Cara Membedakan Burung Jalak Sutra Jantan Dan Betina

Untuk anda yang belum tau proses cara perawatan dan juga mengenal dekat Jenis dari Burung Jalak Sutra jantan dan betina, pada kesempatan ini akan memberikan informasinya bagi anda.

Secara umum, jenis dari burung jalak sutra atu burung Jalak Kapas termasuk salah satu jenis burung kicau yang begitu populer pada kalangan penggemar burung kicau.

 Burung Jalak Sutra
Burung Jalak Sutra

Dan burung ini bukan termasuk burung asli dari negara indonesia. Akan tetapi merupakan burung yang bermigrasi dari negara china.

Dengan cara bermigrasi secara berkelompok dari bulan Oktober sampai dengan bulan Maret pada saat musim hujan. Bermigrasi karena mencari tempat yang lebih hangat seperti di pulau jawa ini.

Habitat Jalak Sutra

Burung Jalak Sutra dikenal juga dengan sebutan burung Jalak Kapas ataupun dengan burung Jalak Cina. Sturnus Sturninus. merupakan nama latin dari burung jalak sutra ini.

Sebenarnya jenis burung ini terdapat di Indonesia sebab bermigrasi dari negara lain seperti halnya negara China, Siberia dan juga dari kaki pegunungan himalaya.

Pada umumnya, burung tersebut datang diantara bulan Oktober sampai dengan bulan Maret secara ombyokan, beramai-ramai atau secara berkelompok.

Mereka datang ke wilayah Indonesia, khususnya ke pulau-pulau yang dirasa hangat seperti halnya Pulau Kalimantan, pulau Sumatera dan beberapa daerah di pulau Jawa.

Sebab negara asal burung burung jalak sutra ini biasanya sedang dilanda dengan musim dingin.

Jalak sutra atau yang paling sering disebut dengan nama jalak kapas merupakan jenis burung kicauan yang cukup dikenal oleh para pecinta burung kicau.

Jalak Sutra jika dalam istilah asing dinamakan Purple Backet Starling ataupun disebut Daurian Starling. Burung jalak sutera ini termasuk pada kelompok keluarga sturnidae ataupun masuk pada keluarga jalak-jalakan.

Dibandingkan dengan jenis burung jalak yang lain, ukuran ataupun panjang tubuh dari burung ini lebih cenderung pendek. Untuk burung jalak yang dewasa saja panjangnya hanya sekitar 18 cm saja.

Ciri Burung Jalak Sutra atau Jalak Kapas

Ciri Ciri Fisik yang bisa dilihat dari burung jalak sutra ini yang termasuk memiliki warna bulu pada bagian bulu kepala dan juga pada bagian dada yang berwarna abu – abu.

Sedangkan untuk bagian warna bulu yang di bagian ekor punggung sampai dengan sayap yang berwarna hitam.

Sedangkan untuk bagian bulu sayapnya terdapat sedikit warna garis putih serta sedikit terdapat warna bulu yang kehijauan.

Dan untuk membedakan Burung Jalak Sutra Jantan dan bisa terlihat sangat mencolok di perbedaan bagian sayapnya.

Antara burung jalak sutra jantan dan betina tampak serupa akan tetapi terdapat beberapa hal yang membedakannya.

Antara lain adalah, warna pada bagian punggung yang biasanya tampak lebih mengkilat, memiliki warna hitam atau sedikit keunguan untuk pada pejantan.

Selain itu, juga terdapat bercak warna hitam pada bagian tengkuk ataupun bagian belakang kepala. Dan juga di bagian perut dengan warna putih.

Sebaliknya, burung betina punya bulu di punggung dengan warna abu-abu gelap yang tidak terlalu jelas mengkilap. Kemudian, dan di bagian belakang kepala juga terdapat spot dengan warna coklat.

Cara Membedakan Burung jalak Sutra jantan dan Betina

Cara membedakan burung Jalak Sutra Jantan dan Betina adalah Sayap dan juga ekornya yang berwarna hitam.

Burung yang masih dalam usia remaja memiliki warna cokelat sedikit pucat dengan bagian tubuh bagian bawah dengan warna bintik-bintik yang cokelat, iris dengan warna cokelat, paruh yang memiliki warna kehitaman serta kaki yang memiliki warna hijau.

Untuk para pemikat burung biasanya mereka sudah mengantisipasi kedatangannya rombongan jalak sutra ke Indonesia sejak bulan Oktober.

Penangkapan untuk burung jenis jalak sutra ini dilakukan bersamaan dengan burung-burung dari jenis lainnya yang juga melakukan migrasi.

Burung migrasi yang lainnya seperti burung anis siberia, anis kuning, tledekan laut, serta juga burung migrasi jenis yang lainnya.

Pada saat bulan Oktober bisa disebut ini menjadi masa panen bagi orang yang menjadi pemikat dari jenis burung-burung. Khususnya untuk jenis burung-burung yang sedang melakukan migrasi ke negara Indonesia ini.

Cara Merawat Jalak Sutra Jantan dan Betina

Walaupun burung jalak sutra ini asal mulanya dari negara lain, namun tidak berarti jika Anda tidak akan bisa merawatnya dengan baik seperti burung jenis lain.

Suara dari burung jalak sutra yang jantan akan begitu terdengar merdu dan jelas. Ini menjadikan banyak penghobi dari burung kicauan yang begitu menyukainya.

Meskipun begitu, dalam perawatannya memang akan sedikit berbeda dengan cara perawatan burung-burung yang asal mulanya asli dari negara Indonesia. Mengingat jika burung jalak sutra ini adalah burung jenis imigran.

Pada umumnya, perawatan dari jenis burung jalak sutra jantan dan betina ini tidak terlalu jauh berbeda dengan perawatan dari spesies burung dari keluarga jalak-jalakan yang lainnya.

Untuk jenis makanan mereka bisa diberikan dengan beraneka macam makanan mulai dari buah-buahan sampai dengan makanan jenis serangga seperti halnya jangkrik, ulat dan juga kroto.

Sedangkan untuk melatih burung makan voer sangat dirasa mudah, karena burung jalak sutra termasuk jenis omnivora. Mudah dalam hal makanan.

Bahkan burung ini sangat dikenal dengan kerakusannya. Apalagi jika burung jalak sutra ini telah terbiasa makan yang berupa makanan voer.

Dapat dipastikan di bagian dasar atau bagian bawah sangkar burung akan berserakan dan berantakan sekali. Dengan butiran voer yang telah diacak-acak oleh burung jalak jenis ini dari wadah pakannya itu.

Oleh karena itu, apabila anda senang memelihara burung jalak jenis jalak sutra ini.

Cara yang terbaik yaitu dengan rutin dalam menjaga kebersihan bagian dalam sangkarnya. Dan juga mengganti makanan dan minuman dengan yang baru.

Apabila di dalam waktu sehari saja kandang ini tidak segera untuk dibersihkan, maka sisa dari makan burung serta banyaknya kotoran akan cepat sekali menumpuk di bagian dasar sangkarnya.

Karena jenis burung jalak sutra ini adalah burung yang bermigrasi dari daerah yang lain atau dari negara yang lain, maka dari itu, perlakuannya juga ada sedikit perbedaan dengan burung yang asli asal mulanya dari Indonesia.

Akan tetapi, seiring dengan bertambahnya waktu, burung jalk sutra ini biasanya akan bisa terbiasa dengan lingkungan dan cuaca yang baru dan berganti-ganti yang ada di Indonesia.

Makanan Jalak Sutra

Jalak Sutra gemar makan dari beberapa makanan yang sama dan serupa dengan burung jalak lainnya. Seperti halnya makanan jenis serangga, cacing, buah-buahan, kroto.

Selanjutnya untuk jenis burung jalak sutra bahkan dapat dilatih memakan voer dengan mudah. Guna memelihara burung jalak, kita harus selalu memperhatikan kebersihan tubuh dan yang paling penting kebersihan sangkarnya.

Di setiap harinya burung ini harus selalu dimandikan dengan cara disemprotkan menggunakan air dingin ataupun dimandikan dengan memakai air hangat.

Biasanya memandikan dengan air hangat dipakai untuk memancing supaya suara burung dapat lebih plong dan juga gacor.

Tinggalkan Komentar