih 2 butir.

Perawatan Burung Sepah Raja

Perawatan Kolibri Sepah Raja
Perawatan Kolibri Sepah Raja

Guna memperoleh burung kolibri sepah raja yang rajin berkicau pastinya harus dengan tahapan perawatan yang baik. Tujuannya supaya burung menjadi sehat.

Ketika burung selalu kondisi sehat dan stamina prima maka dari itu burung akan rajin berkicau. Berikut ini akan diulas mengenai tips perawatan untuk burung madu sepah raja :

Penjemuran

Pada pagi hari sesudah subuh kira-kira sudah mulai terlihat terang, coba keluarkan burung. Lalu diembunkan sampai keluar sinar matahari yang menghangatkan tubuhnya secukupnya saja.

Pemandian dan Makanan Sepah Raja

Selanjutnya, mandikan burung Kolibri menggunakan semprot/sprey yang lembut atau anda dapat menggunakan cepuk mandi.

Kurang lebih 1 jam, angkat Kolibri lalu letakkan pada tempat yang teduh atau teras, berikan makanan yang berupa ulat hongkong atau voer.apabila burung sudah mau makan voer. Sebab burung ini bukan termasuk burung yang memakan buah buahan.

Berikan atau sediakan air gula yang takarannya 50 banding 50 untuk pengganti madu. Sebab kondisi madu biasanya kental pada umumnya burung kalobri akan lebih memilih air gula.

Akan tetapi jangan lupa juga tetap sediakan air putih dsn disarankan air yang sudah matang atau air mineral.

Pemasteran

Langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya yaitu pemasteran suara yang bagus.

Antara lain caranya yaitu sandingkan suara burung Kolibri yang telah gacor atau dengan cara membunyikam rekaman suara burung Kolibri yang telah jadi dalam bentuk mp3. Tujuannya supaya burung Kolibri yang kita punyai semakin terlatih gacor.

Di wilayah jawa burung kolibri sepah raja ini sudah sulit untuk dijumpai. Karena jumlah burung ini sudah menurun. Oleh sebab itu hindarilah memburu burung ini dengan cara yang liar. Sebaiknya burung jenis ini ditangkarkan agar tidak menjadi punah.

Hal ini juga berlaku untuk setiap jenis burung kicauan. Burung kicauan yang habitatnya masih ada di alam liar jika diburu terus menerus akan menyebabkan kepunahan.

Tinggalkan Komentar