Mengenal Lebih Dekat Burung Kacer Wulung Raja dan Perawatannya

Para pecinta burung kicauan pastinya sudah tidak asing lagi dengan burung kacer. Kacer merupakan burung petarung yang memiliki karakter suara yang bagus. Ada beberapa jenis kacer yang perlu Anda ketahui, salah satunya yaitu Burung Kacer Wulung Raja.

Kacer Wulung Raja ini merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara kicauan yang bervariasi. Kicauan yang dihasilkan tidak berbeda jauh dengan jenis burung kacer yang lainnya.

Burung Kacer Wulung Raja
youtube.com

Populasi Burung Kacer Wulung Raja

Kacer Wulung ini memang dinilai sebagai jenis burung kacer yang paling istimewa. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena habitat aslinya di alam liar sekarang ini sudah mulai langka. Jumlahnya memang lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis burung kacer yang lainnya.

Maka dari itu, untuk mendapatkan jenis burung kacer ini di pasaran saat ini sangatlah sulit.  Jika bisa menemukan jenis burung ini di pasaran, pastinya harganya juga sangat mahal dibandingkan burung kacer pada umumnya.

Ciri-Ciri Fisik Burung Kacer Wulung Raja

Ciri-ciri burung Kacer Wulung Raja yang pertama yaitu dilihat dari postur tubuhnya. Postur tubuh Kacer Wulung ini lebih besar dari pada dengan jenis burung kacer yang lainnya.

Tak hanya itu saja, jenis kacer ini juga mempunyai karakter mental fighter yang sangat tinggi. Mental yang tinggi tersebut juga diiringi dengan volume suara kicauan yang bervariasi dan juga terdengar cukup keras.

Gaya tarung Kacer Wulung Raja ini juga cukup bagus, diantaranya seperti buka ekor. Kemudian, warna bulunya terlihat hitam mengkilap full pada bagian bulu bagian kepala hingga pada bagian ekornya.

Selanjutnya pada bagian bulunya ada yang memiliki corak berwarna putih di bagian bulu sayapnya.

Jika dilihat dari segi fisiknya, jenis dari Burung Kacer Wulung Raja ini memang cenderung mirip sekali dengan jenis burung Kacer Wulung Lokal. Meski demikian, ada perbedaan yang terlihat antara dua jenis burung kacer ini.

Untuk membedakannya, Anda semuanya bisa melihat pada warna bulu yang ada di bagian ekornya. Untuk Kacer Wulung Lokal memiliki warna bulu yang hitam dan putih di bagian ekornya.

Kemudian, untuk burung Kacer Wulung Raja mempunyai warna bulu yang hitam full di bagian ekornya.

Tidak hanya itu saja, keistimewaan yang dimiliki oleh jenis burung kacer ini pastinya tidak dimiliki oleh jenis burung kacer yang lainnya. Keistimewaan kacer ini yaitu terletak pada gaya tarungnya serta pada mental fighternya yang memang tampak luar biasa.

Suara Kacer Wulung Raja

Kacer Wulung Raja mempunyai suara yang sangat tebal dan jauh lebih merdu atau lebih lantang jika dibandingkan dengan jenis burung kacer yang biasa.

Banyak pecinta burung kicauan yang menjadikan jenis burung kacer ini sebagai kacer lomba. Sebab, mental dan suaranya dinilai lebih istimewa.

Perawatan Harian

Banyak pecinta burung kicauan yang ingin memiliki jenis kacer yang berkualitas ini. Perawatan hariannya bisa dilakukan dengan mudah. Anda bisa memberikan makanan yang tepat. Diantaranya dari berbagai macam jenis serangga seperti jangkrik, kroto, ulat, ataupun belalang. Nah, saat dipelihara Anda bisa melatihnya untuk makan voer burung.

Berikan menu makanan yang bernutrisi untuk burung Kacer Wulung Raja setiap hari. Jangan lupa juga untuk memberikan pakan tambahan guna meningkatkan kualitas burung peliharaan Anda. Tak hanya memberikan pakan secara teratur saja, jangan lupa juga untuk memandikannya dan juga menjemurnya secara rutin sebagai perawatan harian.

Update Info Terbaru