Mengenal Burung Kakaktua Raja Hitam dan Perilakunya

Burung kakaktua raja hitam termasuk salah satu dari beberapa jenis burung kakaktua yang terdapat di kepulauan indonesia. Kakaktua ini sangatlah berbeda dengan burung kakaktua lainnya sebab burung ini punya bulu yang berwarna hitam.

Ukurannya yang besar menjadikan Kakaktua Raja Hitam ini menjadi burung kakaktua yang paling besar yang terdapat di indonesia.

Ukuran dewasannya saja burung ini dapat mencapai 60cm, serta memiliki jambul yang memiliki warna hitam pekat. Jika diamati terlihat sedikit menyeramkan sebab kakatua ini warnanya hitam yang tergolong warna yang cukup mistis.

Kakaktua Raja Hitam ini memiliki nama yang berbeda-beda di tiap daerahnya namun nama nasionalnya tetap sebagai Kakaktua Raja Hitam.

Ciri Khas Burung Kakaktua Raja Hitam

Burung Kakaktua Raja Hitam
Burung Kakaktua Raja Hitam

Burung kakaktua raja hitam ini bisa mencapai ukuran panjang maksimal mencapai 51 sampai dengan 64 cm. Bagian bulunya berwarna hitam, jambul juga mempunyai warna hitam dan memiliki pipi yang memiliki warna merah, jambul pada burung ini dapat di tegakan.

Kemudian ukuran paruh pada kakaktua raja hitam ini memiliki ukuran yang besar dan juga panjang namun untuk betinanya akan memiliki paruh yang kecil. Selain itu juga memiliki warna lidah merah tapi pada bagian ujung lidah yang hitam. Kemudian warna pada lingkar mata dari burung ini yaitu hitam. Bagian mata memiliki warna cokelat gelap dan kakaktua raja memiliki kaki yang berwarna abu-abu

Dan selain warnanya yang mencolok kakaktua raja ini punya ciri khas pada saat terbang jabul dari burung ini akan terangkat tinggi. Burung kakaktua raja hitam ini biasa hidup sendirian ataupun memiliki kelompok kecil sampai memiliki anggota 5 ekot burung.

Sedangkan kakaktua raja ini sendiri termasuk burung dinural atau burung yang melakukan bermacam aktifitas pada siang hari. Burung ini hanya memakan biji-bijian yang memiliki ukuran besar dan juga keras. Tak hanya itu saja, kakaktua ini juga senang sekali memakan buah dan juga tunas daun.

Habitat Kakaktua Raja Hitam

Habitat Kakaktua Raja Hitam
Habitat Kakaktua Raja Hitam

Kakaktua Raja memiliki habitat alami di hutan hujan tropis, dan termasuk juga pinggiran hutan. Burung ini memilih pohon pohon besar dan tinggi untuk bersarang dan berkembangbiak.

Pada siang hari, burung ini berdiam di dekat makanan atau sumber air dan pada malam hari bertengger di dalam atau di dekat sarangnya.

Perilku Kakatua Raja Hitam

Warna pipi burung ini dapat berubah warna kulit sesuai dengan tingkat kesehatan atau stress. Pada saat stres berat kulit akan berubah warna ke merah muda atau berwarna krem.

Lalu pada saat sangat bersemangat/gembira perubahan kulit menjadi kuning. Burung Kakaktua Raja hitam bisa dijumpai sendirian ataupun berpasangan, dan kadang dalam ukuran kelompok yang lebih besar.

Mereka akan menghabiskan banyak waktu mereka di kanopi hutan yang tinggi atau terbang di antara tempat bertengger serta mencari makan.

Burung ini juga kerap makan dalam kelompok besar. Yang mana satu burung penjaga akan mengamati predator yang ada. Apabila pemangsa atau ancaman lainnya muncul maka burung yang bertugas berjaga memberikan alarm menangis guna memberitahukan yang lain.

Pada saat hujan, burung ini kerap dijumpai dalam keadaan tergantung terbalik dengan sayap dan ekor mereka terulur, seolah-olah seperti mandi. Jadi burung ini tampak sangat unik jika dilihat dari tingkah dan perilakunya.

Demikianlah ulasan mengenai burung kakaktua raja hitam. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Tinggalkan Komentar