Inilah 8 Macam Burung Kicau Termerdu Untuk Dipelihara

Indonesia merupakan negara yang punya biodiversitas tertinggi kedua yang ada di dunia, termasuk berbagai macam jenis burung kicau nya. Hal ini akan membuat burung kicau punya penggemarnya sendiri. Komunitasnya juga sering dinamakan sebagai kicaumania. Banyak yang mencari burung kicau termerdu yang jadi peliharaan atau sering diikutsertakan dalam perlombaan.

youtube.com

Di Indonesia sendiri pecinta burung kicau ini mengelompokkan berbagai macam burung kicau menjadi berbagai kategori. Seperti burung fighter dan juga semi fighter. Setiap jenis burung kicau punya suara dan nada yang unik. Biasanya sebagian besar suara pejantan jenis burung kicau terbilang lebih merdu dibandingkan dengan burung betina. Burung kicau termerdu biasanya memiliki harga yang mahal.

Daftar Burung Kicau Termerdu Suaranya

Seperti yang telah disinggung tadi ,bahwa burung kicau terbagi ke dalam burung fighter dan semi fighter. Umumnya burung fighter hidup sendiri dan selalu menjaga daerah teritorialnya. Memiliki sifat yang mudah terpancing emosi, sehingga berkicau dengan keras ketika mendengar suara burung lain.

Sementara itu, burung semi fighter lebih sering hidup berkelompok. Selain burung semi fighter ada pula jenis burung kicau masteran. Umumnya burung ini sering dijadikan sebagai guru vokal bagi burung lain. Suara kicauannya sangat tajam, nyaring dan rapat. Agar lebih jelas, berikut ini kami sampaikan berbagai macam jenis burung kicau yang memiliki suara merdu.

1. Cucak Rowo

Jika bertanya soal harga dari burung kicau yang satu ini memang tergolong mahal. Hal ini karena sebanding dengan suara kicauannya yang sangat merdu. Bahkan di beberapa daerah, burung cucak rowo ini suaranya dikenal dengan istilah nglagu, semi ropel, engkel, ropek, isian dan rusak.

Penyebaran burung cucak rowo mulai dari pulau Sumatera, pulau Jawa bagian barat, Kalimantan, sampai dengan ke Semenanjung Malaysia. Jika berdasarkan dari tempat asalnya, jenis cucak rowo terbagi lagi menjadi 6 macam jenis. Yakni cucak rowo Malaysia, cucak rowo Bengkulu, cucak rowo Jawa Barat, cucak rowo Medan, cucak rowo Lampung dan cucak rowo Kalimantan.

2. Burung Kenari

Kenari merupakan salah satu jenis burung kicau yang sudah terkenal. Nama hewan ini berasal dari nama daerah yang menjadi habitat asalnya. Burung ini berasal dari kepulauan Canary di Spanyol. Burung ini dikenal dengan burung peliharaan sejak abad ke-17, sebab suara kicauannya begitu merdu. Burung kenari jantan adalah penyanyi yang dinilai lebih baik dibandingkan dengan betinanya.

Kicauan burung ini mempunyai nada dan pola yang unik, burung kenari juga bisa meniru suara yang didengarnya berulang-ulang kali. Bila mendapatkan pelatihan yang tepat, burung ini bisa mempelajari berbagai macam jenis nada. Kemampuannya untuk mempelajari nada instrumen musik dan suara burung lain membuat burung ini menjadi salah satu burung kicau termerdu dengan harga yang mahal.

3. Murai Batu

Murai Batu yang banyak digemari di negara Indonesia dan berbagai negara lainnya. Burung ini asalnya ditemukan di Eropa, Asia dan Afrika. Murai batu sangat terkenal, sebab memiliki kicauan yang indah dan dapat menirukan berbagai macam jenis nada. Umumnya burung yang berkicau berpasangan dicabang pohon paling atas di sekitar daerah hutan bebatuan. Burung ini terbiasa mengulangi berbagai nada kicauan 3-4 kali.

Panjang burung murai batu antara 21-25 cm memiliki berat tubuh mencapai 110 gram. Sementara itu, habitat asli dari burung murai batu adalah di hutan dan juga taman pinggiran kota. Burung ini juga bisa melakukan perjalanan jauh ketika terjadi pergantian musim.

4. Jalak Suren

Jalak suren sering disebut dengan nama Pied Myna. Sementara di dalam bahasa inggris jalak suren sering dinamakan Asian Pied Starling. Suara kicauannya yang sangat indah dan dapat dijinakkan bila dipelihara dari mulai anakan. Hal ini membuat burung jalak suren mempunyai daya tarik tersendiri saat berada di kalangan pecinta burung.

Sampai saat ini, harga burung jalak suren mempunyai sangat bervariatif mulai dari 350 sampai 850 ribu sedangkan anak hanya dijual dengan harga Rp350.000. Bahkan jalak suren yang sudah pernah menjuarai lomba mempunyai harga yang melonjak di atas 2 juta.

Burung jalak suren berasal dari wilayah Asia Tenggara dan juga India. Salah satu yang menjadi kelebihan burung kicau ini dibandingkan dengan jenis jalak lain adalah suara kicauannya yang keras dan tebal. Di Indonesia, burung ini juga sering disebut sebagai burung penjaga rumah. Sebab bila melihat orang yang tidak dikenal, burung ini bisa bersuara lebih ngotot. Burung jalak suren memiliki panjang 20 sampai 24 cm.

5. Kacer

Burung kicau kacer ini juga sering dikenal dengan nama Magpie Robin. Mempunyai ekor yang panjang dan lurus serta warna khas tubuhnya hitam putih. Sayapnya memiliki warna hitam dan putih di bagian tengah. Sementara di bagian perut dan dada mempunyai warna putih. Tubuh bagian atas burung kacer semuanya berwarna hitam termasuk bagian matanya.

Habitat asli dari burung kacer ini berada di India dan Asia Tenggara. Sarangnya terbuat dari kayu pohon yang dilubangi. Pejantan burung kacer bersuara lebih keras dan juga lebih sering berkicau ketika tiba musim kawin. Kicauannya sangat bervariasi dan terus-menerus, menjadikan burung kacer sangat digemari oleh para pecinta burung kicau.

6. Love Bird

Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari burung love bird ini adalah tampilan warna bulunya yang sangat eye catching. Umumnya bulu burung lovebird mempunyai berbagai macam paduan warna di bagian tubuhnya seperti kuning, hijau, dan orange.

pasberita.com

Burung ini telah dipelihara sejak beberapa tahun lalu. Harga burung lovebird lumayan tinggi namun tidak membuat pecinta burung kicau melewatkan lovebird kedalam koleksinya. Jika dilihat secara fisik, burung ini mirip dengan jenis burung parkit.

Suara burung lovebird sangat unik, dengan demikian burung ini bisa dikategorikan sebagai jenis burung kicau termerdu. Kebiasaan burung lovebird saat berkicau disebut dengan istilah ngekek. Burung ini juga sering diikutsertakan di dalam perlombaan karena suaranya yang merdu.

7. Burung Cendet

Jenis burung yang satu ini sering dikenal dengan nama burung Cendet, Plentet atau Pentet. kicauannya sangat keras, sehingga banyak dicari para pecinta burung. Salah satu alasan lain banyak orang yang menyukai burung ini adalah warnanya yang cenderung indah. Kombinasi warna dari burung cendet begitu elegan.

Di bagian paruh dan juga kepala hitam pekat menjadikannya tampak sangar. Sementara di bagian leher mempunyai warna putih dan tubuhnya memiliki warna coklat muda. Sekarang ini sudah banyak penghobi burung yang mengadakan kontes untuk lomba burung cendet.

8. Cucak Ijo

Burung cucak ijo, sesuai dengan namanya tubuhnya didominasi warna hijau dan ada juga perpaduan warna hitam di bagian paruh dan kepala. Cucak hijau bisa dengan mudah ditemukan di berbagai wilayah yang ada di Indonesia seperti Bali, Banyuwangi, Kalimantan dan Sumatera.

Salah satu jenis burung kicau termerdu adalah cucak ijo. Saat ini yang sedang menjadi primadona adalah burung yang berasal dari Banyuwangi. Burung ini sangat digemari sebab memiliki suara yang merdu. Cucak hijau dapat hidup berkelompok di dalam hutan.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar