Karakteristik Burung Kasuari dan Keunikan Yang Dimiliki

Burung Kasuari termasuk jenis burung yang mempunyai ukuran tubuh sangat besar dan termasuk jenis burung yang tidak mampu terbang.

Kasuari yang termasuk binatang yang dilindungi di Indonesia dan juga sebagai fauna identitas provinsi Papua Barat terdiri atas tiga jenis .

Ketiga spesies dari Kasuari yaitu Kasuari Gelambir Tunggal dengan nama latin Casuarius unappendiculatus. Kasuari Gelambir Ganda yang memiliki nama latin Casuarius casuarius, dan juga Kasuari Kerdil (Casuarius bennetti).

Burung Kasuari termasuk burung besar yang indah menawan. Tetapi dibalik keindahan burung Kasuari mempunyai sifat yang agresif dan cenderung galak jika diganggu.

Burung bertubuh besar ini sangat galak dan pemarah dan tidak segan-segan mengejar ‘korban’ atau orang yang jadi pengganggunya. Maka dari itu, di kebun binatangpun, Kasuari tidak dibiarkan berkeliaran bebas.

Karakteristik Kasuari

Burung Kasuari
Burung Kasuari

Burung Kasuari memiliki ukuran tubuh yang berukuran sangat besar, terkecuali Kasuari Kerdil yang memiliki tubuh yang lebih kecil. Kasuari juga tidak dapat terbang.

Burung kasuari dewasa mempunyai tinggi hingga mencapai 170 cm, dan memiliki bulu berwarna hitam yang keras dan juga kaku. Beratnya juga biasanya dari mulai 25 sampai dengan 60 kg.

Pada bagian atas kepalanya Kasuari mempunyai tanduk yang tinggi berwarna kecokelatan. Burung betina serupa dengan burung jantan, dan biasanya berukuran lebih besar dan juga lebih dominan.

Kaki burung Kasuari memang sangat panjang dan kuat. Kaki ini menjadi senjata utama burung yang langka dan dilindungi ini. Kaki dari Kasuari bisa menendang dan juga bisa merobohkan musuh-musuhnya, termasuk manusia, hanya dengan sekali tendangan saja.

Mungkin disebabkan oleh tendangan dan agresifitasnya ini tidak berlebihan jika kemudian The Guinness Book of Records menobatkannyasebagai burung yang paling berbahaya di dunia dengan tendangan mematikan.

Pada Kasuari Gelambir Ganda memiliki dua buah gelambir dengan warna merah pada lehernya dengan kulit leher berwarna biru. Sedangkan pada Kasuari Gelambir Tunggal yang nama latinnya Casuarius unappendiculatus, sesuai namanya hanya mempunyai satu gelambir saja.

Keunikan Burung Kasuari

Keunikan Burung Kasuari
Keunikan Burung Kasuari

Uniknya, burung yang cantik ini ternyata sifatnya sangat agresif. Di balik penampilan fisiknya yang cantik burung kasuari telah dikategorikan sebagai jenis burung yang paling berbahaya.

Sebenarnya burung Kasuari juga termasuk jenis hewan yang pemalu apabila tidak merasa terganggu. Akan tetapi, jika merasa terganggu maka burung ini akan berubah menjadi binatang yang sangat galak dan juga sangat agresif.

Burung Kasuari mempunyai cakar yang sangat tajam dan juga punya tendangan yang cukup dahsyat. Sedangkan kaki burung Kasuari ini yaitu senjata utama sebab sangat kuat dan juga sangat panjang.

Burung Kasuari mampu menendang serta merobohkan musuhnya dengan sekali tendangan, termasuk juga menendang dan merobohkan manusia.

Makanan Kasuari

Sama dengan jenis-jenis burung leher panjang yang lain, Kasuari juga menangkap mangsanya dengan cara mengejar dan mematuk mangsanya khususnya pada jenis serangga yang terbang.

Makanan utama dari Kasuari ini adalah berupa serangga, buah-buahan, dan ada saatnya makan batu-batuan yang ukurannya kecil.

Sampai sekarang ini, masih belum diketahui apakah jenis burung ini makan cacing atau tidak sebab burung ini dikenal tidak mengais tanah saat mencari makanan.

Jenis buah yang disukai oleh burung Kasuari yaitu berupa buah jambu atau buah lain yang memiliki kulit yang tebal yang pada umumnya tergeletak di atas tanah.

Sesudah tergeletak di atas tanah, kasuari akan segera mematuk dan juga segera menjepitnya. Setelah itu Kasuari akan menghentakkan kepalanya sambil menengadahkannya serta diangkat ke atas.

Tinggalkan Komentar