Ragam Jenis Burung Kacer Populer

Burung Kacer seperti yang kita ketahui adalah salah satu jenis burung kicau yang banyak digemari oleh penggemar burung kicau setelah burung Murai Batu. Kacer memiliki tempat tersendiri di hati kalangan pencinta burung.

Selain memiliki suara yang merdu dan juga khas, harga yang ditawarkan juga termasuk medium atau tidak terlalu mahal. Tidak hanya itu, cara pemeliharaannya pun mudah, karena tidak terlalu rewel dibandingkan dengan burung lainnya. Kelebihan-kelebihan inilah yang kemudian menjadikan Kacer sebagai salah satu jenis burung kicau favorit untuk dipelihara.

Ada beberapa jenis burung Kacer populer  yang sering dipelihara karena kicauannya yang bagus. Setiap jenis Kacer memiliki ciri khas dan pembeda antara satu dengan yang lainnya, baik dari kicauan maupun warna bulunya.

Berikut ini adalah beberapa jenis Kacer yang banyak dipelihara oleh para penggemar burung kicau. Jenis Kacer di sini terkadang memiliki beberapa istilah yang berbeda di setiap daerah. Di antaranya yaitu:

  1. Kacer Poci (Copsychus saularis)

Kacer Poci
Kacer Poci – Ocehankenari.blogspot.com

Jenis Kacer Poci atau dikenal juga dengan Kacer Sumatera merupakan jenis Kacer yang paling banyak dipelihara. Ciri fisik pada Kacer ini terdapat warna putih terang yang terletak pada bagian dada, perut, hingga pantat. Selain pada bagian tersebut, selebihnya berwarna hitam secara keseluruhan. Untuk masalah kicau, Kacer ini memiliki suara yang lantang dan keras, serta dapat menirukan kicauan burung lainnya.

  1. Kacer Jawa (Copsychus sechellarum)

Kacer Jawa
Kacer Jawa – Fotoburungkicau.com

Berbeda dengan Kacer Poci, Kacer Jawa ini memiliki warna yang lebih gelap. Hampir pada semua bagian tubuhnya berwarna hitam legam dan hanya ada sedikit warna putih pada bagian sayapnya. Jenis Kacer ini juga dapat menirukan suara burung lainnya, tetapi suaranya lebih sederhana dan kurang beragam.

  1. Kacer Madagaskar (Copsychus albospecularis)

Kacer Madagaskar
Kacer Madagaskar – Suaraburung.xyz

Dinamakan Kacer Madagaskar karena memang jenis Kacer ini berasal dari Madagaskar. Jenis ini memiliki warna yang mirip dengan Kacer Poci, perbedaannya hanya terdapat pada warna gelapnya yang lebih terlihat kebiru-biruan. Soal suara, Kacer ini tidak jauh berbeda dengan Kacer Indonesia.

  1. Kacer Blorok

Kacer Blorok
Kacer Blorok – Kaskus.co.id

Kacer Blorok adalah jenis Kacer yang memiliki pola warna yang berbeda dengan Kacer lainnya. Kacer jenis ini memiliki warna putih yang tidak teratur pada tubuhnya. Menurut beberapa sumber, Kacer ini diketahui sebagai hasil dari persilangan antara Kacer Jawa dengan Kacer hitam putih. Soal suara, Kacer jenis ini tidak kalah merdu dan lantang dengan jenis lainnya.

Nah, itu dia ragam jenis burung Kacer yang populer untuk dipelihara oleh Anda para penggemar burung kicau sejati. Semoga membantu Anda agar tidak bingung memilih jenis burung Kacer yang akan Anda pelihara nantinya.

Tinggalkan Komentar