8 Cara Mengobati Burung Kenari yang Mudah Sakit

Burung kenari termasuk binatang yang banyak dipelihara. Namun burung bernama latin Serinus canaria  ini tergolong burung yang rentan sakit. Beberapa penyakit yang sering menyerang kenari seperti sakit mencret, pilek, susah bernapas, penyakit bubul, cacingan, dan terserang kutu.

Oleh karena itu, jika ingin memelihara burung ini, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengobati burung kenari yang sedang sakit. Lebih baik lagi, jika Anda bisa melakukan pencegahan agar burung tersebut tidak sampai sakit.

Berikut ini beberapa cara mencegah dan mengobati burung kenari yang sakit.

  1. Membersihkan kandang
Membersikan koran burung – udikhangeblog.wordpress.com

Kebersihan sangkar burung mutlak harus dilakukan. Sebab sering kali penyebaran virus atau bakteri burung bermula dari kandang yang kotor. Anda harus rutin membersihkan sangkar burung ini setiap hari. Selain itu, seminggu sekali Anda dapat menyemprotkan cairan antibakteri atau disinfektan.

  1. Membersihkan burung

Selain kandang, burung kenari pun harus selalu terjaga kebersihannya. Anda dapat memandikannya secara rutin setiap hari, terkecuali saat musim hujan. Sebab burung kenari ini termasuk burung yang tidak tahan dingin.  

  1. Mengobati sesuai jenis penyakit
Burung Kenari - pixabay.com
Burung Kenari – pixabay.com

Ketika terlihat burung kenari tidak seperti biasanya, Anda perlu segera mengetahui apa penyebabnya. Jadi Anda pun dapat segera melakukan pengobatan yang sesuai.

Misalnya, ketika kenari ini terlihat sulit bernafas, pilek, dan mudah bersin. Kemungkinan besar burung tersebut terserang virus atau bakteri. Anda dapat mengobatinya dengan memindahkan burung tersebut ke kandang khusus. Pisahkan burung ini dari burung lainnya agar penyakit tersebut tidak sampai menular. Anda perlu memperhatikan kebersihan pakan, kandang dan minuman. Tambahkan multivitamin tertentu yang dapat membantu menyegarkan kembali pernafasan burung ini.

Contoh lainnya, ketika burung kenari terlihat lemas, nafsu makan menurun dan bentuk kotoran yang dikeluarkan cair, kemungkinan besar burung ini terkena penyakit cacingan. Anda dapat mengatasinya dengan membersihkan kandang burung dan membelikan obat cacing khusus burung kenari.

Prinsipnya, Anda dapat mengobati burung kenari sesuai jenis penyakitnya. Dengan rutin mengamati gerakan burung, Anda bisa mengetahui apakah burung kenari kesayangan Anda ini sedang sehat atau sakit.

  1. Berikan makanan sehat dan bergizi
Apel Segar – pixabay.com

Anda dapat memberikan makanan yang sesuai, seperti jangkrik, ulat, dan kroto. Anda dapat juga memberikan makanan tambahan seperti telur puyuh, irisan buah apel, jagung, dan sawi muda. Yang penting, Anda dapat memberikan makanan dengan porsi yang seimbang dan tidak sampai berlebihan.

  1. Mengerudungi sangkar kenari
Krodong – ozankicaumania.com

Saat malam hari atau ketika hujan, Anda perlu mengerudungi sangkar burung ini. Sebab burung kenari tidak tahan terhadap cuaca dingin. Selain itu, Anda dapat menempatkannya di ruangan yang hangat. Bila perlu, Anda dapat menambahkan lampu bohlam di sangkar burung agar suhu sangkar selalu hangat.

  1. Hindari terkena angin
burung kenari – kenariimportbandung.blogspot.co.id

Kebersihan sangkar burung mutlak harus dilakukan. Sebab sering kali penyebaran virus atau bakteri burung bermula dari kandang yang kotor. Anda harus rutin membersihkan sangkar burung ini setiap hari. Selain itu, seminggu sekali Anda dapat menyemprotkan cairan antibakteri atau disinfektan.

Bukan hanya cuaca dingin, burung kenari juga tidak tahan terhadap embusan angin. Oleh karena itu, saat angin berembus kencang, Anda harus segera memindahkan burung ini ke dalam ruangan.

  1. Menjemur kenari
menjemur

Anda harus menjemur kenari setiap hari. Lakukan saat pagi hari sekitar pukul 7 pagi. Sinar matahari itu dapat menyingkirkan bakteri dan virus yang menempel di tubuh.

  1. Memberikan air minum matang

Pastikan Anda memberikan air minum yang matang. Hindari memberikan air minum yang belum dimasak karena dapat membuat kenari menjadi sakit.   

Kunci membuat kenari selalu sehat dan jarang sakit adalah menghindarkan kenari dari cuaca dingin dan angin. Oleh karena itu, Anda perlu selalu memastikan burung kenari berada dalam suhu yang hangat. Dengan begitu, kenari pun akan selalu ceria dan siap berkicau untuk Anda.

Tinggalkan Komentar