Burung Kolibri Lebah, Jenis Burung Terkecil dan Unik Di Dunia

Membahas tentang jenis burung yang ada di dunia ini, ada burung yang memiliki ukuran sangat besar. Dan selain itu, ada juga jenis burung yang ukurannya paling kecil di dunia ini.

Kuba ternyata memiliki beberapa jenis burung endemik yang dinilai sangat unik. Misalnya saja burung kolibri lebah / bee hummingbird (Mellisuga helenae).

Dahulu burung ini diliarkan dan punya tingkah unik yang sangat di kagumi oleh masyarakat yaitu mempunyai kemampuan mirip dengan kupu – kupu dalam penyerbukan bunga. Tidak hanya bunga saja burung kolibri bisa melakukan penyerbukan ke berbagai jenis tanaman dan juga pepohonan.

Burung Kolibri Lebah
Burung Kolibri Lebah

Postur tubuhnya yang begitu mungil, bahkan termasuk burung paling kecil di dunia. Meskipun tubuhnya mungil, kolibri lebah ternyata memiliki nyali yang bagus dengan suara yang kencang.

Burung ini punya ukuran tubuh yang sangat kecil, beratnya 1,6-2 gram dan panjangnya 5-6 cm. Kolibri Lebah sendiri tidak lebih besar dari serangga, akan tetapi bodinya lebih besar sedikit dari lebah.

Maka tidaklah heran, jika banyak kalangan yang memanggilnya burung kecil ini dengan sebutan Kolibri Lebah.

Ciri Kolibri Lebah Jantan dan Betina

Ciri-ciri burung Kolibri Lebah jantan biasanya mempunyai warna hijau di bagian belakang dengan tenggorokan warna merah menyala. Sementara, bagian atas warnanya biru dan sisanya abu-abu.

Yang betina tak berbeda jauh, hanya saja bagian atasnya berwarna hijau dan ukuran tubuhnya lebih besar sedikit dari burung Kolibri Lebah jantan. Selain termasuk burung terkecil di dunia, telur kolibri lebah juga paling kecil di antara telur unggas lainnya.

Keunikan Burung Kolibri Lebah

Keunikan Burung Kolibri Lebah
Keunikan Burung Kolibri Lebah

Meski bertubuh mungil, kolibri lebah memiliki nyali yang bagus, bahkan bisa sangat agresif terhadap jenis burung lain yang berukuran lebih besar.

Burung dari keluarga Trochilidae ini juga mempunyai beberapa keunikan yang tidak bisa ditemukan pada burung lainnya. Burung ini memiliki keunikan keunikan yang tidak dimiliki oleh jenis burung yang lain.

Bobot dari tubuhnya ini bahkan lebih ringan daripada berat sekeping uang koin kecil. Kemudian burung kecil ini juga mampu mengepakkan sayapnya hingga 80 kali perdetik, serta mampu terbang hoovering dan bergerak maju mundur.

Tak hanya itu saja, burung ini mampu terbang selama waktu kurang lebih 24 jam tanpa berhenti. Dan selama musim kawin, kepakan sayapnya meningkat hingga 200 kali / detik dengan kecepatan terbang 40 – 48 km / jam.

Suara kicauan kolibri lebah juga tidak jauh berbeda dari beberapa jenis kolibri lainnya. Antara lain berupa suara cerecetan dan besetan-besetan tajam.

Akan tetapi suara tersebut dibawakan sedikit lebih kencang. Jadi dapat dimanfaatkan untuk memancing bunyi burung kicauan lainnya, seperti burung-madu, pleci, cucak keling, cucak kombo, dan juga kemade.

Burung ini akan makan dan minum sebanyak 1/2 dari bobot tubuhnya untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Makanan Burung Kolibri Lebah

Makanan utama dari burung Kolibri Lebah adalah nektar, akan tetapi terkadang dia juga memakan serangga. Misalnya saja seperti laba-laba kecil. Dalam sehari saja, burung dengan ukuran tubuh yang sangat kecil ini mampu mengambil nektar dari 1.500 bunga.

Burung Kolibri Lebah turut membantu reproduksi bunga-bunga tersebut karena serbuk sari yang diambil dari salah satu bunga terbawa ke bunga lainnya.Kebiasaannya yaitu menghisap cairan manis yang terdapat pada bunga yang sedang bermekaran.

Dengan begitu, makanan burung kolibri biasa dengan kolibri lebah yang sangat kecil dan mungil ini sama. Walaupun ukuran tubuhnya sangat berbeda.

Tinggalkan Komentar